×

Tips Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi Anak

Bagikan Artikel :

Pada masa kanak-kanak, sangat penting bagi orang tua untuk memberikan asupan makanan bergizi dan penuh nutrisi untuk membangun tubuh mulai dari ujung kepala hingga kaki. Banyak makanan yang direkomendasikan untuk rutin dikonsumsi bagi anak untuk menunjang pertumbuhan otak dan tulang yang kuat. Namun meski demikian. Anda juga tidak boleh melupakan asupan makanan bergizi untuk pertumbuhan gigi atau kesehatan mulut.

Sebelum menjelaskan beberapa tips menjaga kesehatan mulut dan gigi anak, alangkah baiknya kita mengintip sekilas mengenai beberapa jenis makanan yang membantu pertumbuhan gigi dan kesehatan rongga mulut sejak masa kanak-kanan.

Related Posts :

    Daftar Menu Makanan Baik untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

    Susu dan keju
    Keduanya berguna untuk membantu menetralkan asam yang dihasilkan oleh bakteri plak dalam mulut. Selain itu, kedua jenis makanan ini rendah akan gula namun tinggi protein. Kemudian, susu dan keju juga mengandung kalsium yang bagus untuk menjaga kesehatan gigi.

    Daging tanpa lemak, unggas, ikan dan telur

    Daftar menu makanan ini mengandung fosfor dan kalsium yang berkhasiat untuk menjaga enamel gigi tetap kuat dari remineralisasi gigi. Hal ini juga merupakan proses dimana mineral redeposited ke gigi setelah dihapus oleh asam. Lemak ikan seperti salmon memberikan asam lemak tak jenuh ganda yang bisa mencegah penyakit gusi.

    Buah-buahan dan sayuran renyah
    Buah-buahan dan sayuran memiliki kandungan air yang tinggi sehingga mampu menyeimbangkan gula alami yang ada pada buah. Kedua jenis makanan ini juga mampu merangsang aliran air liur. Hal ini membantu untuk membersihkan gigi dengan membasuh partikel makanan dan asam yang dapat merusak gigi.

    Kacang
    Kacang yang renyah dapat membantu merangsang aliran air liur. Selain itu, kandungan proteinnya pun dapat memperkuat gigi. Kacang juga mengandung asam lemak tak jenuh ganda yang dapat mencegah penyakit gusi.

    Teh hijau

    Senyawa catechin pada teh hijau dapat melawan peradangan dan mengendalikan infeksi bakteri. Selain itu, hal ini juga dapat membantu mengurangi gejala penyakit periodontal dan mendorong pembentukan gusi yang sehat.

    Jadi itulah beberapa menu makanan sehat baik mulut dan gigi anak. Selain itu, berikut ini beberapa tips menjaga kesehatan mulut dan gigi anak, diantaranya yaitu:

    • Jangan mengkonsumsi permen dan makanan yang lengket lainnya serta makanan atau minuman yang terlalu manis
    • Hindari buah jeruk, lemon, tomat dan makanan asam lainnya. Sebaiknya konsumsi bersamaan dengan makanan lain untuk meminimalisir efek dari asam yang terdapat di dalamnya.
    • Hasil study juga menunjukkan bahwa kandungan antioksidan dan nutrisi lain dalam buah, sayur dan kacang dapat meningkatkan imunitas. Hal ini meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan bakteri dan peradangan, sehingga dapat membantu melindungi gigi dan gusi.
    • Cegah anak-anak tidur dengan sebotol susu formula yang penuh dengan gula karena dapat menyebabkan kerusakan gigi.
    • Mulai membersihkan gusi bayi selama beberapa hari pertama setelah lahir dengan kain lap yang bersih atau kasa basah. Setelah gigi bayi muncul, sikat gigi mereka untuk mencegah kerusakan sejak dini.

    Nah itulah beberapa tips merawat dan menjaga kesehatan mulut dan gigi anak tetap sehat serta kuat. Bila ada pertanyaan seputar kesehatan anak, silahkan bertanya pada kami di situs tanya bidan ini. Terimakasih, semoga bermanfaat !

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 18, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Keluar daraha bnyak setelah berhubungan

  • Oleh : Darin Darina
  • 2 minggu, 2 hari yang lalu

    Dok saya gak lagi haid taoi pas sesudah berhubungan begitu d lepas banyak keluar darah . Malah serti kagi haid ada gumpalan nya sesudah itu juga keluar lagi seperti haid biasa nya. Itu kenapa yaa

  • Oleh : Darin Darina
  • Seputar alat kelamin perempuan

  • Oleh : Nur Aulia
  • 7 bulan, 1 minggu yang lalu

    Assalamualaikum….
    nama saya:nurbella
    jadi saya mau tanya bulan lalu waktu puasa saya kebetulan mengeluarkan kayak darah itu apa keputihan warna coklat/itu mestruasi tapi keluarnya hanya sehari dan kali ini saya juga mengeluarkan kayak darah gitu itu apa ya bu bidan kalau sekarang kayak darahnya itu banyak itu pa menstruasi mohon dijawab yabu bidann
    [Terimakasih.wassalamualaikum wr.wb]

    Sulit makan MpAsi….,,

  • Oleh : THESSYA ULIANTRY
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Assalamualaikum,, bu bidan sya ibu aan dari kasturi,, yg waktu mw lahiran di ibu ga jadi krna ibu sakit,, bu saya mau konsul,, bayi sya udh berumur 6bln jalan mau 7 bln,, tpi ia ada keluhan dlm pencernaan makanan, semenjak makan MPAsi ia suka mual2 dan muntah gak cocok hingga sampai kekurangan cairan akibat dehidrasi dan wktu itu ibu ngasih obat mual,, sampai asi pun di muntah kan tpi dri obat ibu, asi bisa masuk lagi.
    Dan skrng sya bingung , anaknya sudah mau makan bngt,, lalu sya kasih alternatif lain yg alami,, yaitu ubi/ boled,, lalu ia pun suka dn ga muntah alhamdulillah,, tapi bu ia skrng bab terus dan ada darah sedikit hari ini saja,, mungkin karena ada dua hal, sya makan pedas wktu kemarin atau krna makan ubi,, mohon solusi dari ibu…..,,

    kesehatan

  • Oleh : Dian Poenya Raizo
  • 3 tahun, 1 bulan yang lalu

    Assalamu’alaikum Bidan saya mau tanya dalam istilah medis ada kata SADARI apa perlu kita mendatangi Bidan di kota kita dan dokter kandungan? bagaimana maksudnya?mohon dibalas.

    Menstuasi

  • Oleh : Humaira Humaira
  • 7 bulan, 1 minggu yang lalu

    Dok, saya mau konsul, saya sudah tidak ada menstruasi selama 2 bulan, tapi stelah dua bulan tidak ada menstruasi keluar bercak hitam selama 30 hari, keluarnya tidak banyak dok cuman sedikit, tapi saya takut apa itu penyakit.karena keluarnya seperti lem, lengket gitu dok.hanya itu
    Terimakasih dok

    Tanya Bidan