×

Tips Jitu Meningakatkan Daya Konsentrasi Anak Dalam Belajar

Bagikan Artikel :

Salah satu kewajiban anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah adalah belajar. Dengan belajar yang tekun maka mereka dapat menggapai kesuksesannya kelak. Namun sebagian anak mengalami kesulitan untuk konsentrasi saat belajar. Sehingga mereka kehilangan minat dan melamun saat mereka belajar. Dalam hal ini, ayah maupun bunda harus bersikap bijak. Jangan sampai menyalahkan atau memarahi sang anak, tanpa mengetahui penyebabnya. Namun, di sinilah peran ayah dan bunda untuk lebih memperhatikannya dan memotivasi anak serta mencari solusi bagaimana anak untuk semangat belajar kembali.

Rendahnya perhatian terhadap studi akademik dapat menyebabkan prestasi anak menjadi menurun. Ironisnya, belakangan ini di temukan banyak kasus pada anak yang tadinya memiliki catatan prestasi baik, namun secara tiba-tiba kehilangan minatnya untuk belajar. Dan telah di telusuri, ternyata daya konsentrasilah yang memicu permasalahan tersebut. Masalah konsentrasi pada anak dapat diindikasikan apabila perhatian mereka mudah pecah dan teralih. Sehingga anakpun kesulitan untuk menyimak suatu hal. 

Namun, apabila konsentrasui anak terus terganggu, maka jangan di biarkan saja. Terlebih saat musim ujian, dimana konsentrasi anak di tuntut untuk sebisa mungkin di optimalkan. Selain itu, proses belajar secara intensif pun sangat di perlukan untuk mendapatkan hasil yang di inginkan. Namun tak jarang anak mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi saat mereka belajar di rumah, sehingga membuat mereka tidak mampu untuk berpikir secara jernih dan cenderung ingin segara mengakhiri proses belajar walaupun belum selesai.

Namun anda tak perlu khawatir karena kini tim bidan online akan memberikan beberapa tips jitu untuk para orang tua, yang dapat membantu menambah daya konsentrasi anak terlebih saat belajar.

Berikut tips jitu meningkatkan daya konsentrasi anak saat belajar yang dapat orang tua lakukan:

1. Dahulukan anak untuk menyelesaikan tugasnya

Agar anak memiliki daya konsentrasi penuh saat belajar, maka sebaiknya dahulukan anak untuk menyelesaikan tugasnya secara tuntas. Jangan menyelangi waktu belajarnya dengan mengerjakan pekerjaan rumah lainnya, Karena hal tersebut hanya dapat membuat konsentrasi dan energi nak terbagi menjadi dua.

2. Berikan waktu istirahat yang cukup

Jika saat tubuh anak mulai lelah, maka jangan paksakan ia untuk terus di hadapkan dengan buku-buku tugas dan menyelesaikan semua tugas sekolahnya. Namun, biarkan anak untuk istirahat dengan cukup. Karena jika di paksakan pun hasilnya tidak akan optimal. Seperti halnya, saat mereka pulang sekolah, biasakan mereka untuk tidur siang yang cukup. Hal tersebut dapat membuat otak dan fisik mereka beristirahat. Sehingga saat merejka bangun nanti, anak memiliki memiliki energi kembali dan menjadi lebih segar untuk di ajak berpikir. Selain darai pada itu, atur juga waktu istirahat mereka saat malam hari, agar mereka tidak tiidur terlalu larut. Karena, pola tidur yang kurang cukup dan tidak teratur di malam hari dapat berdampak pada daya konsentrasi anak di pagi hari.

Related Posts :

    3. Kondisikan posisi belajar anak

    Selain waktu istirahat, posisi belajar anak pun dapat berpengaruh terhadap daya konsentrasi yang anaka miliki. Biasakan anak belajar dalam posisi tiduran, sambil mengobrol, berada dekat denga televisi dan lain sebagainya. Posisi belajar anak yang baik adalah dengan duduk yang tegak dan konddisi yang tenang.

