×

Telapak Kaki Si Kecil Rata Dan Terlambat Berjalan ? Ini Penjelasanya!

Bagikan Artikel :

Telapak Kaki Si Kecil Rata Dan Terlambat Berjalan ? Ini Penjelasanya!

Bunda dan ayah mungkin khawatir banget apabila kaki si Kecil terlihat rata dan jalannya menjadi terhambat. Padahal tidak selamanya penyebab terhambatnya berjalan pada si Kecil disebabkan oleh telapak kaki yang rata, misalnya kekurangan nutrisi atau kecacatan.

Kaki rata atau flat foot adalah kondisi di mana lengkungan yang seharusnya terdapat di telapak kaki, menjadi rata. Pada bayi atau balita, kondisi ini tergolong normal karena tubuh mereka belum sepenuhnya berkembang. Namun pada anak-anak yang sudah lebih besar dan orang dewasa, kaki rata dapat menjadi tanda adanya kelainan pada tulang atau jaringan tendon kaki, jaringan yang menempelkan otot ke tulang.

Fakta Telapak Kaki Rata pada Anak

Bayi biasanya lahir dengan kondisi telapak kaki rata yang akan berkembang dan membentuk lekuk seiring bertambahnya usia. Telapak kaki rata ini disebabkan oleh masih adanya lapisan lemak yang berfungsi sebagai bantalan ketika mereka belajar berdiri. Bantalan lemak ini dibutuhkan karena otot kaki mereka belum cukup kuat untuk menopang badan.

Saat anak terlambat berjalan, jangan buru-buru menyalahkan telapak kaki rata ini. Kelainan bentuk kaki bukanlah satu-satunya penyebab anak terlambat berjalan. Keterlambatan berjalan pada anak-anak juga bisa disebabkan oleh kurangnya stimulasi, kekurangan nutrisi, atau kelainan fisik bawaan lahir.
Meski begitu, jika telapak kaki Si Kecil tetap terlihat rata sampai usianya 4 atau 5 tahun, apalagi jika ia terlihat kesakitan saat diajak berjalan, Bunda dan Ayah sebaiknya memeriksakannya ke dokter anak.

Nantinya, dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan apakah telapak kaki rata yang dialami oleh Si Kecil perlu mendapat penanganan atau tidak.

Penyebab Telapak Kaki Rata pada Anak

Telapak kaki yang tetap rata hingga anak berusia 4-5 tahun biasanya disebabkan oleh faktor keturunan, pertumbuhan tulang kaki yang kurang baik ketika masih dalam kandungan, dan adanya kondisi medis yang memengaruhi sendi, otot, atau saraf.
Biasanya, telapak kaki rata tidak membutuhkan penanganan serius jika kaki anak tidak terasa sakit, kaku, mati rasa, mudah cedera, atau mengalami gangguan keseimbangan saat berjalan.

Cara Penanganan Telapak Kaki Rata Pada Anak

Jika telapak kaki rata menimbulkan rasa tidak nyaman, dokter biasanya akan menyarankan beberapa penanganan berikut:

  1. Penggunaan sepatu yang nyaman, sesuai dengan ukuran kaki, dan bertumit rendah.
  2. Fisioterapi. Program fisioterapi yang dapat dilakukan adalah latihan peregangan atau pemberian alat khusus berupa sol atau sepatu khusus. Diskusikan lebih lanjut dengan dokter program yang sesuai dengan kondisi yang dialami.
  3. Olahraga atau peregangan kaki.
  4. Konsumsi obat pereda nyeri.
  5. Operasi (jarang dilakukan). Operasi juga dilakukan atas pertimbangan khusus, misalnya ketika kaki rata disebabkan oleh tendon yang robek atau patah tulang. Maka, operasi dilakukan untuk menangani penyebab kaki rata tersebut.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : February 29, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Benjolan di belkaang telinga pada bayi 9bulan

  • Oleh : Wiska Enggal
  • 4 bulan, 1 minggu yang lalu

    Bu bidan saya mau bertanya, anak saya sekitar seminggu yg lalu kuping nya terkena dompo, sekarg udh sembuh tp mash ada bintik2 nya sedikit, terus sekarang muncul benjolan di belakang telinga nya di pegang benjolan nya seperti ada dua. Kira kira bahaya gk ya bu dan bisa ditangani dengan apa dan di beri obat apa?
    Terimakash.

  • Oleh : Wiska Enggal
  • Cara atasi mentruasi dan penyebab pms lambat

  • Oleh : kimnadiya kimnadiya
  • 7 bulan yang lalu

    saya baru usia 15 tahun pas tangal 25 November 2020 nah saya terhakir pms bulan Desember 2020 nah awal bulan Januari 2021 saya sebulan belom pms itu kenapa y k berat badan saya 40 kilogram pas terus juga gak napsu makan saya makan sehari 1 kali itu juga gak napsu makan itu penyebab nya ap Y k tolong jawab?….

  • Oleh : kimnadiya kimnadiya
  • Menstruasi yang tidak teratur

  • Oleh : herry sinaga
  • 4 tahun yang lalu

    Selamat pagi bu bidan,

    aku mau tanya, siklus haid aku setiap bulannya selalu terlambat maksimal setelah meikah april tahun ini telat 1 minggu.

    hal demikian kenapa terjadi ya bu bidan, dan menyebabkan susah hamil atau tidak?

    atau daya da kelainan hormon atau bagaimana bu? dan cara mengatasinya bagaimana agar jika ada kelainan saya bisa mengobatinya sejak dini bu bidan.

    terimakasih

    Botol asi

  • Oleh : Santana jaya
  • 3 tahun, 10 bulan yang lalu

    Selamat malam. Saya riza dari bandung. Mau menanyakan jika asi yang d bekukan didalam freezer yang menggunakan botol kaca kemudian ketika d cairkan dan botol kaca pecah tiba tiba. Apakah Asi yang masih membeku tersebut bisa d manfaatkan atau d buang saja padahal pantat botol kaca sudah pecah. Mohon informasinya karena banyak ibu2 beranggapan sayang ketika asi d buang padahal saya berfikirnya bahwa itu bahaya karena takut ada pecahan kaca. rizausman5@gmail.com

    mual, eneg saat makan, kehilangan nafsu makan saat hamil

  • Oleh : Mending Ora Usah Jenengan
  • 4 tahun, 10 bulan yang lalu

    Siang ibu bidan, saya mau tanya apa ibu hamil yang mual-mual dan eneg saat makan itu wajar? Saya juga kehilangan nafsu makan jadinya, solusinya gimana ya?

  • Oleh : Mending Ora Usah Jenengan
  • Tanya Bidan