×

Mengenal Manfaat Dan Jenis Cemilan Sehat Bagi Anak

Bagikan Artikel :

Tak terasa kini bayi mungil anda telah memasuki usia balita dan sebentar lagi akan memasuki sekolah taman kanak-kanak. Pada usia tersebut, biasanya aktivitas yang mereka lakukan semakin meningkat. Bahkan si kecil sudah mulai beraktivitas di luar rumah dan mulai mengenal lingkungan sekitar, bersosialisasi dengan teman-teman sebayanya hingga bermain dengan mainanan anak atau benda favoritnya. Tentu saja hal tersebut sangat menguras energi yang mereka miliki. Sehingga bagi bunda yang cerdas sangatlah perlu untuk menyediakan pasokan energi anak yang lebih melalui asupan pilihan makanan sehat yang di berikan kepada si kecil.

Makanan yang sehat sendiri tidak hanya di dapatkan dari makanan pokok yang mereka konsumsi saat sarapan pagi, makan siang atau makan malam. Melainkan makananan sehat sendiri bisa bunda lengkapi dengan memberinya berbagai cemilan. Tidak setiap cemilan merupakan kebiasaan jelek kok bun, Bahkan terdapat berbagai manfaat di dalamnya. Beberapa manfaat cemilan sehat tersebut seperti halnya menjadi makanan selingan yang dapat menekan rasa lapar anak di tingkat minimum, menjadi sumber alternatif bagi anak hingga menjaga kesehatannya.

Yang terpenting kita tidak salah untuk memilih asupan dalam cemilan tersebut. Seperti bunda tidak memilih cemilan yang mengandung pewarna dan pemanis buatan, MSG berlebih dan bahan pengawet makanan. Sehingga cemilan yang bunda pilih dapat membentuk pola makan yang menjaga kesehatan si kecil. Bunda bisa memberikan cemilan sehat tersebut di sela antara setelah sarapan pagi ke makan siang, ataupun setelah makan siang ke makan malam.

Lalu apa saja cemilan sehat yang baik untuk anak balita? jika bunda masih ada yang belum tahu, pada kesempatan kali ini tim bidan online akan menginformasikan beberapa jenis cemilan sehat bagi anak anda.

Berbagai macam dan jenis cemilan sehat bagi anak

1. Sereal dan biskuit gandum
Salah satu cemilan sehat yang dapat bunda berikan kepada si kecil adalah sereal dan biskuit yang erbuat dari gandum. Bagimana tidak, cemilan yang satu ini sangat baik untuk perkembangan otak dan perkembangan motorik anak. Hal tersebut di karenakan pada gandum sendiri terkandung berbagai vitamin dan mineral seperti vitamin E, vitamin B, serta kalium yang cukup tinggi yang dapat mengoptimalkan fungsi kerja otaknya. Sementara kandungan seratnya sangat mampu memberikan energi penuh bagi si kecil.

2. Kacang-kacangan
Bunda tak perlu khawatir jika si kecil tidak menyukai cemilan yang satu ini, karena rasanya yang nikmat juga jenisnya pun sangat bervariasi mulai dari kacang tanah hingga kacang almond semuanya penuh dengan nutrisi. Terlebih cemilan sehat yang satu ini sangat kaya akan kandungan vitamin E dan antioksidan yang memiliki peranan penting sebagai pelindung sel-sel otak anak terhadap radikal bebas. Bahkan tak hanya baik untuk kemampuan berpikir anak, kandungan vitamin E dan thiamin pada kacang-kacanganpun sangat bermanfaat untuk mengubah glukosa menjadi energi. Bahkan banyak penelitian yang menyebutkan bahwa kacang-kacanganpun mengandung banyak asam lemak omega 3, khususnya ALA yang bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan otak anak.

3. Yogurt dan keju
Produk olahan susu seperti yogurt dan keju telah terkenal dengan kandungan protein dan vitaminnya yang tinggi. Protein dan vitamin B yang terdapat dalam produk olahan susu ini memiliki peranan penting dalam mendukung pertumbuhan enzim dan otak. Bahkan tak hanya itu, cemilan sehat yang satu ini pun mengandung vitamin D yang sangat penting untuk perkembangan otot serta saraf tubuh si kecil yang sedang dalam masa pertumbuhan.

