Tahapan Normal Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 0-12 Bulan

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Tidak hanya memperhatikan kebutuhan asupan makanan dan kebutuhan yang lainnya saja, Orang tua juga di tuntut untuk selalu mengawasi dan selalu memantau perkembangan si kecil setiap detiknya. Karena dengan memantau perkembangan serta memberikan stimulasi sejak dini, anda bisa mengetahui ada atau tidak adanya kelainan pada anak anda, sehingga anda dapat segera memberikan penanganan yang tepat sedini mungkin. Seperti halnya, pada anak seusianya sudah bisa merangkak sedangkan anak anda belum dapat merangkak. Namun anda juga tidak perlu terlalu cemas, karena pada dasarya perkembangan setiap anak pastinya berbeda-beda.

    Pada dasarnya perkembangan anak terbagi menjadi dua, yaitu perkembangan secara motorik halus dan perkembangan secara motorik kasar. Namun pada kesempatan kali ini, tim bidan online akan memaparkan informasi seputar perkembangan anak secara motorik halus, seperti bagaimana perkembangan motorik halus anak yang normal dan apa saja tanda-tanda gangguan motorik halus pada anak?

    Maka dari itu, untuk memebedakannya anda sangat perlu mengetahui tahapan normal perkembangan motorik halus anak sejak bayi yaitu mulai pada usia 0-12 bulan, sehingga anda pun mengetahui ada tidak adanya gangguan perkembangan motorik secara halus pada anak anak sejak dini.

    Dan berikut perkembangan normal motorik halus pada bayi usia 0-12 bulan:

    Bayi berusia 1-3 bulan
    Pada usia 1 bulan, dalam keadaan normal umumnya bayi sudah bisa menggenggam dadan pada usia akhir bulan pertama kelahirannya, kemampuan menggenggam bayi menjadi melemah. Selanjutnya pada usia 3 bulan kebiasaan bayi  mengepal semakin lentur dan memasuki usia 3 bulan akhir bayi sudah bisa membuka tangan dalam keadaan terbuka.

    Bayi berusia 3-6 bulan
    Perkambangan motorik halus bayi selanjutnya adalah pada usia 3-6 bulan. Bayi menggunakan jeri jemarinya secara lebih aktif bahkan bayi menggunakan jarinya untuk bereksplorasi dengan benda-benda yang ada di sekitarnya.

    Bayi berusia 6-9 bulan
    Pada kondisi yang normal, pada usia ini bayi dapat memegang benda dan memindahkan benda. Pada saat itu anda dapat melatihnya secara terus menerus, salah satunya dengan memberikan finger food. Maka pada saat ini pula anda, dapat mendeteksi kelainanan yang di alami oleh anak anda, seperti sering menggunakan tangan kiri di banding dengan tangan kanannya, atau hanya menggunakan salah satu bagian tangannya saja untuk bermain.

    Bayi berusia 9-12 bulan
    Pada usai ini bayi umunyamemeiliki gerakan tangan yang halus dan dapat menggemgam benda lebih erat. Bahkan pada usai 10 bulan, bayi sudah bisa menjepit benda dengan menggunakan tangannya. Selain itu, bayi juga telah bisa menekan mainana sehingga kekuatan jari jemarinya terus berkembang.

    Tidak sedikit para bunda yang pada dasarnya selalu di landa rasa cemas, saat melihat perkembangan motorik halus anak seusia anaknya telah memiliki kemampuan untuk mengenggam akan tetanpi anak anda belum bisa menggenggam secara sempurna. Anda tidak perlu hawatir terhadap tanda kelainan motorik halus anak tersebut, karena umumnya kondisi tersebut dapat di kurangi resikonya dengan cara menstimulasinya seseuai dengan usainya, jika kelaianan tersebut di ketahui sejak dini.

    Maka dari itu, bunda jangan khawatir  karena masing-masing anak memiliki perkembangan motrorik halus yang berbeda-beda. Sehingga kami sangat menyarankan bunda untuk melakukan stimulasi yang tepat dengan usainya, sehingga mampu menunjang perkembangan motorik secara optimal. Namun apabila bunda menemukan kelainan pada motorik halus anak bunda, seperti tiba-tiba tidak bisa menggenggam atau atau salah satu tangannya menjadi lemas, bunda bisa langsung berkonsultasi dengan bidan atau pihak medis lainnya.

    Nah, itulah informasi yang dapat kami sampaikan seputar tahapan normal perkembangan motorik halus anak usia 0-12 bulan. Semoga informasi tersebut bisa menjadi panduan cerdas bagi para bunda dalam memantau perkembangan si kecil sejak usia dini.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - November 8, 2016
    Diskusi Dari:
    Anonymous

    hai bidan, bebera hari ini anak saya yang berusia 3 tahun sering mengalami cegukan pada saat sore hari, amankah dok kondisi seperti ini ?

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Indri Ekawaty

    Bu bidan saya mau bertanya, saya sekarang sedang mengandung, usia kandungan saya baru menginjak 3 bulan, tapi kenapa akhir akhir ini saya susah tidur. Kalau saya minum obat tidur apakah tidak apa ?

    Dijawab Oleh : Indri Ekawaty
    Diskusi Dari:
    Eci wulandari

    bu bidan saat ini saya hamil 7 bulan, saya sering mengalami sakit di bagian bokong,pinggang,paha sama perut bagian bawah.. itu kenapa ya bu? apakah berbahaya apa tidak ?perut saya pun suka terasa kencang dan keras

    Dijawab Oleh : Eci wulandari
    Diskusi Dari:
    Risky nur

    Pagi Dok. Saat ini saya sering kali merasakan berbagai jenis masalah seperti dada yang sakit, lemas, sakit pada bagian tangan, berkeringat berlebih, panas dingin, gemeteran dan sakit dada sebelah kiri. Awaslnya saya hanya menderita masalah kesehatan tuberculosis 1 Thn. Memang Dokter sudah bilang bahwa saya sudah sembuh dari tuberculosis ini. Tapi kenapa yang tiba tiba tubuh saya jadi merasakan hal hal tadi? Mohon penjelasannya

    Dijawab Oleh : Risky nur
    Diskusi Dari:
    Santana jaya

    Selamat malam. Saya riza dari bandung. Mau menanyakan jika asi yang d bekukan didalam freezer yang menggunakan botol kaca kemudian ketika d cairkan dan botol kaca pecah tiba tiba. Apakah Asi yang masih membeku tersebut bisa d manfaatkan atau d buang saja padahal pantat botol kaca sudah pecah. Mohon informasinya karena banyak ibu2 beranggapan sayang ketika asi d buang padahal saya berfikirnya bahwa itu bahaya karena takut ada pecahan kaca. rizausman5@gmail.com

    Dijawab Oleh : Santana jaya