Penyebab Dan Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Anak

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Curhatbidan.com, Tidak hanya orang dewasa saja yang mengalami perut kembung, anak-anak juga bisa mengalami masalah tersebut. Sebagai orang tua Anda harus lebih memperhatikan kesehatan anak terutama masalah pada perutnya.

    Tahukah bunda kebiasaan memberi makan anak-anak sambil bermain, menonton televisi, berlari-lari serta mengunyah makanan dengan cepat ternyata bisa membuat perut kembung sebab terlalu banyak menelan udara. Memang beberapa anak mengalami sulit makan dan bunda sering memberi makan anak sambil bermain dengan tujuan anak akan mudah memakan makananannya. Hal tersebut memang menjadi alternatif yang biasa dilakukan dan hasilnya juga anak jadi ingin makan. Tapi dari kebiasaan tersebut ternyata ada dampak yang tidak baik seperti yang dijelaskan tadi yaitu anak bisa mengalami perut kembung.

    Ketukkan jari secara perlahan dan lembut pada dinding perut. Dengarkanlah suaranya, jika nyaring dapat dipastikan perut anak kembung.

    Kembung disebabkan penumpukan gas di dalam perut. Meski perut memiliki daya tampung gas, jika volumenya berlebih dapat menyebabkan gangguan.

    Perut kembung yang dialami oleh anak-anak tidaklah datang dengan sendirinya. Ada juga  beberapa penyebab dari perut kembung tersebut, antara lain terlalu banyak menelan udara saat makan, tidak mengunyah makanan secara perlahan, mengkonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat yang sulit di cerna sehingga sulit di serap oleh usus, mengalami beberapa penyakit seperti sembelit, obstruksi usus dan penyakit crohn.

    Bila anak Anda mengalami perut kembung jangan dibiarkan begitu saja segara lakukan pengobatan karena keluhan tersebut bisa membuat anak tidak nyaman dalam melakukan aktivitas bermain dan belajarnya.

    Cara sederhana dan mudah untuk mengatasi perut kembung anak

    • Yang pertama beri pijatan pada tubuh anak terutama di daerah punggung, seputar perut dan dada.
    • Balurkan penghangat pada perut, dada dan punggung seperi balsem.
    • Menghindari mengkonsumsi makanan penghasil gas seperti es krim, minuman bersoda, kacang-kacangan dan kol.
    • Beri anak minumman hangat untuk memancing sendawa atau kentut.
    • Beri anak obat perut kembung yang aman atau Anda juga  bisa mencoba untuk meletakkan bantal pemanas di perutnya, dan memberikannya air putih atau cairan sekitar 29,5 hingga 59 mililiter setiap 10 atau 15 menit agar anak Anda tetap terhidrasi.

    Itulah beberap penyebab dan cara sederhana untuk mengatasi perut kembung yang dialami oleh anak-anak. Kesehatan tubuh anak adalah prioritas pertama dan paling penting bagi semua orang tua, karena tidak ada di dunia ini orang tua yang menginginkan anaknya sakit. 

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - May 25, 2017
    Diskusi Dari:
    Alfiyah

    Selamat siang bu bidan saya mau bertanya. Apakah penggunaan Kb itu aman untuk wanita yang baru menikah? Soalnya saya sering mendengar jika wanita yang baru menikah sebaiknya tidak menggunakamn KB karena dapat membuat rahim kering dan sulit hamil nantinya. Apakah itu benar mohon penjelasannya

    Dijawab Oleh : Alfiyah
    Diskusi Dari:
    danilobecnel

    Selamat siang Bu Bidan,
    Bayi saya umur 4 bulan sudah seminggu ini tidak BAB. Sebelumnya setiap hari selalu BAB bisa 2 sampai 3 kali sehari. Apakah kondisi bayi saya normal ? Apa tindakan yang harus saya lakukan ?

    Dijawab Oleh : danilobecnel
    Diskusi Dari:
    Ivie Suci

    Halo dok, saya Resy saat ini usia bayi saya 2 minggu dan saat usia 4 hari bayi saya disinar selama 2 hari, selama disinar bayi saya diberikan susu formula untuk antisipasi dehidrasi dan pulang kerumah banyak bayi saya banyak bab. Tapi sampai sekarang ini sekitar 9 hari dengan full asi belum bab juga, padahal minum asinya banyak dan buang air kecilnya juga cukup banyak. Ada yang harus dikhawatirkan ga yah dok ?

    Dijawab Oleh : Ivie Suci
    Diskusi Dari:
    Claudia harapankita

    Saya mau bertanya bolehkah meminum jamu tradisonal untuk memperlancar haid dan mencegah kehamilan? karena datang bulan saya sering tidak teratur sehingga saya kesulitan untuk menghitung massa subur. dan benarkah nanas bisa mencegah kehamilan atau itu hanyalah mitos belaka? terimakasih mohon dibalas pertanyaan saya.

    Dijawab Oleh : Claudia harapankita
    Diskusi Dari:
    Marini Sjola Manoppo

    Maaf bu bidan saya mau tanya. istri saya hamil 5 bulan dan sering merasakan rasa sakit pada perut, apakah itu tanda gejala penyakit ataukah itu hanya reaksi sang bayi di dalam kandungan ?

    Dijawab Oleh : Marini Sjola Manoppo