    4. Atur waktu untuk menonton televisi dan penggunaan gadget

    Memang, segala sesuatu yang di lakukan secara berlebih tidak pernah baik. Dan salah satunya terjadi pada anak genarasi saat ini. Di mana mereka kecanduan akan pengguanaan gadget dan acara tontonan di televisi. Dan pada saat itulah, daya konsentrasinya akan banyak di sita oleh media tersebut. Untuk menumbuhkan kembali konsentrasinya saat belajar, maka atur waktu anak untuk menonton televisi, memakai gadget agar tidak terlalu sering.

    5. Melatih ingatan dengan permainan

    Permainanan dalam mengingat sesuatu merupakan salah satu cara yang menyenangkan untuk melatih fokus dan konsentrasi anak. Permainan tersebut dapat di lakukan dengan menggunakan media digital seperti komputer atau tablet dengan aturan waktu tertentu.

    6. Berikan nutrisi yang cukup

    Asupan nuterisi yang baikpun merupakan salah satu faktor yang penting dalam meningkatkan daya konsentrasi anak. Berikanlah mereka beberapa makanan yang mengandung cukup vitamin dan mineral, yang di perlukan oleh tubuh. Andapun dapat memberikan mereka makanan untuk mengingkatkan kecaerdasan otak seperti ikan salmon, telur dan lain sebagainya.

    Nah, itulah beberapa tips jitu untuk meningkatkan daya konsentrasi anak. Semoga dapat membantu para orang tua untuk menumbuhkan daya konsentrasi anak yang baik, sehiongga prestasi akademik mereka dapat meningkat dan kelak mereka dapat menjadi anak sukses yang dapat membanggakan keluarga bahkan negara.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : September 14, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Telat haid

  • Oleh : Risma Imma
  • 3 tahun, 2 bulan yang lalu

    Saya mau Tanya. Wkt bulan 10 Saya haid Dari TGL 29-2 November. Kemudian akhir November Saya seprtinya ada kluar darah tapi semacam flek. Mulai December sampai sekrang tidk prnh lagi tpi Saya tespack masih negatif. Apakah itu bulan ketika flek kluar sudah terhitung telat datang bulan? Dan apakah Saya ada kemungkinan hamil tpi tespack masih negatif

    Tespack garis 2 tp samar

  • Oleh : Annita Zahara
  • 5 tahun, 3 bulan yang lalu

    Aku mau tanya, kmrn aku tespack tp garis 2 hanya 1 garis yang satu masih samar. Apakah sudah bs diartikan positif?

    telat haid

  • Oleh : dini nurhasanah
  • 2 tahun, 5 bulan yang lalu

    halo dok, saya 14 th, dan saya sekarang baru pertama kali telat haid,sudah 10 hari telat haid dan kebetulan dua bulan kemarin saya vaksin, nah setelah vaksin perut saya sering ada bunyi, dan denyutan gitu, dan sampai sekarang masih saya rasakan, dan sekarang perut saya keras seperti kembung, saya tidak tahu dari kapan perut saya keras, tapi saya baru menyadarinya kemarin kemarin, itu knpa ya?

  • Oleh : dini nurhasanah
  • Tidak mau menyusu langsung dan cara mengatasinya

  • Oleh : Mega Naila
  • 2 tahun, 7 bulan yang lalu

    Haloo,, anak saya baru berumur 2 bulan 18 hari, perkiraan 2 minggu yg lalu asi saya sempet seret dan anak saya jadi rewel karna masih haus, jadi saya selingi dengan sufor. Dan kadang jua pas waktu nen asinya kadang keluar deres jadinya dia rewel. Dan karna 2 minggu itu sering minum pake dot pas dicoba disusui langsung dianya gk mau🥺 kira2 bagaimana caranya agar anakku mau lagi langsung menyusu tanpa harus pakai dot terima kasih

  • Oleh : Mega Naila
  • Menghilangkan kebiasaan menghisap tangan

  • Oleh : Ramadhan
  • 6 tahun yang lalu

    Obat apa yg di gunakan untuk menghilangkan kebiasaan menghisap tangan pada anak

    Tanya Bidan