×

Perabotan Rumah Yang Sering Dimainkan Si Kecil

Bagikan Artikel :

Perabotan Rumah Yang Sering Dimainkan Si Kecil

Sudah memberikan mainan pada si Kecil sesuai usia dan tumbuh kembangnya, tapi tetap saja yang di mainkan malah perabot rumah. Hayo siapa disini yang pernah mengalami hal demikian?

Related Posts :

    Tenang bun, bunda tidak sendiri. Hampir sebagian besar bayi lebih menyukai perabot rumah di banding mainannya sendiri. Hal ini karena si Kecil sering melihat benda yang suka digunakan oleh orangtuanya, sehingga iapun tertarik untuk menggunakannya. Selain itu warna yang mencolok juga bisa membuat ia lebih senang bermain dengan perabot rumah. Lalu apa saja nih perabotan rumah yang sering dimainka si Kecil? Yuk simak di bawah ini!

    1. Beras dan kacang-kacangan
      Beras dan kacang-kacangan tentu sangat menarik perhatian bayi Bun. Selain merasakan teksturnya, bayi juga menyukai bagaimana beras dan kacang-kacangan bersuara saat dilempar atau dijatuhkan dari ketinggian.
      Namun, Bunda tidak bisa membiarkan bayi, khususnya yang berusia di bawah satu tahun, untuk bermain beras dan kacang-kacangan sendiri, ya. Sebab, bisa saja mereka memasukkan benda kecil tersebut ke lubang mulut, hidung, atau telinganya.
      Selain mengajak bayi melakukan sensoryplay dengan merasakan butiran beras dan kacang menggunakan tangan, Bunda juga bisa memasukkannya sedikit ke dalam botol agar bisa mengeluarkan suara saat digerakkan. Jadi, akan seperti rattle buatan sendiri.
    2. Botol minum bekas
      Botol minum bekas, terutama yang berwarna cerah dan memiliki desain gambar, juga akan menjadi mainan favorit bayi. Nah, Bunda bisa memanfaatkan ini untuk mengajarkan bayi tentang konsep membuka dan menutup.
      Setelah bayi mengerti, ia akan mulai memasangkan tutup ke kepala botol lho. Meski belum bisa menutupnya dengan rapat, kegiatan tersebut menjadi pertanda bahwa si Kecil sudah memahami konsep yang Bunda ajarkan.
      Selain itu, Bunda juga bisa mengajarkan konsep memasukkan dan mengeluarkan barang ke dalam botol, seperti misalnya pulpen, sumpit, atau barang lain yang mudah digenggam bayi.
    3. Cetakan es batu
      Cetakan es batu, cetakan puding, atau wadah telur, juga menarik perhatian bayi. Selain karena warna dan bentuknya yang beraneka ragam, cetakan tersebut memiliki lubang-lubang kecil yang bisa membantunya bereksplorasi.
      Saat sedang mengajarkan warna, Mama bisa mencontohkan pengelompokan warna dengan barang-barang tertentu, seperti misalnya manik-manik atau water beads. Namun, saat bermain Mama tetap harus memberikan pengawasan penuh, ya.
    4. Ember kecil
      Ember juga menjadi salah satu peralatan rumah tangga yang disukai bayi. Dengan menggunakan ember, bayi bisa bebas bereksplorasi dengan memasukkan atau mengeluarkan barang.
      Bayi juga menyukai bagaimana ember berbunyi saat ia memukulnya menggunakan benda tertentu. Nah, saat bayi mulai menunjukkan ketertarikan dengan ember, Bunda bisa membantunya bermain.
      Saat sedang menggunakan ember, Bunda bisa sekaligus mengajak bayi bermain air bersama mainannya, seperti boneka bebek, bola plastik, atau gelembung sabun.
    5. Kuas makeup
      Kuas makeup juga menarik perhatian bayi lho. Gagang kecilnya yang mudah digenggam dan bulu-bulu halusnya yang memberikan sensasi geli saat menyentuh kulit pun membuat bayi semakin penasaran.
      Namun, pastikan bayi bermain menggunakan kuas makeup yang bersih ya. Mengingat tidak semua produk makeup yang Bunda gunakan aman untuk kulit bayi.
      Selain kuas makeup, Bunda bisa mengenalkan bayi dengan berbagai kuas lain, berikut dengan fungsinya. Sebagai contoh, kuas yang digunakan untuk memasak, melukis, atau mungkin mengecat tembok.
    6. Penjepit jemuran
      Warna-warni penjepit jemuran tentu menarik minat dan perhatian bayi. Meski sederhana, tapi ada banyak hal yang bisa dilakukan menggunakan penjepit jemuran ini lho. Bunda bisa mengajak bayi mengenal dan mengelompokkan warna menggunakan penjepit jemuran. Selain itu, bayi juga bisa belajar memahami aktivitas menjepit, mulai dari kertas, baju, hingga barang-barang lainnya. Namun, penggunaannya tetap harus di bawah pengawasan ya. Sebab, penjepit jemuran memiliki bagian yang tajam dan bisa membahayakan si Kecil.
    7. Peralatan Memasak
      Jika si Kecil sering melihat Bunda memasak di dapur, sudah pasti ia akan sangat familiar dan tertarik dengan peralatan masak. Apalagi, jika peralatan masak tersebut memiliki warna mencolok dan bentuk yang beragam.
      Nah, Bunda pun bisa meminjamkan peralatan yang tidak tajam kepada si Kecil, seperti misalnya pengocok telur atau spatula yang bukan terbuat dari besi. Bebaskan ia bereksplorasi dan lihat apa yang akan si Kecil lakukan dengan barang tersebut.
    8. Plastik Ziplock
      Plastik ziplock atau jenis lainnya juga menarik perhatian bayi. Nah, saat sedang bermain menggunakan plastik, Bunda pun bisa memasukkan beberapa benda ke dalamnya untuk menarik minat si Kecil.
      Barang-barang yang akan menarik minat bayi saat dimasukkan ke dalam plastik di antaranya batu kecil yang berwarna-warni, water beads, kacang-kacangan, buah-buahan, atau sedotan yang dipotong kecil-kecil.
      Nah, jika barang-barang tersebut dimasukkan ke plastik dan ditutup rapat, Bunda bisa membiarkan bayi lebih bereksplorasi tanpa perlu khawatir benda kecil tersebut masuk ke dalam tubuh bayi.
    9. Stik es krim
      Ada banyak yang bisa dilakukan dengan menggunakan stik es krim nih. Bunda bisa memainkannya sebagai stik saja dengan menumpuk atau membuat pola, atau mewarnainya dengan krayon bersama si Kecil.
      Selain itu, Bunda bisa juga menggambar kepala karakter hewan dari kertas, mengguntingnya, kemudian menempelkannya di ujung stik es krim. Dengan menggunakan benda tersebut, Bunda bisa berimajinasi dengan si Kecil dan melakukan puppet show.
    10. Stiker dan lakban
      Stiker dan lakban juga menjadi peralatan rumah tangga yang disukai bayi. Menggunakan dua benda tersebut, bayi bisa belajar tentang menempel dan melepas stiker. Selain menggunakan stiker dan lakban, kegiatan menempel dan melepas barang bisa dilakukan dengan magnet kulkas lho. Sebagai tips, karakter hewan atau warna-warna cerah pada stiker dan magnet kulkas akan sangat disukai bayi.
    11. Tempat tisu
      Tidak tahu apa alasan yang membuat banyak bayi menyukai kegiatan mengambil tisu dari dalam wadahnya. Sepertinya, kegiatan tersebut sangat memuaskan untuk si Kecil, apalagi ketika ia berhasil mengeluarkannya sendiri.
      Namun, Bunda harus siap-siap membereskan banyak lembaran tisu berserakan di lantai, ya. Jika khawatir tisu akan terbuang karena sudah kotor, Bunda bisa lho mengakalinya. Bunda bisa menumpuk beberapa lembar kain berukuran kecil dan memasukkannya ke kotak tisu. Jadi, bayi bisa tetap merasakan sensasi yang sama tanpa harus membuat banyak tisu terbuang sia-sia.
    12. Stoples makanan
      Stoples makanan menjadi pembahasan peralatan rumah tangga favorit bayi kita yang terakhir nih. Apakah bayi Bunda salah satunya?
      Nah, stoples makanan memang sangat menarik perhatian bayi, namun Bunda harus memastikan ia tidak bermain dengan toples yang berisi penuh atau berbahan kaca yang mudah pecah ya.
      Bunda bisa memilihkan stoples yang aman kemudian memasukkan sedikit camilan si Kecil ke dalamnya. Selain itu, stoples camilan juga bisa digunakan untuk bayi bereksplorasi sesuai nalurinya.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 15, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    Fungsi dari air ketuban

