×

Tanda-tanda Anak Yang Mengalami Psikopat

Bagikan Artikel :

Tanda-tanda Anak Yang Mengalami Psikopat

Setelah terjadinya kasus pembunuhan oleh bocah SMP berusia 14 tahun, pihak polisi mengatakan bahwa pelaku mengalami psikopat. Hal ini karena pelaku itu merasa puas telah melakukan pembunuhan. Bahkan tidak ada rasa penyesalan atas perbuatannya. Sebelumnya pelaku juga sering menyiksa hewan dengan melempar kucing dari lantai 2 dan mencabik-cabik kodok hingga cicak.

Apa itu psikopat?

Psikopat adalah seseorang yang manipulatif dan tidak bisa membedakan perilaku baik dan salah. Karena itu, psikopat bisa melakukan tindakan tak bermoral dan kriminal tanpa penyesalan maupun rasa bersalah. Psikopat ditandai juga dengan antisocial, tempramen dan tidak memiliki empati

Related Posts :

    Siapa sangka, tanda-tanda psikopat sebenarnya bisa dilihat dari tingkah laku anak-anak saat ia berusia 3 tahun. Banyak pembunuh berantai berperilaku seperti tanda-tanda ini di masa kanak-kanak mereka.

    Sayangnya, para orangtua biasanya tidak mengira bahwa tanda-tanda tersebut berpengaruh terhadap perilaku mereka saat dewasa.

    Pada anak-anak, gejala yang muncul bisa berupa perilaku kejam terhadap hewan, marah yang meledak-ledak, tidak mau bergaul, dan suka mengintimidasi atau melakukan ‘bullying’ terhadap teman-temannya. Pada kasus tertentu, buruknya prestasi sekolah bisa menjadi tanda-tanda awal psikopat.

    Tanda Dan Gejala Psikopat Pada Anak Yang Perlu Orangtua Waspadai

    1. Anak tidak merasa bersalah setelah melakukan kesalahan
    2. Hukuman tidak mengubah perilaku anak
    3. Anak sangat egois atau tidak mau berbagi
    4. Anak sering berbohong
    5. Anak licik dan sering mencoba menyiasati orang tuanya.
    6. Sikap yang mengabaikan perasaan orang lain dan tidak memiliki penyesalan.
    7. Sering melukai dan menyiksa hewan sekitar seperti kucing, ayam dan lain-lain
    8. Sering membully rekannya
    9. Secara umum kondisinya normal sama seperti anak-anak pada umumnya. Namun, dalam situasi tertentu ia bisa berubah menjadi pribadi yang kejam tanpa ampun. Hati nurani dan empatinya seolah tak berfungsi.
    10. Anak yang diduga psikopat biasanya cendeurng selalu merasa benar dalam kesempatan. Ia tak lantas mengakui kesalahan yang telah diperbuat.
    11. Ketika dalam kondisi marah, anak psikopat cenderung meluapkan kemarahan berapi-api tanpa mempedulikan keadaan sekitarnya.
    12. Menyalahkan orang lain dan menganggap kesalahan bukan disebabkan oleh dirinya.
    13. Tidak percaya diri dan tidak pernah tulus apabila mengatakan sesuatu hal
    14. Seorang psikopat tergolong sebagai seseorang yang manipulatif. Tindakan ini merupaka upaya tipu daya yang dilakukan terhadap korbannya.

    Penyebab Anak Mengalami Psikopat

    Penyebab pasti psikopat tidak bisa diidentifikasi secara pasti. Gangguan ini diprediksi timbul karena pengaruh genetik dan pengalaman traumatis masa kecil. Disimpulkan demikian, karena psikopat biasanya tumbuh dari latar belakang keluarga yang tidak harmonis.

    Ketidakharmonisan tersebut bisa dalam bentuk adanya pelecehan dan penelantaran anak, orang tua yang kecanduan alkohol, atau perkelahian orang tua. Psikopat sendiri lebih sering ditemukan pada kaum pria dibandingkan perempuan

    Tindakan Orangtua Terhadap Anak Untuk Mencegah Psikopat

    Semua yang terjadi pada anak tentu didasari latar belakang si anak. Ia tidak serta merta mengubah dirinya menjadi sosok yang menakutkan. Untuk mengantisipasi, sebagai orangtua kamu perlu memerhatikan semua tingkah laku anak. Taruh kecurigaan apabila anak tidak memiliki rasa takut akan pelanggaran yang diperbuatUntuk mengetahui ciri anak psikopat lebih pasti, kamu bisa langsung berkonsultasi pada dokter guna meminimalisir dampak buruk yang akan ditimbulkan kemudian hari.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 14, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kapan ita melakukan tespek yg akurat?

  • Oleh : Nenih Nurjanah
  • 1 tahun, 6 bulan yang lalu

    Assalamualaikum dok selamat pagi ,saya ai nenih dok mau bertanya kapankah melakukan tespek agar hasil lebih akurat ?

    Sedikit cerita saya haid tnggl 29 desember nah pas masa subur setelah selesai haid saya rajin 2x sehari kadang 3xsehari melakukan HB ..
    Nah ini sudah satu minggu dan malam saya tiba tiba mual ntah saya masuk angin atau apa tpi tdi subuh saya iseng iseng tespeck tpi hasilnya agak samar banget garis kedua, dan d fto gak kelihatan bangt klw d fto hasilnya negatif tpi pas d terawang sma saya ada garis tipis bnggt yg satunya pekat.. apakah akurat klw ditespek seminggu setelah berhubungan atau ada baiknya nunggu sampe akhir bulan ? Gmna dok minta infonya trmkasih wasalam

    Benjolan kecil dan lunak dipayudara

  • Oleh : Hafis Alfarozi STm
  • 4 tahun, 1 bulan yang lalu

    Siang dokter, kakak saya kemarin bilang kalau di payudaranya ada seperti benjolan kecil dan lunak itu benjolan payudara yang menyebabkan kanker payudara bukan dok ? Bagaimana cara mengobatinya ?

  • Oleh : Hafis Alfarozi STm
  • Bercak Hitam Saat Menstrulasi

  • Oleh : Marini Sjola Manoppo
  • 3 tahun, 11 bulan yang lalu

    Dok, saya mau bertanya. Biasanya kan tanggal sekarang ini saya jadwalnya menstrulasi, namun 2 hari belakang ini saya melihat di celana dalam saya ada bercak hitam sering sekali membuat gatal bagian miss V saya, mau tau dong apa sih penyebabnya itu?

  • Oleh : Marini Sjola Manoppo
  • Cara mengatasi bau pada kemaluan anak

  • Oleh : herry sinaga
  • 1 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan saya mau bertanya bagaimana cara untuk mengatasi bau pada kelamin anak, anak saya perempuan umur 5 tahun mohon jawabannya

    Tentang KB

  • Oleh : rika meirina
  • 4 bulan, 1 minggu yang lalu

    hallo bu dok saya mau nanya
    kemaren saya suntik kb 1 bulan umur saya 21 tahun apakah itu aman?
    dan di bulan selanjutnya saya tidak lagi suntik apakah saya masih bisa hamil? karna saya sudah menikah 1 tahun lebih tapi tidak ada tanda2 kehamilan , apakah saya harus mancing kehamilan dengan pil kb? Terimakasih bu dok🙏🏻

    Tanya Bidan