Omega-3 Tingkatkan Keterampilan Membaca Pada anak

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Hallo, terimakasih sudah menjadi pembaca setia Website Curhat Bidan. Pada kali ini kami akan membahas mengenai tambahan Omega-3 tingkatkan keterampilan membaca pada anak. Tapi sebelum itu, kita akan membahas sedikit terlebih dahulu mengenai omega-3 itu sendiri.

    Apa Itu Omega-3?

    Omega-3 merupakan asam lemak yang ditemukan dalam minyak ikan dan banyak lagi sumber tanaman seperti biji rami. Tubuh Anda tidak dapat memproduksi omega-3 dengan sendiri, jadi sangat penting untuk mendapatkan mereka dari sumber / makanan lain. Anda mungkin akrab dengan kisah oenga-3 dari orang Eskimo. Mereka banyak makan ikan, dan dibarengi dengan minyak ikan yang lebih banyak, seperti mungkin kita dalam menggunakan garam dan merica. Dan faktanya mereka tidak banyak menderita penyakit kronis yang sangat lazim di sebagian besar masyarakat di Seluruh Dunia. Biasanya omega-3 bersumber dari hewan seperti minyak ikan yang dipecah menjadi dua komponen DHA dan EPA. DHA yang diyakini mendukung fungsi otak dan EPA yang diyakini mendukung fungsi sendi.

    Omega-3 Tingkatkan Keterampilan Membaca Pada anak

    Menurut sebuah penelitian omega-3 yang biasa ditemukan dalam minyak ikan, makanan laut, beberapa ganggang, dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak sekolahan.

    Khususnya, pada anak-anak yang mempunyai perhatian lebih, tambahan suplemen omega-3 dapat membantu mereka dalam membaca.

    “Studi kami menunjukan bahwa anak-anak bisa mendapatkan keuntungan yang banyak dari suplemen dengan formula khusus,” kata Mats Johnson dari Sahlgrenska Academy, University of Gothenburg, Swedia.

    Penelitian ini melibatkan 154 anak sekolah dari Swedia dan semuanya berasal dari kelas tiga, atau sekitar usia Sembilan atau sepuluh tahun.

    Nak-anak mengambil tes berbasis computer yang difokuskan untuk mengukur kemampuan membaca mereka dalam berbagai cara, termasuk kecepatan membaca, kemampuan membaca kata-kata omong kosong dan kosa kata.

    Anak-anak tersebut secara acak ditugaskan untuk mengkonsumsi teratur suplemen oemga-3 dan oemga-6 dengan anak anak yang mengkonsumsi kapsul yang identik berisi plasebo (minyak sawit) selama tiga bulan.

    Anak-anak, orang tua dan para peneliti tidak belajar sampai penelitian pada anak-anak tersebut selesai.

    “Bahkan setelah tiga bulan, kita bisa melihat bahwa kemampuan membaca pada anak-anak yang mengkonsumsi omega-3 meningkat pesat dibandingkan dengan mereka yang hanya mengkonsumsi placebo.”

    “Hal ini terutama terlihat dalam kemampuan membaca kata omong kosong keras dan mengucapkannya dengan benar (phonologic decoding), dan kemampuan untuk membaca serangkaian huruf cepat (waktu analisis visual), “kata Johnson.

    Tidak ada anak-anak yang didiagnosis dengan ADHD (attention-deficit / hyperactivity) dilibatkan dalam penelitian, tetapi dengan bantuan dari orang tua anak-anak, para peneliti bisa mengidentifikasi anak-anak yang memiliki masalah perhatian lebih ringan.

    Temuan yang dipublikasikan dalam Jurnal Psikologi dan Psikiatri Anak menunjukkan bahwa anak-anak ini dengan masalah perhatian ringan mencapai perbaikan yang lebih besar dalam beberapa tes, termasuk membaca cepat sudah setelah tiga bulan menerima suplemen asam lemak.

