×

Pilihan Makanan Sehat Untuk Anak Di Musim Hujan

Bagikan Artikel :

Sangatlah penting untuk menjaga kesehatan anak, terlebih saat musim hujan menjelang seperti sekarang. Sebab berbagai jenis penyakit sering kali berdatangan, akibat infeksi mikroorganisme serta perkembangan virus dan bakteri yang lebih cepat, yang sangat mudah menyerang imunitas tubuh anak khususnya.

Imunitas adalah salah satu sistem mekanisme pada organisme tubuh anak yang dapat melindungi tubuh anak dari berbagai pengaruh lingkungan terutama dalam mengidentifikasi berbagai sel-sel jahat yang dapat membahayakan tubuh. dalam tubuh, seperti sel tumor, infeksi bakteri, jamur, cacing dan virus. Dan salah satu faktor yang sangat mempengaruhi sistem imunitas adalah makanan.

Pilihan makanan sehat untuk anak di musim hujan

Related Posts :

    Berikut tim bidan online akan paparkan asupan nutrisi atau makanan sehat untuk anak ketika pada hujan, sehingga dapat mencegah anak mengurangi resiko terkena penyakit.

    • Susu Kedelai

    Menurut penelitian yang di lakukan, bahwasannya susu kedelai mengandung karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin dan mineral yang sangat di butuhkan oleh tubuh. Oleh karena itu, tentunya khasiat dan manfaat yang dimilikinya juga sangatlah tinggi terlebih untuk anak. Beberapa manfaatnya adalah dapat melancarkan metabolisme tubuh, perbaikan sel-sel yang rusak, menjadikan sumber energi dan penambah imunitas. Hal ini berhubungan dengan kandungan flavonoids yang terkandung dalam susu kedelai, yang terbentuk dari kandungan asam amino dan vitamin, sehingga dapat mencegah penyakit di musim penghujan.

    • Makanan yang mengandung zink

    Mengonsumsi makanan yang mengandung zink yang tinggi juga dapat menjadi suatu awal yang baik untuk mengingkatkan imunitas anak. Zink sendiri merupakan salah satu unsur kehidupan yang sangat baik, dan salah satunya terdapat dalam daging berwarna merah. Tiga ons daging merah dapat dapat memenuhi kebutuhan 40% dari dosis harian. Manfaat mencukupi kebutuhan seng diantaranya dapat meningkatkan perkembangan anak secara cepat, meningkatkan kesehatan mata, menambah intelegensi dan meningkatkan imunitas. Meski seng kini telah banyak tersedia dalam banyak jenis seuplemen, namun anda juga dapat menemukan kandungan yang satu ini dalam berbagai jenis makanan seperti daging merah, udang, telur, ikan dan produk hewani.

    • Madu

    Madu merupakan salah satu sumber protein yang dapat membantu dan menjaga dalam meningkatkan sistem kekebalan anak di musim hujan. Kandungan protein yang terdapat di dalam madu dapat membangun imunitas dan menjaga stamina tubuh anak anda. Sebuah penelitian yang di lakukan oleh Departement of Biological Science, University of waikoto, di Hamilton, Selandia Baru, menghasilkan pernyataan bahwa zat antibiotik yang terkandung di dalam madu mampu melawan serangan penyakit yang dapat di sebabkan oleh musim hujan. Seperti kondisi infeksi yaitu, lambung, demam, batuk, dan infeksi saluran pernapasan akut yang sering kali mengancam anak-anak.

    • Minyak ikan

    Anda juga dapat memberikan minyak ikan pada si kecil untuk memnuhi sitem kekebalan tubuhnya. Di dalam minyak ikan sendiri terkandung asam lemak omega 3 yang dapat menjaga kestabilan sisitem kekebalan tubuh anak sehingga mereka dapat terhindar dari berbagai jenis penyakit yang di sebabkan pada musim hujan.

    • Jeruk

    Kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya, menjadikan jeruk juga salah satu makanan yang wajib di konsumsi oleh anak-anak, terlebih pada saat musim hujan menjelang. Kandungan vitamin C tersebutlah yang memadai akan membuat kekebalan tubuh untuk menangkal segala jenis penyakit yang berdampak dari lingkungan.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : September 27, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    cara mengatasi alergi dingin

  • Oleh : hanis
  • 2 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan saya mau bertanya bagaimana cara mengatasi alergi dingin pada anak. Anaks aya berusia 10 tahun dan sering batuk berdahak bahkan sudah 2 minggu. Saya pernah bawa anak saya periksa ke dokter spesialis anak dan katanya batuk yang anak saya derita akibat dari cuaca dingin. mohon penjelasannya apakah anak saya harus bergantung terus pada obat

    Ketinggalan memberikan imunisasi anak

  • Oleh : Aryanto Id
  • 4 tahun, 1 bulan yang lalu

    assalamu’alaikum
    bu bidan, saya ingin tanya dong kemaren anak saya berumur 4 bulan katanya harus diberikan vaksin DPT namun kemaren pas jadwal imunisasi lagi demam jadi saya telat memberikan vaksin nya. apakah itu tidak berbahaya ? apakah masih bisa diberikan imunisasi DPT tersebut ? terima kasih sebelumnya

  • Oleh : Aryanto Id
  • Nyeri Bagian Perut

  • Oleh : Lia Rachma
  • 2 tahun yang lalu

    Pagi Dok. Saya wanita beru,ur 21 Tahun, mau bertanya kenapa ya kalau saya telat makan atau makan pedas perut saya sering panas dan juga keras dibagian perut sebelah kanan dan juga pusar. Apakah ini merupakan salah satu jenis masalah kesehatan yang berbahaya?

    Masalah gigi bayi

  • Oleh : Reny Anggra
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat malem ..dok kenapa yah gigi anak saya tumbuhnya gak beraturan ..ada di bawah 1gigi lalu di atas udah nampak 1gigi yg keluar tapi ketiga gigi yg di atas nampak mau tumbuh tapu tidak beraturan ..dok saya khawatir kalau gigi anak saya tumbuh tidak rata..kira2 apa penyebab dan penanganan apa supaya anak syya giginya tumbub dengan rapih

    Haid Tidak Teratur

  • Oleh : Dinda vika
  • 2 tahun, 1 bulan yang lalu

    Dok saya mau bertanya, terakhir istri saya kan haid pada tanggal 8 februari hingga tanggal 14 februari. Namun setelah 1 minggu bersih dari haid, kemudian pada tanggal 20, 21, 22 istri saya mengeluarkan darah yang memang terbilang kecil hanya sebesar cendol tapi bergumpal. Namun, setiap hari hanya ada 1 gumpalan saja yang keluar ini. Yang saya mau tanyakan, ini kira kira kenapa ya dok dengan kondisi istri saya? berbahaya tidak dok, mohon penjelasannya, terimakasih.

    Tanya Bidan