Perkuat Sistem Imunitas Anak Untuk Mengatasi DBD Dengan Jambu Biji

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Penyakit demam berdarah dengue atau yang disingkat sebagai DBD adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk aedes aegypti lewat air liur gigitan saat menghisap darah manusia.

    Gejal-gejala demam berdarah dengue 

    • Mengalami demam tinggi, umumnya mencapai 40°C.
    • Munculnya rasa sakit pada bagian belakang mata, sendi, otot, ataupun tulang.
    • Sakit kepala parah juga bisa menyertai gejala-gejala pada anak.
    • Mudah mengalami memar.
    • Munculnya ruam pada sebagian besar tubuh.
    • Pendarahan ringan melalui hidung atau pada gusi.

    Di sebagian negara Asia, termasuk Indonesia Demam berdarah dengue bisa berujung kepada kematian anak, karena itulah, melakukan pencegahan dengan memperkuat sistem imunitas anak adalah menjadi salah satu langkah tepat Bunda untuk meminimalkan anak-anak terserang penyakit demam berdarah.

    Salah satu langkah untuk memperkuat sistem imunitas tubuh dan melindungi anak dari resiko demam berdarah adalah dengan mengkonsumsi cukup vitamin C. Asupan vitamin C yang cukup pada tubuh dapat memperkuat sistem imunitas atau kekebalan tubuh anak. Ada begitu banyak sumber makanan yang mengandung vitamin C yang bisa Bunda berikan pada anak seperti  Kubis, Paprika hijau, Brokoli, Ubi jalar, Lobak, Pepaya, Buah Leci, jeruk dan yang lainnya. Tapi dari sekian banyak sumber makanan tersebut buah jambu biji mengandung sumber vitamin C paling tinggi. Dan juga buah jambu biji merah dipercaya dapat mencegah penyakit DBD.

    Vitamin C pada jambu biji mempunyai dua fungsi dalam tubuh yaitu sebagai ko-faktor dan ko-enzim. Selain itu, vitamin C sangat erat kaitannya dengan pembentuk kolagen dalam tubuh, pembentukan sintesis karnitin yang berfungsi untuk mengangkut asam lemak rantai panjang, peningkatan serapan dan metabolisme zat besi dan absorpsi kalsium, serta penguatan daya tahan tubuh terhadap infeksi dalam hal ini seperti infeksi virus dengue.

    Bunda bisa memberikan anak buah jambu biji ini sebagai cemilan anak, bisa juga dibuat jus agar anak bisa lebih mudah mengkonsumsinya dan lebih menyukainya. Sebuah penilitian menunjukan saat jus jambu diberikan kepada penderita demam berdarah dengan dosis 500 cc  jus jambu biji dan sekali dalam 24 jam, menunjukkan penderita demam berdarah mengalami demam selama 2-3 hari dibanding yang biasanya mengalami demam selama 4-6 hari.

    Jambu biji ini dapat menghambat pertumbuhan virus dengue serta mempercepat peningkatan trombosit darah.

    Demam berdarah pada anak-anak memang cukup berbahaya tapi bunda tidak perlu panik. Perkuat sistem imunitas sebelum dan ketika anak sakit dan segeralah konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan saran penaganan Demam Berdarah yang Tepat.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - February 18, 2017
    Diskusi Dari:
    stepanie6022

    selamat pagi,

    saya hidayat,
    istri saya haid tanggal 5 Juni berkahir 16 Juni 2018
    lalu saya berhubungan dengan istri saya terakhir 25 Juni
    lalu apakah istri saya dapat hamil jika saya berhubungan di tanggal tersebut?

    karena saya saat ini sedang keluar kota
    dikhawatirkan terjadi kejadian yang tidak menyenangkan oleh istri saya

    mohon jawabannya Ibu Bidan

    salam,
    hidayat

    Dijawab Oleh : stepanie6022
    Diskusi Dari:
    liya

    bu bidan, yang ingin aku tanyakan adalah ketika pms sudah datang namun haid tidak kunjung tiba, apakah itu tidak apa2 ? semenjak menikah, siklus haid saya jadi kacau padahal sebelum menikah siklus haid saya 30 hari

    Dijawab Oleh : liya
    Diskusi Dari:
    Theresia Tina

    Selamat siang bu bidan, maaf mau bertanya mengenai susah makan yang saya alami saat ini. Kenapa ya bawaan mau makan itu susah, rasanya mual dan mau muntah. Hal itu tidak terjadi hanya satu kali, melainkan sering. Saat ini usia kandungan saat menginjak 3 bulan.

    Bagaimana langkah yang sebaiknya saya lakukan bu bidan ?? saya takut bayi dalam kandungan saya tidak mendapatkan nutrisi yang baik. Mohon saran dan jawabannya bu

    Dijawab Oleh : Theresia Tina
    Diskusi Dari:
    Nelly Tampubolon

    Bu umur saya 23 thn saya hmil sdah 7 minggu lbih tpi mngapa msih datang bercak darah sedikit ,apa pnyebabnya

    Dijawab Oleh : Nelly Tampubolon
    Diskusi Dari:
    frenni franita

    Selamat pagi bu bidan, saya wanita berusia 25 tahun dan saya sudah menikah bulan Maret lalu. Kemudian 5 minggu kemudian saya hamil namun mengalami keguguran pada minggu ke 3 kehamilan saya. Saya sudah berkonsultasi dengan dokter, dan dokter menyarankan untuk menunda terlebih dahulu kehamilan selama 2 bulan. Setelah melawati masa precubation namun saya belum hamil juga. Yang menjadi masalahnya apakah siklus mentruasi saya yang tidak teratur saat ini berpengaruh? Karena setelah saya melakukan kuret pada awal Mei sampain saat ini saya belum mentruasi. Memang beberapa bulan terakhir pasca keguguran itu, saya jadi lebih aktif dan sibuk sekali. Apakah kesibukan saya mempengaruhi siklus haid saya, bu bidan? Kalau iya, adakah obat untuk melancarkan menstruasi saya?

    Dijawab Oleh : frenni franita