    Lemak tak jenuh ganda dan peran mereka dalam belajar dan perilaku anak-anak merupakan area penelitian yang berkembang.

    “Diet modern kita mengandung relatif sedikit omega-3, yang diyakini memiliki efek negatif pada anak-anak kita ketika datang ke belajar, padahal sebaliknya, omega-3 dapat membuat melek huruf dan kemampuan lebih dalam membaca,” kata Johnson.

    “Membran sel di otak yang sebagian besar terdiri dari lemak tak jenuh ganda, dan ada penelitian yang menunjukkan bahwa asam lemak yang penting untuk transmisi sinyal antara sel-sel saraf dan regulasi sinyal sistem di otak,” kata Johnson.

    **Bonus

    1. Berikut makanan yang mengandung oemga-3 dan baik dikonsumsi anak-anak :

    Ikan tuna, Ikan sarden, ikan salmon, ikan air tawar,  telur ayam dan bebek, kacang-kacangan (kacang hijau, kacang merah, kacang almond), sayur bayam, kangkung, brokoli, kembang kol, selada susu kambing, susu sapi, daging sapi,  hewan laut (udang, kerang, kepiting).

    2. Berikut buah-buahan yang kaya akan omega-3 :

    Jambu biji, blewah, kismis, ceri, mangga, alpukat, pepaya, kiwi, blueberry, blackberry, strawberry.

    Terimakasih sudah berkunjung 🙂

    Baca juga : Gejala Dan Pengobatan Penyakit Autoimun Pada Anak

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - February 6, 2017
    Diskusi Dari:
    wildalaughlin5

    Dok apa bisa orng yg hamil baru 20 hari bisa keguguran.
    Dan apa saja ciri² keguguran tersebut dok .apa yg kluar pada saat keguguran hamil 20 hari apakah hanya drh yg kluar / sdh bentuk dok

    Dijawab Oleh : wildalaughlin5
    Diskusi Dari:
    Cherma

    Selamat pagi dok. Dulu sebelum menikah siklus hed saya lancar dan tepat waktu, namun setelah menikah siklusnya tidak teratur dan bahkan sering kali telat datang bulan. Ketika hal ini terjadi, biasanya di sertai dengan kram dibagian bawah perut dan juga sakit. Yang saya mau tanyakan, apakah ini ada hubungannya dengan sering melakukan hubungan seks? dan apakah ini berbahaya atau bahkan merupakan hal yang wajar dirasakan? Terimakasih, ditunggu jawabannya dok 🙂

    Dijawab Oleh : Cherma
    Diskusi Dari:
    Jenni

    Selamat siang dok, saya mau bertanya. Saat ini usia pernikahan saya menginjak 2 minggu. Saat saya melakukan hubungan intim dengan suami saya pertama kalinya, tiba tiba saya merasakan gatal di bagian vagina yang tidak tertahankan. Selain itu, dari bagian vagina saya juga keluar cairan putih yang di sertai dengan kepingan putih seperti susu. Selain itu, saya juga sering merasakan gatal, perih dan juga sakit yang begitu dasyat ketika melakukan hubungan. Apakah ini merupakan hal yang serius bagi kesehatan?

    Dijawab Oleh : Jenni
    Diskusi Dari:
    Reny Anggra

    Sore bu bidan.
    Saya saat ini tengah mengandung usia kehamilan tua, dan ini adalah kehamilan kedua saya. Saya mau tanya, jika saya makan atau ngemil dalam proses tahapan persalinan apakah berbahaya atau tidak? Terimakasih

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Dwi lestari

    Siang dok, saya mau tanya. Anak saya umur 3 bulan lebih belum bisa miring apalagi tengkurap, apa itu tidak apa-apa dok ? bagaimana caranya agar anak saya bisa cepat miring dan tengkurap ? Terimakasih

    Dijawab Oleh : Dwi lestari