×

Mengenal Penyakit Kolera Pada Anak-Anak

Bagikan Artikel :

Bunda, apa bunda tahu apa itu penyakit kolera? penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang bisa menyerang anak-anak, oleh sebab itu bunda harus tahu apa itu penyakit kolera dan apa saja gejala agar bunda bisa melindungi anak dari serang penyakit kolera tersebut.

Tubuh anak memang rentan sekali terserang penyakit apalagi bila anak tidak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup untuk tubuhnya, resiko penyakit menyerang tubuhnya akan semakin tinggi. Sistem kekebalan tubuh anak adalah hal yang harus diperhatikan oleh bunda karena bila sistem kekebalan anak baik maka anak tidak akan dengan mudahnya terserang penyakit. Begitupun sebaliknya bila sistem kekebalan tubuh anak lemah maka anak akan sering sakit.

Related Posts :

    Nah, kali ini mari kita bahas tentang penyakit kolera pada anak. Kolera adalah infeksi bakteri yang dapat menyebabkan penderitanya mengalami dehidrasi akibat diare parah. Penularan kolera biasanya terjadi melalui air yang terkontaminasi. Jika tidak segera ditangani, kolera dapat berakibat fatal hanya dalam beberapa jam saja.Penyakit kolera adalah penyakit yang diakibatkan infeksi akut yang disebabkan oleh bakteri Vibrio cholerae.  Bakteri vibrio ini juga sering mengontaminasi pasokan air massal, es yang terbuat dari sumber air massal, makanan dan minuman yang diproduksi dengan higieni yang buruk, sayuran yang tumbuh dialiri limbah.

    Gejala yang akan terjadi pada anak penderita penyakit kolera diantaranya :

    • Diare dengan disertai bintik-bintik putih seukuran beras
    • Muntah Denyut nadi cepat
    • Hilangnya elastisitas kulit
    • Membran mukosa kering
    • Tekanan darah turun
    • Mudah haus
    • Kram otot
    • Mudah gelisah atau lekas marah

    Gejala kolera yang terjadi pada anak-anak sering kali lebih berat dibandingkan dengan dewasa. Anak-anak yang terjangkit bakteri kolera lebih rentan terkena hipoglikemia atau gula darah rendah yang bisa mengakibatkan kejang, hilangnya kesadaran dan bahkan koma.

    Untuk itu jika Anak bunda mengalami gejala diatas segera temui dokter agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 17, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Bercak darah di vagina

  • Oleh : Shinta Romadona
  • 2 tahun, 1 bulan yang lalu

    Pagi bu bidan, saya seorang pelajar berusia 23 tahun saya suka bercak darah, seperti keputihan dan ada darah gitu, biasanya itu terjadi kalo saya mengkonsumsi makanan pedas langsung terjadi, apakah itu bahaya?, dulu 4tahun belakang saya pernah periksa ke dokter kandungan dan di Usg, katanya saya mengalami iritasi rahim karna saya sering memakai pakaian ketat, yang ingin saya tau, itu penyakit apa, dan bagaimana solusi mengobati nya? Terimakasih bu bidan ☺️🙏

    Cara mengatasi perut kembung dan mengeras pada bayi

  • Oleh : arinagustin
  • 3 tahun, 10 bulan yang lalu

    Selamat pagi saya mau bertanya apa yang harus di lakukan ketika perut bayi kembung dan mengeras saat ini bayi saya usianya baru 20 hari mohon penjelasannya trims

    Kehamilan

  • Oleh : adrienne1132
  • 2 tahun, 10 bulan yang lalu

    Dok mw tya. Ni sy hamil anak prtma. Apkh normal usia 4bln anak sya sunsang ya dok. Blm bisa dlihat jnis klamin ny?

    Bisakah Setelah Melakukan Kuret Hamil Lagi ?

  • Oleh : Nenk Marsya
  • 4 tahun, 7 bulan yang lalu

    Bu bidan, kakak saya kemarin habis kuret padahal dikehamilannya yang pertama dia melahirkan secara normal dan sekarang baru hamil muda sudah keguguran. Tapi anehnya kakak saya gak kapok bu dan katanya ingin cepat hamil lagi, tapi yang pernah saya denger katanya orang yang sudah melakukan kuret itu susah hamil itu benar gak ya bu bidan ? Terima kasih.

  • Oleh : Nenk Marsya
  • Berhubungan sehari setelah menstruasi

  • Oleh : Agus Putra
  • 8 bulan, 1 minggu yang lalu

    Selamat sore buk , saya mau bertanya seputar kehamilan,
    Jadi gini buk,saya mempunyai seorang pacar yang masih perawan,suatu hari saya ingin melakukan hubungan badan dengan pacar saya,kebetulan saya melakukan hubungan badan sehari setelah dia menstruasi(rada – rada masih haid ),jadi pas saya melakukan hubungan badan,saya sebelum sebelumnya itu sering sekali mengeluarkan sperma saya sehari bisa 1 smpek 2 kali,saya keluarin 3 hari berturut turut sebelum melakukan hubungan badan sama pacar saya,pas saat saya berhubungan badan,saya menyentuh vagina pacar saya dan saya merasakan kalau ada cairan yang kluar dari dalam vagina pacar saya,pas saya hirup baunya khas ( lendir ) perempuan,setelah itu saya cuma memasukan kemaluan saya ke vagina pacar saya sampai berbunyi ” krek “,dan itu pun saya cuma memasukannya,setelah itu langsung saya cabut,dan saya mengeluarkan sperma saya di luar vagina pacar saya,
    Pertanyaan saya,apakah dapat mengakibatkan kehamilan ?
    Dan seumpama kalau ada setetes sperma yg msuk kedalan vagina,apa dapat menyebabkan kehamilan pada saat mens/haid?

    Tanya Bidan