×

Telapak Kaki Si Kecil Rata Dan Terlambat Berjalan ? Ini Penjelasanya!

Bagikan Artikel :

Telapak Kaki Si Kecil Rata Dan Terlambat Berjalan ? Ini Penjelasanya!

Bunda dan ayah mungkin khawatir banget apabila kaki si Kecil terlihat rata dan jalannya menjadi terhambat. Padahal tidak selamanya penyebab terhambatnya berjalan pada si Kecil disebabkan oleh telapak kaki yang rata, misalnya kekurangan nutrisi atau kecacatan.

Kaki rata atau flat foot adalah kondisi di mana lengkungan yang seharusnya terdapat di telapak kaki, menjadi rata. Pada bayi atau balita, kondisi ini tergolong normal karena tubuh mereka belum sepenuhnya berkembang. Namun pada anak-anak yang sudah lebih besar dan orang dewasa, kaki rata dapat menjadi tanda adanya kelainan pada tulang atau jaringan tendon kaki, jaringan yang menempelkan otot ke tulang.

Fakta Telapak Kaki Rata pada Anak

Bayi biasanya lahir dengan kondisi telapak kaki rata yang akan berkembang dan membentuk lekuk seiring bertambahnya usia. Telapak kaki rata ini disebabkan oleh masih adanya lapisan lemak yang berfungsi sebagai bantalan ketika mereka belajar berdiri. Bantalan lemak ini dibutuhkan karena otot kaki mereka belum cukup kuat untuk menopang badan.

Related Posts :

    Saat anak terlambat berjalan, jangan buru-buru menyalahkan telapak kaki rata ini. Kelainan bentuk kaki bukanlah satu-satunya penyebab anak terlambat berjalan. Keterlambatan berjalan pada anak-anak juga bisa disebabkan oleh kurangnya stimulasi, kekurangan nutrisi, atau kelainan fisik bawaan lahir.
    Meski begitu, jika telapak kaki Si Kecil tetap terlihat rata sampai usianya 4 atau 5 tahun, apalagi jika ia terlihat kesakitan saat diajak berjalan, Bunda dan Ayah sebaiknya memeriksakannya ke dokter anak.

    Nantinya, dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan apakah telapak kaki rata yang dialami oleh Si Kecil perlu mendapat penanganan atau tidak.

    Penyebab Telapak Kaki Rata pada Anak

    Telapak kaki yang tetap rata hingga anak berusia 4-5 tahun biasanya disebabkan oleh faktor keturunan, pertumbuhan tulang kaki yang kurang baik ketika masih dalam kandungan, dan adanya kondisi medis yang memengaruhi sendi, otot, atau saraf.
    Biasanya, telapak kaki rata tidak membutuhkan penanganan serius jika kaki anak tidak terasa sakit, kaku, mati rasa, mudah cedera, atau mengalami gangguan keseimbangan saat berjalan.

    Cara Penanganan Telapak Kaki Rata Pada Anak

    Jika telapak kaki rata menimbulkan rasa tidak nyaman, dokter biasanya akan menyarankan beberapa penanganan berikut:

    1. Penggunaan sepatu yang nyaman, sesuai dengan ukuran kaki, dan bertumit rendah.
    2. Fisioterapi. Program fisioterapi yang dapat dilakukan adalah latihan peregangan atau pemberian alat khusus berupa sol atau sepatu khusus. Diskusikan lebih lanjut dengan dokter program yang sesuai dengan kondisi yang dialami.
    3. Olahraga atau peregangan kaki.
    4. Konsumsi obat pereda nyeri.
    5. Operasi (jarang dilakukan). Operasi juga dilakukan atas pertimbangan khusus, misalnya ketika kaki rata disebabkan oleh tendon yang robek atau patah tulang. Maka, operasi dilakukan untuk menangani penyebab kaki rata tersebut.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : February 29, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kb

  • Oleh : Erna Wati
  • 2 bulan, 2 minggu yang lalu

    Saya kb 3 bulan setelah kb 1 bulan saya haid ,udah hmpir 1 minggu haid nya belum brhenti” apakah bahaya ?

  • Oleh : Erna Wati
  • ejakulasi dini

  • Oleh : opik opik
  • 2 tahun, 4 bulan yang lalu

    Dok saya mau tanya apakah pri yng mmpunyai ejakulasi dini apakh bisa mempunyai keturunn

    Tangan Berkeringat Saat Pegang Hp

  • Oleh : Gomez
  • 3 tahun, 3 bulan yang lalu

    Dok saya mau bertanya, kenapa yang setiap kali saya menggunakan hp telalu lama, biasnaya tangan saya sering kali mengeluarkan keringan yang cukup banyak, kira kira ini gejala masalah kesehatan apa ya dok? Mohon jawabannya 🙂

    Negatif tapi tidak menstruasi

  • Oleh : Sintya Rizka Afriani
  • 1 tahun, 3 bulan yang lalu

    Bulan april saya menstruasi tgl 7 bu, mei tgl 11 dan juni tanggal 9 kemudian mens lagi tgl 22 juni sampai 25 juni
    Tanggal 3 juli saya melakukan hubungan suami istri, dan suami tidak menggunakan konstrasepsi (kondom) karena saya gak pasang IUD atau pil kb atau suntik kb jadi pakainya kondom bu, tp tgl 3 gak pakai kondom sedangkan suami dikeluarkan di dalam setelah 3 jam kemudian saya minum postinor 2 bu, langsung 2 pil sekaligus sesuai anjuran box, kemudian sampai sekarang tgl 5 agustus saya belum menstruasi saya sudah tespack pakai sensitif dan one med hasilnya negatif semua mulai dari 2 minggu stlh berhubungan sampai saya telat 2 minggu hasilnya negatif tapi sampai sekarang belum menstruasi.
    Pertanyaan saya apakah hasil tespek itu benar bahwa negatif, apakah benar postinor dapat mempengaruhi siklus menstruasi?

  • Oleh : Sintya Rizka Afriani
  • anak sering mengalami cegukan

  • Oleh : Dewi Isma
  • 2 tahun, 10 bulan yang lalu

    hai bidan, bebera hari ini anak saya yang berusia 3 tahun sering mengalami cegukan pada saat sore hari, amankah dok kondisi seperti ini ?

    Tanya Bidan