×

Tinggi Badan Anak Berbeda Dengan Teman Seusianya? Waspada Stunting!

Bagikan Artikel :

Tinggi Badan Anak Berbeda Dengan Teman Seusianya? Waspada Stunting!

Tinggi badan anak selain dipengaruhi oleh keturunan dipengaruhi juga oleh nutrisi. Nah bagi anak yang kurang nutrisi atau bahkan kekurangan gizi kronis biasanya akan memiliki tinggi badan yang jauh lebih pendek dibandingkan tinggi badan orang seusianya. Hal ini disebut dengan stunting. Tapi tidak semua anak yang berperawakan lebih pendek mengalami stunting. Stunting merupakan keadaan tubuh yang sangat pendek dilihat dari standar baku pengukuran tinggi badan menurut usia berdasarkan standar WHO.

Related Posts :

    Nah bunda gak kan kalau anak Anda mengalami stunting? Yuk cegah dari sekarang! Sebelumnya Bunda sudah tahu gejala dan tanda anak stunting? Bidan Citra kali ini bakalan share mengenai stunting dengan selengkap-lengkapnya. Baca hingga tuntas ya!

    Gejala Dan Tanda Anak Stunting

    1. Pertumbuhan melambat
    2. Wajah tampak lebih muda dari anak seusianya
    3. Pertumbuhan gigi terlambat
    4. Performa buruk pada kemampuan fokus dan memori belajarnya
    5. Pubertas terlambat
    6. Usia 8-10 tahun anak menjadi lebih pendiam, tidak banyak melakukan kontak mata terhadap orang di sekitarnya

    Faktor Yang Memengaruhi Anak Stunting

    1. Utamanya, faktor gizi buruk yang dialami oleh ibu hamil dan anak balita.
    2. Kurangnya pengetahuan ibu mengenai gizi sebelum hamil, saat hamil, dan setelah melahirkan.
    3. Terbatasnya akses pelayanan kesehatan, termasuk layanan kehamilan dan postnatal (setelah melahirkan).
    4. Kurangnya akses air bersih dan sanitasi.
    5. Masih kurangnya akses makanan bergizi karena tergolong mahal.

    Dampak Stunting Terhadap Tumbuh Kembang Anak

    Dampak jangka pendek stunting adalah terganggunya perkembangan otak, kecerdasan, gangguan pada pertumbuhan fisiknya, serta gangguan metabolisme.
    Dampak jangka panjangnya, stunting yang tidak ditangani dengan baik sedini mungkin akan menurunkan kemampuan kognitif otak, kekebalan tubuh lemah sehingga mudah sakit, dan risiko tinggi munculnya penyakit metabolik seperti kegemukan, penyakit jantung, dan penyakit pembuluh darah.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : September 2, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Menstruasi

  • Oleh : Evi Safitri
  • 1 tahun, 8 bulan yang lalu

    Dokter, sejak februari saya mengalami menstruasi yg tidak wajar, saya menstruasi berkepanjangan, jarak berhentinya keluar darah hanya sekitar 5-7 hari. Apakah itu normal?

    Menstruasi tidak lancar

  • Oleh : Fitri Lestari
  • 2 bulan, 1 minggu yang lalu

    Dok saya mau tanya saya sudah tidak menstruasi selama 3 bulan,saya masib lajang dan tidak pernah melakukan hubungan intim,terakhir saya menstruasi sebelum puasa tahun ini dan sampai sekarang saya belum menstruasi,bisa di jelaskan dok sebenar nya ini penyakit atau apa dan cara penyembuhan nya bagaimana.

  • Oleh : Fitri Lestari
  • Benjolan pada vagina

  • Oleh : Zahra Zulfatma
  • 3 minggu yang lalu

    Assalamualaikum perkenalkan saya zahra, saya ingin curhat divagina saya ada benjolan dan rasanya itu nyeri kalo di pegang , awalnya sih kecil tapi tmbah hari semakin agak membesar .. itu saya kenapa ya? Solusi untuk mengatasinya gimana ya ??

  • Oleh : Zahra Zulfatma
  • apa pengaruh dari ibu hamil yang sering buang-buang air (maaf) mencret?

  • Oleh : Via
  • 3 tahun, 12 bulan yang lalu

    ibu bidan, saya mau bertanya tentang istri saya yang mengalami buang-buang air mencret, katanya perutnya tidak enak seperti ada bunyi air deras, dia juga punya maag. apa bahaya nanti buat janin di dalam perutnya?

    Kontrasepsi

  • Oleh : Claudia harapankita
  • 2 tahun, 9 bulan yang lalu

    Saya mau tanya kemarin saya melakukan hubungan dengan suami saya tetapi kami berencana menunda momongan. yang jadi masalah tadi siang suami saya tidak sengaja mengeluarkan sperma setetes divagina(saya tidak terasa). lalu saya langsung minum pil KB ? apa pil KB bisa menunda kehamilan? atau pil kontrasepsi darurat jauh lebih manjur dan minum pil kb setelah berhubungan justru tidak berpengaruh dan kemungkinan kehamilan masih ada?
    mohon penjelassannnya

    Tanya Bidan