  • Oleh : Mohammad ikhsan
  • 5 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat pagi ibu bidan, saya suliani. saya masih awam tentang kehamilan tapi penasaran dengan ketuban. apa sih sebenarnya fungsi dari ketuban itu? terima kasih saya tunggu jawabannya bu

    Ingin Segera Memiliki Keturunan

  • Oleh : Gek Anik
  • 6 tahun, 1 bulan yang lalu

    Siang bu bidan.

    2 bulan lagi rencananya saya akan melangsungkan pernikahan dan saya beserta calon suami memilki keinginan untuk tidak menunda memiliki momongan. Yang saya mau tanyakan pada waktu kapankan masa subur ini terjadi? Dan kapan waktu yang pas untuk melakukan hubungan agar segera mendapatkan momongan ketika kelak kami menikah?

  • Oleh : Gek Anik
  • Pusar bayi yang bernanah

  • Oleh : audrycolunga4
  • 5 tahun, 8 bulan yang lalu

    Pagi bu bidan saya mau bertanya nih bayi saya baru 3 hari tali pusarnya udah putus namun hingga saat ini pusarnya bernanah sudah di periksa ke bidan namun bidan hanya membersihkannya dengan kain kasa yang di basahi alkohol. Dan saat ini pusar bayi saya masih bernanah dan berair. Apakah ini infeksi ya bu bidan dan bagaimana cara mengobatinya. Mohon jawabannya bu trims

    Kontrasepsi

  • Oleh : Claudia harapankita
  • 4 tahun, 7 bulan yang lalu

    Saya mau tanya kemarin saya melakukan hubungan dengan suami saya tetapi kami berencana menunda momongan. yang jadi masalah tadi siang suami saya tidak sengaja mengeluarkan sperma setetes divagina(saya tidak terasa). lalu saya langsung minum pil KB ? apa pil KB bisa menunda kehamilan? atau pil kontrasepsi darurat jauh lebih manjur dan minum pil kb setelah berhubungan justru tidak berpengaruh dan kemungkinan kehamilan masih ada?
    mohon penjelassannnya

    Bolehkan ibu hamil facial?

  • Oleh : jerrigibson293
  • 5 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat siang ibu bidan saya mau tanya saat ini saya sedang hamil 5 bulan amankah jika melakukan facial wajah dan menggunakan obat jerawat? mohon jawabannya

    Tanya Bidan