×

Tips Dan Cara Menghentikan Kebiasaan Anak Berkata Kasar

Bagikan Artikel :

Pada usia masa prasekolah anak-anak semakin berkembang dan memiliki kemampuan bersosialisasi dengan teman sebayanya. Namun di samping itu, pada masa inilah anak-anak juga rentan terpengaruh oleh setiap hal yang ada di sekitar lingkungannya. Mereka sangat mudah untuk menyerap dan meniru semua hal yang ada di sekelilingnya. Sayangnya, tidak semua yang mereka dengar adalah bahasa yang baik. Dan terkang ada beberapa kata kasar secara berulang yang tidak semestinya di ucapkan oleh anak sebagai akibat dari meniru perkataan teman, orang dewasa dan film tertentu. Bahkan penyebab anak berkata kasar pun bisa di sebabkan karena si kecil meniru perkataan orang tuanya yang kesehariannya suka mengomel atau mencaci maki dengan menggunakan kata-kata yang kasar.

Pada dasarnya setiap anak belum memahami betul arti dari apa yang di ucapkannya. Maka disini, peranan orang tua sangat di perlukan dalam memberikan pembelajaran dengan cara menjelaskannya secara baik kepada anak bahwasannya berbicara kasar adalah hal yang buruk dan tidak boleh dilakukan. Jangan berikan hukuman kepadanya. Karena hal tersebut hanya dapat membuat si anak akan terus mengulanginya di luar pengawasan anda. Maka hal tepat yang harus anda lakukan adalah cukup dengan berkomunikasi serta memberikan pengertian kepadanya mengenai baik atau tidak baiknya suatu tindakan sehingga nilai itu dapat di tanamkan semenjak dini.

Adapun bagi anda yang kini masih kebingungan dalam menghadapi kebiasaan buruk anak yang satu ini, anda sebaiknya menyimak tips dan cara menghentikan kebiasaan buruk anak berkata kasar berikut, yang akan tim bidan online informasikan selengkapnya hanya untuk anda.

Tips dan cara menghentikan kebiasaan anak berkata kasar

Tetap bersikap tenang

Usahakan anda tetap tenang dan tetap menjaga ekspresi dan reaksi anda saat mendengar si kecil berbicara kasar. Abndapun jangan tertawa karena ia akan menganggap apa yang di ucapkannya lucu.. Sehingga ia akan mengulanginya lagi di laion kesemptana. Ataupun anda dapat berpura-pura tidak mendengarnya. Karena biasanya usia balita merupakan usia dimana anak mencari perhatian. Sehingga apabila anda mengurangi perhatiannya cenderung kebiasaan anak berbicarapun akan berkurang.

Alihkan pada kata yang hampir mendekati

Seperti halnya saat anda mengucapkan ‘bego’ anda dapat mengalihkannya ada kata ‘bobo’, dan lainnya. Alihkan pula perhatian anak supaya dia tidak mengucapkan kata tersebut.

Tanyakan dari mana ia mendengar hal tersebut

Saat anak anda mengatakan suatu kata yang kasar, anda bisa langsung menanyakan pada anak secara langsung dari mana ia mendengar kata-kata tersebut. Jika ia mendapatkan kata-kata terseut dari salah satu penanyangan stasiun televisi, maka anda dapat menghindarkan anak dari program tersebut. Lalu, jelaskan jika itu adalah perilaku yang tidak baik dan tidak boleh di tiru.

Menjelaskan hal yang baik dan tidak baik

Tips yang satu mungkin sangat mudah namun sulit untuk di lakukan. Hal tersebut di karenakan terkadang anak sangat sulit untuk di nasihati. Sehingga hal ini tidak hanya cukup sekali dan harus di lakukan secara berulang dengan rasa penuh kesabaran. Jangan menggunakan kekerasan fisik karena hal tersebut tidak akan menyelesaikan masalah.

Anda harus menjadi orang tua yang tanggap

PoIn yang satu ini sangatlah penting. Karena jika anak berkata kasar, dan orang tuanya hanya membiarkannya maka kebiasaan buruk tersebut akan melekat pada diri anak bahkan bisa sampai ia kelak tumbuh dewasa. Maka ada baiknya orang tua segera menanggapinya secara tegas dengan tidak melibatkan kekerasan didalamnya.

Nah itulah beberapa tips yang bisa kami sarankan untuk menghentikan kebiasaan buruk anak berbicara kasar. Semoga informasi yang telah kami sampaikan bermanfaat untuk anda semua.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : December 20, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Payudara

  • Oleh : wiwid widia
  • 1 bulan, 1 minggu yang lalu

    Assalamualaikum dok. usia saya 26 thn. saya belum menikah. saya memiliki payudara yg rata. saya mau bertanya, apa berarti saya mengalami hipolasia payudara?apakah berbahaya? apa bisa menghasilkan asi? apa harus dikonsultasikan ke bidan? dan brp bnyak wanita yg mengalami hipolasia seperti saya? karena jujur saya merasa takut, malu dan minder. Terimakasih sebelumnya. Saya harap pertanyaan saya bisa langsung dijawab.

  • Oleh : wiwid widia
  • Maternitas

  • Oleh : Laela Cahyana
  • 1 tahun, 9 bulan yang lalu

    Assalamualaikum, bu saya udah telat haid 19 hari biasanya bulan² kemarin haid lancar dan selama setahun nikah saya gak pernah ikut program Kb atau yang lain nya, maaf bu pertanyaan saya sedikit jorok waktu tadi pagi saya kira haid soalnya miss V basa banget, pas saya colek pake tissue ternyata kaya keputihan kentel banget bu? Dan saya belum coba tespack, apa kemungkinan saya hamil bu?

    Belum Haid Setelah Melakukan Kuret

  • Oleh : emilia
  • 3 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan, saya merasa khawatir dan tidak tau kenapa akhir akhir ini haid saya tak kunjung datang juga. Semenjak saya melakukan kuret terhitung sekitar 5 bulan saya belum haid. Apakah tidak berbahya bu bidan ? Mohon penjelasananya

    Saya bulan april kb suntik 1 bulan

  • Oleh : Sharah Desna
  • 1 bulan, 3 minggu yang lalu

    Di bulan ke 5 saya mengajukan berenti kb kepada bu bidan, dan udah berjalan mau 3bulan saya masih belum haid, itu gmana caranya yah biar bisa cepet haid, karna ingin nambh anak lagi

  • Oleh : Sharah Desna
  • Kehamilan

  • Oleh : Suci Satwari
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    Dok,saya suci mau nanyak,
    Semenjak nikah udh 1,5 tahun saya haid sebulan 2x.
    D USG kata dokter hormon.
    Saya pengen punya momongan.
    Apakah bahaya haid sebulan 2x dok

    Tanya Bidan