×

Tinggi Badan Anak Berbeda Dengan Teman Seusianya? Waspada Stunting!

Bagikan Artikel :

Tinggi Badan Anak Berbeda Dengan Teman Seusianya? Waspada Stunting!

Tinggi badan anak selain dipengaruhi oleh keturunan dipengaruhi juga oleh nutrisi. Nah bagi anak yang kurang nutrisi atau bahkan kekurangan gizi kronis biasanya akan memiliki tinggi badan yang jauh lebih pendek dibandingkan tinggi badan orang seusianya. Hal ini disebut dengan stunting. Tapi tidak semua anak yang berperawakan lebih pendek mengalami stunting. Stunting merupakan keadaan tubuh yang sangat pendek dilihat dari standar baku pengukuran tinggi badan menurut usia berdasarkan standar WHO.

Related Posts :

    Nah bunda gak kan kalau anak Anda mengalami stunting? Yuk cegah dari sekarang! Sebelumnya Bunda sudah tahu gejala dan tanda anak stunting? Bidan Citra kali ini bakalan share mengenai stunting dengan selengkap-lengkapnya. Baca hingga tuntas ya!

    Gejala Dan Tanda Anak Stunting

    1. Pertumbuhan melambat
    2. Wajah tampak lebih muda dari anak seusianya
    3. Pertumbuhan gigi terlambat
    4. Performa buruk pada kemampuan fokus dan memori belajarnya
    5. Pubertas terlambat
    6. Usia 8-10 tahun anak menjadi lebih pendiam, tidak banyak melakukan kontak mata terhadap orang di sekitarnya

    Faktor Yang Memengaruhi Anak Stunting

    1. Utamanya, faktor gizi buruk yang dialami oleh ibu hamil dan anak balita.
    2. Kurangnya pengetahuan ibu mengenai gizi sebelum hamil, saat hamil, dan setelah melahirkan.
    3. Terbatasnya akses pelayanan kesehatan, termasuk layanan kehamilan dan postnatal (setelah melahirkan).
    4. Kurangnya akses air bersih dan sanitasi.
    5. Masih kurangnya akses makanan bergizi karena tergolong mahal.

    Dampak Stunting Terhadap Tumbuh Kembang Anak

    Dampak jangka pendek stunting adalah terganggunya perkembangan otak, kecerdasan, gangguan pada pertumbuhan fisiknya, serta gangguan metabolisme.
    Dampak jangka panjangnya, stunting yang tidak ditangani dengan baik sedini mungkin akan menurunkan kemampuan kognitif otak, kekebalan tubuh lemah sehingga mudah sakit, dan risiko tinggi munculnya penyakit metabolik seperti kegemukan, penyakit jantung, dan penyakit pembuluh darah.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : September 2, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    kehamilan

  • Oleh : leny agustini
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    selamat pagi dok,, saya mau bertanya begini dok di desa saya masih ad dukun beranak dok nah krna kpercayaan ntah apa jadi saya ngikut2 sblumnya sya sudah pijat ke dukun itu sampai bulan lalu saya telmbat haid udh 2 bulan prutsya di pijit perlhan katanya sudah ad janin katanya perut saya sudah keras gitu dok trus sya coba tespack dan USG hasilnya negatif stlh itu saya dtang bulan lagi sya kira udah kguguran sya ke dukun itu lgi masih ada tp di usg hasil kosong sya merasa mual , perut sering sakit di bagian bawah kadang sampe ga bisa jalan dok itu gimana ya dok mohon pencerahannya … trimakasih

  • Oleh : leny agustini
  • Payudara nyeri, perut membesar, telat haid 3 hari, muncul flek coklat

  • Oleh : Chika Chikacici
  • 1 tahun yang lalu

    Bulan lalu saya haid tgl 26 sept. Bulan ini saya telat 3 hari, ada flek coklat tgl 28 okt. Sblm muncul flek, saya merasa perut saya membesar, pyudara saya nyeri, dan emosional saya meningkat. Apakah saya hamil ?

  • Oleh : Chika Chikacici
  • Haid tidak teratur

  • Oleh : Selvi Anggereni
  • 3 tahun, 9 bulan yang lalu

    Mau nanya, tiap bulan saya selalu haid. Tapi durasi waktuna suka beda2. Sperti bulan 8,9,10 29 hari, kemudian bulan 11 menjadi 35 hari. Setelah itu bulan 12 menjadi 27 hari, dan bulan berikutnya 26 hari. Sudah hampir setahun saya menikah dan belum hamil juga. Apakah ini tanda2 bahwa saya kena PCO, dan haid saya termasuk haid yg tidak teratur..? Terima kasih sebelumnya

    Berhubungan sehari setelah menstruasi

  • Oleh : Agus Putra
  • 2 tahun, 3 bulan yang lalu

    Selamat sore buk , saya mau bertanya seputar kehamilan,
    Jadi gini buk,saya mempunyai seorang pacar yang masih perawan,suatu hari saya ingin melakukan hubungan badan dengan pacar saya,kebetulan saya melakukan hubungan badan sehari setelah dia menstruasi(rada – rada masih haid ),jadi pas saya melakukan hubungan badan,saya sebelum sebelumnya itu sering sekali mengeluarkan sperma saya sehari bisa 1 smpek 2 kali,saya keluarin 3 hari berturut turut sebelum melakukan hubungan badan sama pacar saya,pas saat saya berhubungan badan,saya menyentuh vagina pacar saya dan saya merasakan kalau ada cairan yang kluar dari dalam vagina pacar saya,pas saya hirup baunya khas ( lendir ) perempuan,setelah itu saya cuma memasukan kemaluan saya ke vagina pacar saya sampai berbunyi ” krek “,dan itu pun saya cuma memasukannya,setelah itu langsung saya cabut,dan saya mengeluarkan sperma saya di luar vagina pacar saya,
    Pertanyaan saya,apakah dapat mengakibatkan kehamilan ?
    Dan seumpama kalau ada setetes sperma yg msuk kedalan vagina,apa dapat menyebabkan kehamilan pada saat mens/haid?

    Keputihan

  • Oleh : Eren Fani
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    Hallo dok, saya sudah telat haid 1 minggu. Tetapi pas saya cek dgn tespek positif hasilnya dengan dua garis yg satu samar samar apakah itu bisa hamil atau tidak?
    Dan selama telat haid saya mengalami keputihan dgn bau tidak sedap dan berwarna kuning ke hijauan apakah tanda2 hamil dok? Terimakasih

  • Oleh : Eren Fani
  • Tanya Bidan