×

Mengenal Penyakit Ruam Kulit Pada Anak

Bagikan Artikel :

Melihat anak tumbuh kembang dengan baik dan terhindar dari penyakit adalah harapan semua orang tua, ada begitu banyak penyakit yang dapat menyerang sistem pernafasan, pencernaan dan kulit anak. Salah satu penyakit yang menyerang kulit anak-anak adalah ruam kulit. Kulit merupakan organ tubuh yang memiliki peranan penting. Tanpa kulit, maka otot, tulang dan organ-organ tubuh lainnya tidak bisa berhubungan satu sama lain. Kulit juga berfungsi untuk menjaga suhu tubuh dan membantu kita merasakan sentuhan. Karena begitu pentingnya fungsi kulit, maka sudah menjadi tugas kita untuk menjaga kesehatan kulit, terutama kulit anak. 

Ruam kulit merupakan suatu reaksi yang terjadi pada kulit dan menyebabkan perubahan warna atau tekstur kulit. Timbulnya gatal-gatal, benjol, mengelupas, bersisik, atau terjadi iritasi adalah bentuk-bentuk reaksi pada kulit yang mengalami ruam.

Penyebab ruam kulit bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, misalnya iritasi, reaksi dari obat, infeksi ataupun alergi. Beberapa jenis ruam yang muncul dibagian kulit dapat menunjukan adanya masalah serius, bahkan dalam beberapa kasus kondisi ini akan dapat mengancam jiwa anak. Untuk itu sangat penting bagi orang tua untuk menegtahui jenis ruam apa saja yang bisa menyerang kulit.

  • Ruam Popok

Ruam di Kulit Anak yang pertama adalah Ruam popok atau diaper rush biasa terjadi pada bayi,

Yaitu kulit pantat dan selangkangan merah-merah.

  • Biang Keringat

Yaitu sumbatan saluran kelenjar keringat miliara karena aktifitas bakteri kulit. Biasanya, ada bintik-bintik merah dan terasa gatal.

Related Posts :

    Biang keringat sering terjadi di daerah yang berudara panas.

    • Eksim

    Eksim adalah salah satu istilah yang umum menggambarkan kondisi kulit yang meradang, kering, gatal dan timbul kemerahan. Kondisi penyakit eksim ini adalah penyakit jangka panjang dan gejalanya cenderung muncul kembali, kemudian menghilang. Kondisi ini biasa disebut dengan dermatitis.

    • Granuloma Annulare

    Granuloma annulare atau granuloma anular adalah sebuah kondisi gangguan kulit kronis yang terdiri dari timbulnya ruam melingkar yang berbentuk benjolan kemerahan (papula).Daerah tubuh yang biasa diserang adalah bagian tangan, kaki, siku dan juga bagian lutut.

    • Biduran

    Biduran/urtikaria adalah reaksi alergi pada kulit berupa ruam kemerahan dan gatal. Ukurannya bervariasi. Biduran dapat terjadi di semua kulit tubuh baik anak kecil maupun dewasa, sering tejadi pada bagian bibir, tangan dan kelopak mata. Bisa terjadi karena alergi makanan. minuman, hawa dingin dan kontak dengan sesuatu hal yang menyebabkan alergi.

    • Ruam Susu

    Ruam susu/milk eczema sering kita jumpai pada bayi.  Tanda-tandanya adalah disekitar pipi bayi terdapat ruam putih seperti panu dan terasa gatal.

    Itulah informasi menganai penyakit ruam pada anak-anak, untuk itu orang tua harus lebih memperhatikan kesehatan kulit anak. Mengingat ada begitu banyak penyakit yang bisa menyerang kulit anak. Semoga bermanfaat

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : February 27, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Penyebab menstruasi dua kali dalam sebulan

  • Oleh : frenni franita
  • 4 tahun yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya mau bertanya, saya siska umur 26 tahun sudah beberapa bulan ini saya mengalami mentsruasi dua kali dalam sebulan apakah itu normal. Dan apa penyebab menstruasi terjadi dua kali dalam sebulan? mohon penjelasannya trims

    Gatal pada vagina

  • Oleh : Tristi Garneta
  • 2 tahun, 4 bulan yang lalu

    Dok mau tanya vagina saya gatal ketika malam hari, kemudian saya baca di google katanya diberi baby oil ketika malam vaginanya.. setelah beberaha minggu saya beri baby oil ketika mai tidur kog setiap malam tambah gatal dan bulu kemaluan saya jadi banyak sampek di dalam pinggir vagina. Samapi sekarang masih gatal” kalau malam hari.. di garuk” kadang sembuh tapi meninggalkan rasa panas dvagina. Kemungkinan kenapa ya dok. Obat untuk menyembuhkannya apa yg alami? Terimakasih

    Penyebab Terjadinya Pendarahan

  • Oleh : Riana
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat pagi, saya sedang hamil usia kandungan 27 minggu, dengan usia kandungan saya yang masih muda saya menghawatirkan terjadinya pendarahan. yang ingin saya tanyakan apa penyebab terjadinya pendarahan ? Terimakasih

    apakah boleh ibu hamil pakai inhaler?

  • Oleh : Day
  • 2 tahun, 11 bulan yang lalu

    apakah tidak apa apa jika ibu hamil penderita asma menggunakan inhaler? apa pengaruhnya pada bayi di dalam kandungan?

    Cara mengatasi demam yang disertai diare pada anak 1 tahun

  • Oleh : Riri
  • 5 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat siang, Maaf sebelumnya saya mau bertanya bagaimana cara mengatasi demam yang disertai pada anak usia 1 tahun. Karena sudah 3 hari anak saya mengalami demam yang disertai dengan diare. Anak juga tidak mau makan dan sering rewel. Kemarin diperiksa ke dokter dan demam sempat turun setelah diberikan obat penurun demam, namun esoknya suhu tubuhnya kembali naik dan intensitas diare semakin sering. Mohon penjelasannya.

    Terimakasih sebelumnya.

    Tanya Bidan