4. Buah berry
Berbagai jenis buah berry seperti strawberry, rasp berry dan lainnya di kenal sebagai salah satu jenis buah yang memiliki nutrisi yang baik dalam mendukung perkembangan otak dan motorik anak. Bahkan tak hanya itu, jenis buah tersebut juga dapat memperbaiki fungsi daya ingat otak, sehingga dapat meningkatkan fungsi ingat otak. Selain itu, kandungan antioksidan serta vitamin C juga terdapat dalam jenis buah tersebut.

5. Telur
Anak-anak mungkin menyukai cemilan yang satu ini, terlebih bunda mengolahnya menjadi aneka makanan menarik. Seperti meyulap telur menjadi omlet, telur dadar, martabak ataupun dadar gulung yang di kombinasikan dengan cincangan daging dan sayur. Selain rasanya yang lezat, telur juga nyatanya memiliki kandungan yang dapat memenuhi kebutuhan protein anak. Kuning telur juga mengandung zat kolin yang memiiki perananan penting dalam perkembangan otak anak, terlebih fungsi daya konsentrasi dan ingat yang membuat anak menjadi tidak mudah lelah. Namun bunda juga harus memberikannya pada porsi yang pas dan tidak berlebihan. Hal itu mengingat kuning telur juga mengandung kolesterol, yang mana jika kandungan kolesterol terlalu tinggi pada anak maka akan berdampak buruk bagi kesehatan anak.

6. Agar-agar
Dari pada membelikan jajanan yang belum tentu sehat bagi kesehatan si kecil, lebih baik bunda membuatkan agar-agar di rumah untuknya. Kandungan seratnya yang cukup tinggi membuat agar-agar juga dapat di klasifikasikan sebagai cemilan sehat untuk si kecil. Bunda bisa menambahkan buah-buahan segar dan mencetaknya pada certakan-cetakan lucu untuk menarik si kecil. Selain sehat, agar-agar juga dapat membuat anak lebih kenyang tahan lama, sehingga ia tidak akan merengek untuk di belikan cemilan yang tidak sehat.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi jenis cemilah sehat lainnya bagi anak. Seperti halnya bunda membuat smoothie dari berbagai jenis buah atau sayur seperti kiwi, pisangm, bayam yang di kombinasikan dengan yogurt rendah lemak.

Related Posts :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : December 6, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Pertanyaan

  • Oleh : Ganda Yana
  • 6 bulan, 1 minggu yang lalu

    Dok,apa emng bener kalo penis bersentuhan dengan vagina bisa hamil?

  • Oleh : Ganda Yana
  • Lutut sakit

  • Oleh : maya
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Dok saya mau bertanya, kok akhir akhir ini kenapa ya kaki saya ini seperti ada yang mengganjal di bagian belakang lutut, susah banget di lurusinnya, kaku dan bahkan kaya ada urat ya ikut dok. Kalau saya naik atau turun tangga, itu harus pelan banget, karena kalau misalkan berjalnnya cepat kaki itu terasa tersengkak dok, itu kira kira masalah kesehatan apa ya dok? Mohon penjelasannya dok :), Terimakasih

    Masalah gigi bayi

  • Oleh : Reny Anggra
  • 3 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat malem ..dok kenapa yah gigi anak saya tumbuhnya gak beraturan ..ada di bawah 1gigi lalu di atas udah nampak 1gigi yg keluar tapi ketiga gigi yg di atas nampak mau tumbuh tapu tidak beraturan ..dok saya khawatir kalau gigi anak saya tumbuh tidak rata..kira2 apa penyebab dan penanganan apa supaya anak syya giginya tumbub dengan rapih

    Tips cara menjemur bayi yang benar

  • Oleh : reinaldo9976
  • 3 tahun, 10 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya destian saya saat ini mempunyai bayi yang berumur 1 bulan setengah, katanya sinar matahari memiliki manfaat yang baik ya bagi bayi. Namun ada juga yang mengatakan saat bayi di jemur jangan langsung terkena sinar matahari. Yang sanya mau tanyakan bagaimana cara menjemur bayi yang benar ya mohon jawabannya

    Benjolan pada vagina

  • Oleh : Zahra Zulfatma
  • 3 bulan, 3 minggu yang lalu

    Assalamualaikum perkenalkan saya zahra, saya ingin curhat divagina saya ada benjolan dan rasanya itu nyeri kalo di pegang , awalnya sih kecil tapi tmbah hari semakin agak membesar .. itu saya kenapa ya? Solusi untuk mengatasinya gimana ya ??

  • Oleh : Zahra Zulfatma
  • Tanya Bidan