×

Mengenal Penyakit Ruam Kulit Pada Anak

Bagikan Artikel :

Melihat anak tumbuh kembang dengan baik dan terhindar dari penyakit adalah harapan semua orang tua, ada begitu banyak penyakit yang dapat menyerang sistem pernafasan, pencernaan dan kulit anak. Salah satu penyakit yang menyerang kulit anak-anak adalah ruam kulit. Kulit merupakan organ tubuh yang memiliki peranan penting. Tanpa kulit, maka otot, tulang dan organ-organ tubuh lainnya tidak bisa berhubungan satu sama lain. Kulit juga berfungsi untuk menjaga suhu tubuh dan membantu kita merasakan sentuhan. Karena begitu pentingnya fungsi kulit, maka sudah menjadi tugas kita untuk menjaga kesehatan kulit, terutama kulit anak. 

Ruam kulit merupakan suatu reaksi yang terjadi pada kulit dan menyebabkan perubahan warna atau tekstur kulit. Timbulnya gatal-gatal, benjol, mengelupas, bersisik, atau terjadi iritasi adalah bentuk-bentuk reaksi pada kulit yang mengalami ruam.

Penyebab ruam kulit bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, misalnya iritasi, reaksi dari obat, infeksi ataupun alergi. Beberapa jenis ruam yang muncul dibagian kulit dapat menunjukan adanya masalah serius, bahkan dalam beberapa kasus kondisi ini akan dapat mengancam jiwa anak. Untuk itu sangat penting bagi orang tua untuk menegtahui jenis ruam apa saja yang bisa menyerang kulit.

Related Posts :
    • Ruam Popok

    Ruam di Kulit Anak yang pertama adalah Ruam popok atau diaper rush biasa terjadi pada bayi,

    Yaitu kulit pantat dan selangkangan merah-merah.

    • Biang Keringat

    Yaitu sumbatan saluran kelenjar keringat miliara karena aktifitas bakteri kulit. Biasanya, ada bintik-bintik merah dan terasa gatal.

    Biang keringat sering terjadi di daerah yang berudara panas.

    • Eksim

    Eksim adalah salah satu istilah yang umum menggambarkan kondisi kulit yang meradang, kering, gatal dan timbul kemerahan. Kondisi penyakit eksim ini adalah penyakit jangka panjang dan gejalanya cenderung muncul kembali, kemudian menghilang. Kondisi ini biasa disebut dengan dermatitis.

    • Granuloma Annulare

    Granuloma annulare atau granuloma anular adalah sebuah kondisi gangguan kulit kronis yang terdiri dari timbulnya ruam melingkar yang berbentuk benjolan kemerahan (papula).Daerah tubuh yang biasa diserang adalah bagian tangan, kaki, siku dan juga bagian lutut.

    • Biduran

    Biduran/urtikaria adalah reaksi alergi pada kulit berupa ruam kemerahan dan gatal. Ukurannya bervariasi. Biduran dapat terjadi di semua kulit tubuh baik anak kecil maupun dewasa, sering tejadi pada bagian bibir, tangan dan kelopak mata. Bisa terjadi karena alergi makanan. minuman, hawa dingin dan kontak dengan sesuatu hal yang menyebabkan alergi.

    • Ruam Susu

    Ruam susu/milk eczema sering kita jumpai pada bayi.  Tanda-tandanya adalah disekitar pipi bayi terdapat ruam putih seperti panu dan terasa gatal.

    Itulah informasi menganai penyakit ruam pada anak-anak, untuk itu orang tua harus lebih memperhatikan kesehatan kulit anak. Mengingat ada begitu banyak penyakit yang bisa menyerang kulit anak. Semoga bermanfaat

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : February 27, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Haid sedikit

  • Oleh : Ndah Jumaidah
  • 5 tahun, 2 bulan yang lalu

    Assalamualaikum
    Dok saya sudah menikah 7bulan, haid saya selalu teratur siklusnya 22-24 hari, saya terakhir haid tanggal 15 maret dengan volume yang seperty biasanya 6 hari,
    Tapi pas harusnya tanggal 5 april saya haid itu tidak haid hanya kram perut ajah, dan selama semnggu itu saya selalu keputihan encer bening tidak gatal dan tidak berbau, tanggal 12 apr saya kluar darah bercak2 sja hanya 2 jam saya pikir haid tapi kok tidak sebnyak yg biasanya saya tespek negatf .saya periksa ke dokter spog katanya bukan penyakit, trs masuk ke bulan mei saya slalu kputihan encer bening dan tgl 6 mei sya harusnya sy haid cuman kluar bercak kuning, tgl 7 kliar bercak coklat tp sedikit tdk pakai pembalut
    Smpai tgl 8 saya kputihan encer lagi
    Apa itu normal dok .saya tspek ngatf trs

    Menstruasi Sakit dan Sulit Hamil

  • Oleh : Rikha Fatimah
  • 7 tahun, 11 bulan yang lalu

    Halo bu bidan, saya wanita yang sudah menikah dan usia pernikahan saya 7 bulan tapi belum juga hamil. Saya juga sering menstruasi sambil merasakan nyeri dibagian perut kadang rasa sakit itu masih bisa saya tahan tapi beberapa kali rasa sakitnya tidak bisa saya tahan lagi dan harus minum obat dari dokter. Jika tidak diminum, saya bisa mual dan muntah setelah minum obat rasanya sakit berkurang. Jadi saya mau tanya bu bidan, apa di dalam alat reproduksi saya ada yang salah ? Mungkin kista atau apa ?

  • Oleh : Rikha Fatimah
  • Mual dan Muntah Saat Menjalankan Ibadah Puasa

  • Oleh : Ratna Fitria Febriani
  • 8 tahun yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Saya ini kan lagi hamil dan sekarang ini saya lagi puasa. Tapi belakangan ini saya sering merasa mual dan muntah lagi. Padahal di waktu awal-awal saya gak mengalami gangguan apapun. Tapi saya terus saja coba menyelesaikan puasa saya, dan sampai sekarang mungkin bisa dihitung yang batalnya. Yang saya takutkan itu, apakah kondisi yang saya alami ini bisa mengganggu kehamilan atau tidak ? Bagaimana solusinya bu bidan ? Terimakasih

  • Oleh : Ratna Fitria Febriani
  • Kehamilan

  • Oleh : Ina Herlina
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    Assalamualaikum,dok ,saya Ina herlina mau menanyakan soal kehamilan,saya sekarang telat haid 8 hari karna saya test positif tgl terakhir haid tgl 7 April apa kehamilan saya udah masuk berapa Minggu ,

  • Oleh : Ina Herlina
  • Sering melakukan onani

  • Oleh : Steven Chin
  • 4 tahun, 1 bulan yang lalu

    Saya sering masturbasi apaka itu merbahaya

    Tanya Bidan