×

Tinggi Badan Anak Berbeda Dengan Teman Seusianya? Waspada Stunting!

Bagikan Artikel :

Tinggi Badan Anak Berbeda Dengan Teman Seusianya? Waspada Stunting!

Tinggi badan anak selain dipengaruhi oleh keturunan dipengaruhi juga oleh nutrisi. Nah bagi anak yang kurang nutrisi atau bahkan kekurangan gizi kronis biasanya akan memiliki tinggi badan yang jauh lebih pendek dibandingkan tinggi badan orang seusianya. Hal ini disebut dengan stunting. Tapi tidak semua anak yang berperawakan lebih pendek mengalami stunting. Stunting merupakan keadaan tubuh yang sangat pendek dilihat dari standar baku pengukuran tinggi badan menurut usia berdasarkan standar WHO.

Nah bunda gak kan kalau anak Anda mengalami stunting? Yuk cegah dari sekarang! Sebelumnya Bunda sudah tahu gejala dan tanda anak stunting? Bidan Citra kali ini bakalan share mengenai stunting dengan selengkap-lengkapnya. Baca hingga tuntas ya!

Related Posts :

    Gejala Dan Tanda Anak Stunting

    1. Pertumbuhan melambat
    2. Wajah tampak lebih muda dari anak seusianya
    3. Pertumbuhan gigi terlambat
    4. Performa buruk pada kemampuan fokus dan memori belajarnya
    5. Pubertas terlambat
    6. Usia 8-10 tahun anak menjadi lebih pendiam, tidak banyak melakukan kontak mata terhadap orang di sekitarnya

    Faktor Yang Memengaruhi Anak Stunting

    1. Utamanya, faktor gizi buruk yang dialami oleh ibu hamil dan anak balita.
    2. Kurangnya pengetahuan ibu mengenai gizi sebelum hamil, saat hamil, dan setelah melahirkan.
    3. Terbatasnya akses pelayanan kesehatan, termasuk layanan kehamilan dan postnatal (setelah melahirkan).
    4. Kurangnya akses air bersih dan sanitasi.
    5. Masih kurangnya akses makanan bergizi karena tergolong mahal.

    Dampak Stunting Terhadap Tumbuh Kembang Anak

    Dampak jangka pendek stunting adalah terganggunya perkembangan otak, kecerdasan, gangguan pada pertumbuhan fisiknya, serta gangguan metabolisme.
    Dampak jangka panjangnya, stunting yang tidak ditangani dengan baik sedini mungkin akan menurunkan kemampuan kognitif otak, kekebalan tubuh lemah sehingga mudah sakit, dan risiko tinggi munculnya penyakit metabolik seperti kegemukan, penyakit jantung, dan penyakit pembuluh darah.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : September 2, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Bolehkah Ibu Hamil Mengkonsumsi Kafein?

  • Oleh : Disa Khaerunisa
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya benarkah ibu hamil dilarang mengkonsumsi minuman yang berkafein seperti kopi? jika itu salah, sebaiknya bagaimana aturan yang tepat dalam mengkonsumsi kafein pada ibu hamil. Terimakasih bu bidan, ditunggu jawabannya…

    Keputihan

  • Oleh : Rismawati Sr
  • 1 tahun, 6 bulan yang lalu

    Assalamualaikum Dok.. Saya Keputihan Mulai Dari Bulan 8 Tahun Kemarin, Udah sering ke dokter, minum Ramuan, pake Daun Sirih, Udah Banyak Obat yang sudah saya minum Dok, Tapi Gak Ada Perubahan, gak sembuh-sembuh, Keputihan Saya Gatal, Warnanya Kuning, Kental, Kalau Berhubungan Nyeri, Panas, Terus Muncul Benjolan… Tolong Dok Solusinya, Soalnya Saya Belum Punya Anak, Saya Sudah Nikah 1 thn Lebih…..

    Menjaga Kesehatan Sperma

  • Oleh : Alwia
  • 4 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya adrian usia 27 tahun saya sudah menikah 1,5 tahun namun saat ini belum mempunyai momongan. Yang saya mau tanyakan bagaimana cara menjaga kesehatan sperma agar saya cepat dapet momongan. Ditunggu jawabannya trims

    Botol asi

  • Oleh : Santana jaya
  • 3 tahun, 10 bulan yang lalu

    Selamat malam. Saya riza dari bandung. Mau menanyakan jika asi yang d bekukan didalam freezer yang menggunakan botol kaca kemudian ketika d cairkan dan botol kaca pecah tiba tiba. Apakah Asi yang masih membeku tersebut bisa d manfaatkan atau d buang saja padahal pantat botol kaca sudah pecah. Mohon informasinya karena banyak ibu2 beranggapan sayang ketika asi d buang padahal saya berfikirnya bahwa itu bahaya karena takut ada pecahan kaca. rizausman5@gmail.com

    Kram Saat Hamil

  • Oleh : Intan Royana
  • 4 tahun, 12 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saya sedang hamil 7 bulan dan saya sering merasakan kram, saya mau bertanya apakah kram bisa dihindari ? bagaimana caranya kalau memang kram bisa dihindari ?

  • Oleh : Intan Royana
  • Tanya Bidan