×

Tips Liburan Menyenangkan Di Rumah Bersama Anak

Bagikan Artikel :

Libur akhir semester dan tahun baru kini telah tiba. Anak-anak pastinya akan sangat bergembira apabila anda merencanakan untuk pergi berlibur bersamanya. Liburan sendiri sangat identik dengan tempat pariwisata berbau pantai, pegunungan, dan wahana permainann anak yang sangat mengasyikan. Namun, sayangnya anda pun kinui masih bergelut dengan masalah pekerjaan yang juga tidak bisa anda tinggaklkan.

Meski begitu, anda jangan sampai mengecewakan anak-anak yang kini tengah bersemangat untuk pergi berlibur. Sebagai solusinya, anda bisa mengganti semua jadwal liburan anda  tanpa harus pergi ke luar rumah. Caranya bagaimana? Yaitu dengan mengisi waktu liburan anak dengan berbagai ide-ide kreatif yang tentunya sangat menyenangkan dan mengasyikan bagi anak. Maka dengan begitu, anda dan keluarga bisa tetap menikmati waktu liburan bersama keluarga tanpa harus mengganggu pekerjaan anda.

Dan berikut tim curhat bidan akan memberikan tips liburan yang menyenangkan di rumah, yang bisa anda lakukan bersama si kecil dalam mengisi waktu liburannya. Dan berikut informasi lebih lengkapnya.

  • Mendekor kamar anak

Ajak anak anda untuk mendekor kamar pribadinya. Anda dapat menggunakan bahan-bahan sederhana yang mana juga dapat mengasah anak untuk menjadi lebih kreatif. Seperti halnya melukis atau menggambar, yang mana hasilnya akan di tempel ada dinding kamar anak. Selain itu, masih banyak cara lainnya, yang mana juga sekaligus dapat mengembangkan kreativitas anak.

  • Mengajak berkebun

Diperkenalkan dengan hal yang baru tentunya akan membuat sang anak menjadi senang. Salah satunya berkebun. Anda dapat membelikan mainanan berebuun untuknya, kemudian mnunjukkan bagaimana cara menggali, menabur bibit dan menanam sehingga dapat meperkenalkan proses sebab-akibat pada anak.

  • Permainan tradisional

Kini permainan tradisional sudah mulai terlupakan. Anak-anak kini lebih senang memilih bermain gadget. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika anda memperkenalkan permainan tradisional yang tak kalah seru dengan gadget, untuk mengisi liburan mereka. Seperti anda dapat mengajak mereka untuk bermain petak umpet, gundu atau main karet. Anda bisa melakukan berbagai permainan trsebut di sore hari. Selain mengasyikan, berbagai permainan tradisional ini nyatanya sangat bermanfaat dalam mengolah motorik kasar, strategi dan juga sosialisasi.

  • Membuat kue

Tips selanjutnya untuk mengisi waktu liburan anak agar tidak membosankan di rumah juga bisa anda lakukan dengan mengajak anak untuk membuat kue sederhana bersama anda. Krenas anak umumnya mudah bosan, sehingga beberapa kue sederhana tidak akan membuatnya menunggu terlalu lama.

  • Memasang kemah di halaman

Anda juga bisa mendirikan tenda di halaman rumah anda layaknya seperti sedang berada di alam bebas. Ajak juga anak untuk akan atau pun tidur di dalam kemah. Dengan kegiatan ini, anak anda akan antusias danbisa lebioh mengenalkan kegiatan-kegiatan baru kepadanya.

  • Menyanyi bersama

Anda juga mengisis hari libur mereka dengan mengajaknya bernyanyi bersama di rumah. Anda dapat mempersiapkan alat-alat musik mainan untuk anak anda yang suka belajar musik atau mengajarinya bernyanyi dengan menggunakan microphone sehingga membuat alat musik anda menjadi lebih asyik.

  • Mengajak anak anda bersepeda

Jika nada kini tidak emiliki waktu luang untuk mengajak anda berlibur, anda dapat mengajak anak anda kelilling komplek perumahan dengan menggunakan sepeda. Dengan begitu, selain anak anda tidak akan kembali merasa bosan dia juga akan semakin mengenal lingkungan sekitar rumahnya dan akan membuatnya semakin mudah untuk bersosialisasi dengan teman sebayanya.

Bagi anda yang kini tengah sibuk dengan berbagai masalah pekerjaan anda sehingga anda tidak  memiliki waktu luang untuk berlibur bersama keluarga, anda masih bisa berlibur di rumah sehingga anda tidak mengecewakan mereka terutama si anak. Anda bisa mengagendakan kegiatan-kegiatan di atas untuk mengisi waktu libur di rumah yang tidak akan membuat mereka bosan selama liburan. Bahkan dari studi yang telah di lakukan menyatakan bahwasannya melakukan waktu dengan aktivitas yang menyenangkan dapat membuat anak menjadi semangat. Terlebih bagi anak yang telah masuk sekolah, sehingga dapat meningkatkan kembali semangat saat mereka kembali bersekolah.

Nah, itulah berbagai tips liburan menyenangkan di rumah bersama anak yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda yang kini tidak dapat berlibur ke luar rumah.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : December 27, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Menambah berat badan bayi dalam kandungan dengan posisi bayi yang sungsang

  • Oleh : tylermcphillamy
  • 2 tahun, 3 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya Luna umur 29 tahun saat ini saya sedang hamil 36 minggu. MInggu lalu saya di opname karena mengalami ketuban yang rembes dan di sarankan untuk menjalani operasi caesar. Namun berat badan bayi dalam kandungan saya tergolong kecil dan di sarankan untuk menaikan berat badan bayi minimal 2 kg agar operasi caesar dapat di lakukan. Yang mau saya tanyakan bagaimana caranya menaikan berat badan bayi dalam kandungan. Mohon jawabannya

    Bagaimana cara membangun karakter anak lebih mandiri

  • Oleh : Gigin Gumay
  • 2 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat siang ibu bidan, begini saya ingin menanyakan tentang bagaimana cara membangun kepribadian anak, supaya dia bisa menjadi lebih mandiri gitu bu, biar ga manja, apa-apa harus selalu sama orang tuanya, itu kan kalau terlalu seperti itu ga baik kan ya bu? itu saja, terima kasih saya tunggu jawabannya.

    Umur Ideal Anak untuk Disunat

  • Oleh : Aolia SucCie Priyatna
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Adakah umur ideal bagi anak untuk disunat ? Sekarang ini umur anak saya baru menginjak 2 tahun. Apakah usianya masuk kriteria untuk disunat atau belum ? Mohon penjelasannya bu bidan. Terimakasih.

  • Oleh : Aolia SucCie Priyatna
  • Bayi diberi MPASI sebelum 6 bulan

  • Oleh : Hani fahrunnisa
  • 8 bulan yang lalu

    Hi Bu Bidan, bayi saya belum berusia 6 bulan tapi sudah terlanjur saya beri MPASI seminggu ini, apa saya harus menghentikan pemberian MPASI atau dilanjutkan saja ?

    telur bebek+madu

  • Oleh : fadlan lamarundu
  • 3 bulan, 2 minggu yang lalu

    pertanyaan pertama:
    apakah dgn meminum kuning telur bebek+madu baik untuk kesehatan?

    pertanyaan kedua:
    kalo memang dgn meminum kuning telur bebek+madu baik untuk kesehatan atau bnyk khasianya, sebaiknya untuk mengkonsumsi kuning telur bebek+madu itu baiknya pagi hari atau malam hari?

    semoga jawaban ibu bisa bermanfaat

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan