×

Peran Pola Asuh Seorang Ayah Itu Penting Lho!

Bagikan Artikel :

peran pola asuh ayah
Keluarga merupakan lingkungan yang paling bertanggung jawab terhadap keberhasilan pendidikan anak. Hal ini dikarenakan anak adalah anugerah Tuhan kepada orangtua, anak mendapatkan pendidikan pertama dari orangtua, serta orangtualah yang mengetahui karakter anaknya.

Sayangnya pola asuh anak ini biasanya dilimpakan  kepada ibu padahal ayah juga memiliki peran penting. Meskipun sebagian besar ayah memiliki karakter yang keras dan tegas. Keterlibatan ayah dalam pengasuhan secara emosional sangat penting sebagai bentuk kasih sayang terhadap anak. Selain itu, sosok ayah sangat diperlukan anak dalam tumbuh dan berkembang terutama ketika anak masih usia dini ketika belum mendapatkan stimulus dari sekolah.

Contoh Perilaku Kasih Sayang Ayah Terhadap Anak

1) Kebiasaan ayah mengecup anak saat berangkat ataupun pulang kerja

2) Ayah yang selalu memberikan kado yang bermanfaat saat anak ulang tahun

3) Ayah yang selalu menenangkan anak dengan pelukan saat anak merasa takut,

4) Ayah yang selalu berbincang-bincang dengan anak sekedar menanyakan keadaanya, dan lain sebagainya.

Contoh Kriteria Ayah yang Terlibat Dalam Pengasuhan

1. Memberikan dukungan spesifik dalam pendidikan dan kesehatan

Contohnya perilaku yang baik dalam keseharian, dan ditanamkan nilai moral, tata krama dan sopan santun, diberikan kesempatan untuk bersekolah, bertanggung jawab memenuhi fasilitas pendidikan yang dibutuhkan anak seperti permainan, buku, seragam, dan fasilitas penunjang lainnya. Selanjutnya bentuk dukungan spesifik dalam hal kesehatan diantaranya menerapkan pola hidup sehat, menyediakan bahan makanan yang bergizi seimbang, mengantarkan anak ke rumah sakit saat anak sakit, menyediakan lingkungan tempat tinggal yang sehat dan bersih, serta memberikan contoh hidup sehat bagi anak.

Related Posts :

    2. Membangun hubungan yang akrab

    Membangun hubungan yang akrab itercermin lewat komunikasi timbal balik yang terjadi antara ayah dan anak. Ayah tidak boleh menciptakan jarak antara dirinya dan anak.

    3. Memberikan perhatian kepada anak

    Misalnya dengan mengantar jemput anak ke sekolah, memberikan uang jajan, menyediakan waktu untuk bermain bersama anak-anak, serta meluangkan waktu untuk membawa anak liburan bersama dan kegiatan lainnya.

    Peran Pengasuhan Ayah

    Ayah memiliki peran dalam pengasuhan yang sangat berpengaruh pada perkembangan anak, yaitu:

    1) Ayah mengajarkan/mendorong kebebasan, secara umum ayah cenderung kurang
    protektif, mendorong eksplorasi dan pengambilan risiko, serta merupakan model perilaku agresif ataupun asertif

    2) Ayah meluaskan pandangan anak, ayah mengenalkan dunia luar melalui pekerjaan mereka

    3) Ayah merupakan pendisiplin yang tegas, hanya memberi sedikit permakluman dan cenderung menuntut banyak dari anak-anak mereka untuk tiap tahapnya

    4) Ayah adalah model bagi anak laki-laki

    Pentingnya Peran Ayah Dalam Pola Asuh Anak

    Pada dasarnya keterlibatan ayah dalam pengasuhan diartikan sebagai seberapa besar usaha yang dilakukan oleh seorang ayah dalam berpikir, merencanakan, merasakan, memperhatikan, memantau, mengevaluasi, mengkhawatirkan serta berdoa bagi anaknya.

    Dengan demikian para ayah semakin sadar akan peran penting yang dimiliki dalam pertumbuhan dan perkembangan anak, para ayah perlu mendapatkan pengetahuan yang mendalam tentang indikator atau kriteria yang dibutuhkan sebagai syarat dari pengasuhan yang melibatkan peran ayah di dalamnya.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : November 22, 2018

    Pertanyaan Pengunjung :

    Siklus Haid Tidak Teratur

  • Oleh : Cherma
  • 3 bulan, 3 minggu yang lalu

    Selamat pagi dok. Dulu sebelum menikah siklus hed saya lancar dan tepat waktu, namun setelah menikah siklusnya tidak teratur dan bahkan sering kali telat datang bulan. Ketika hal ini terjadi, biasanya di sertai dengan kram dibagian bawah perut dan juga sakit. Yang saya mau tanyakan, apakah ini ada hubungannya dengan sering melakukan hubungan seks? dan apakah ini berbahaya atau bahkan merupakan hal yang wajar dirasakan? Terimakasih, ditunggu jawabannya dok 🙂

    Kehamilan

  • Oleh : Pipit Winartii
  • 1 bulan, 4 minggu yang lalu

    Selamat Siang Dok,

    Istri saya seblumnya mempunyai siklus menstrusai 28 hari
    namun ini sudah lewat dari 28 hari apakah istri saya hamil

    salam,

    Apakah KB aman untuk wanita yang baru menikah?

  • Oleh : Alfiyah
  • 2 tahun, 3 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan saya mau bertanya. Apakah penggunaan Kb itu aman untuk wanita yang baru menikah? Soalnya saya sering mendengar jika wanita yang baru menikah sebaiknya tidak menggunakamn KB karena dapat membuat rahim kering dan sulit hamil nantinya. Apakah itu benar mohon penjelasannya

    Anak usia 2 tahun tidak mau makan sayur

  • Oleh : Aisyah Putri Setiawan
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    selamat pagi bu bidan, saya mau bertanya. Saya mempunyai anak usia dua tahun kurang saat ini memang sedang aktif-aktifnya kesana kemari. Namun anak saya itu tidak mau makan sayur, setiap hari anak saya selalu makan dengan daging. Apakah jika anak saya tidak mau makan sayur akan berdampak pada perkembangan juga kesehatannya? dan bagaimana cara agar anak saya mau makan sayur? Mohon jawabannya Terimakasih

    Sakit dan perih

  • Oleh : Dika andriani
  • 1 tahun, 3 bulan yang lalu

    Siang Dok. Saya mau konsultasi. Kenapa ya perut saya sering kali merasakan sakit dan juga perih terutama saat di malam hari terutama di bagian atas pusar. Selain itu, saya juga sering kali merasakan ada yang aneh dengan diri saya karena saya merasakan lapar tapi kok tidak nafsu makan. Ini kira kira kenapa ya dok? Saya sudah coba mengkonumsi obat maag tapi masih tetap saja rasa sakit itu muncul

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan