Tips Untuk Menjaga Kesehatan Mata Anak

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Kesehatan anak merupakan hal paling penting bagi orang tua. Kesehatan pada organ mata anak pun menjadi salah satu hal yang penting untuk orang tua perhatikan, pasalnya informasi mengenai dunia sekitar seperti bentuk, warna dan gerakan diambil oleh mata lalu dikirimkan ke otak untuk diproses. Oleh karena itu kesehatan mata anak sangat penting untuk menunjang proses belajar serta tumbuh kembang anak.

    Orang tua harus lebih memperhatikan kesehatan mata anak karena anak berbeda dengan orang dewasa yang masih belum mengerti bagaimanan menjaga kesehatan matanya, selain itu kesehatan mata anak masih rentan karena mereka masih dalam proses pertumbuhan sehingga harus diwaspadai dan diperhatikan dengan baik asupan makanannya.

    Kebiasaan-kebiasaan buruk yang sering dilakukan anak-anak setiap hari tanpa disadari bisa menimbulkan kerusakan pada mata, kebiasaan buruk yang menjadi penyebab kerusakan anak antara lain: menonton Tv terlalu lama serta terlalu dekat, bermain game seharian dikomputer, kebiasaan membaca dalam keadaan dan posisi yang salah, keturunan, memainkan handphone terlalu lama dan yang lainnya.

    Hal-hal sepele tersebut apabila terus dibiarkan bisa berdampak buruk bagi kesehatan mata anak Bunda. Bunda juga wajib tahu bagaimana cara untuk menjaga kesehatan mata anak agar mata anak tetap sehat. Berikut beberapa cara yang bisa bunda lakukan untuk menjaga ataupun merawat kesehatan mata anak:

    • Menjaga Kebersihan Mata

    Untuk menjaga kesehatan mata langkah awal yang perlu orang tua lakukan adalah mengajarkan anak untuk membersihkan mata secara rutin dan ajarkan untuk mencuci tangan sebelum memegang mata agar penyebaran kuman tidak sampai ke mata. Ketika mata anak kelilipan orang tua harus melarang anak mengucek ataupun menggosoknya karena hal tersebut bisa merusak kornea mata.

    • Mengajarkan Anak Senam Mata

    Bukan hanya tubuh saja yang perlu olahraga atau senam, senam juga bisa dilakukan untuk mata untuk merileks kan mata yang lelah. Caranya bunda hanya perlu mengajarkan anak untuk menggerakan matanya ke atas secara perlahan kemudian kekanan, kekiri dan kebawah. Lakukan hal tersebut secara rutin karena senam mata itu dapat membuat mata anak semakin tajam dan membuat mata yang lelah menjadi segar kembali.

    • Berikan Makanan Yang Menyehatkan Mata

    Bunda tentu sudah tahu makanan apa saja yang baik untuk kesehatan mata anak, memberikan makanan yang mengandung banyak vitamin A sangat baik untuk merawat dan menjaga kesehatan mata anak. Sumber vitamin A terdapat pada wortel, pisang, mangga dan yang lainnya, dan jangan lupa juga untuk memberikan makanan lain yang mengandung vitamin baik bagi mata.

    • Mengurangi Kebiasaan Buruk Anak

    Beritahu anak bahwa menonton TV terlalu lama, bermani didepan komputer, ataupun kebiasaan membaca sambil tidur bisa merusak mata. Untuk itu sebagai orang tua harus lebih pintar-pintar untuk memngajarkan anak mana yang baik dan yang tidak baik. Atau Bunda bisa mengajak anak bermani diluar,  menurut penelitian menunjukan bahwa menghabiskan waktu untuk bermain diluar setiap hari dapat membantu menjaga kesehatan mata dan mencegah terjadinya rabun jauh pada anak. Bunda bisa mengajak anak bermain diluar ketika cuaca sedang baik dengan proporsi waktu yang cukup.

    Itulah beberapa tips yang bisa membantu bunda untuk menjaga kesehatan mata anak agar mata anak tetap sehat. dan jangan lupa untuk secara rutin memberikan makanan yang banyak mengandung vitamin A dan juga secara perlahan bunda harus bisa menghilangkan kebiasaan buruk anak yang akan merusak mata. Melakukan pencegahan sedini mungkin adalah hal yang sangat baik untuk dilakukan sebelum tanpa disadari terjadi kerusakan mata anak yang parah. semoga bermanfaat

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - March 11, 2017
    Diskusi Dari:
    Indri Ekawaty

    Selamat pagi ibu bidan, saya sedang hamil usia 7 bulan, kok saya sering merasa perut saya tegang dan debaynya bergerak tapi saat debaynya gerak di vagina saya terasa ngilu, apakah itu bisa dbilang kontraksi palsu? Mohon penjelasannya?

    Dijawab Oleh : Indri Ekawaty
    Diskusi Dari:
    rosellagrishin3

    Assalamualaikum bu bidan.
    Sy nikah udah 5bulan tapi blom d kasih” momongan apa karna sy setiap abis hubungan sama suami lalu bak sperma ikit kluar ?? Itu Normal ataw gg ya

    Dijawab Oleh : rosellagrishin3
    Diskusi Dari:
    Indriana Puspa Aliansa

    Halo bu bidan, saya mau tanya, boleh tidak bayi usia 5 bulan diberi vitamin untuk daya tahan tubuhnya agar kuat ?

    Dijawab Oleh : Indriana Puspa Aliansa
    Diskusi Dari:
    Henny Diastara

    Selamat pagi, saya sedang hamil fase trimester pertama dan saya khawatir tentang flek yang terjadi saat hamil, yang ingin saya tanyakan apa penyebab munculnya flek darah saat hamil? Terimakasih

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    emilia

    Selamat sore bu bidan, saya merasa khawatir dan tidak tau kenapa akhir akhir ini haid saya tak kunjung datang juga. Semenjak saya melakukan kuret terhitung sekitar 5 bulan saya belum haid. Apakah tidak berbahya bu bidan ? Mohon penjelasananya

    Dijawab Oleh : emilia