×

Usia Berapa Anak Aman Mengkonsumi Makanan Pedas?

Bagikan Artikel :

Usia Berapa Anak Aman Mengkonsumi Makanan Pedas?

Makanan yang pedas memang membuat ketergantungan. Bahkan ada beberapa orang yang kalau makan nasi harus dengan lauk yang pedas. Hal ini aman-aman saja, asalkan tidak berlebihan. Jika orang dewasa boleh makan pedas, lalu bagaimana dengan anak?

Mendengar makanan pedas terkadang ibu langsung berpikir memberikan cabai pada anak. Padahal, untuk mengenalkan makanan pedas, ibu bisa mengenalkan rasa pedas yang berasal dari rempah aromatik. Rasa pedas yang dihasilkan dari rempah aromatik terbilang cukup ringan.

Selain dapat menambahkan rasa dalam makanan anak, rempah yang dikonsumsi memiliki kandungan antioksidan yang baik bagi kesehatan anak. Ada berbagai jenis rempah aromatik yang bisa bunda berikan pada anak, seperti bawang putih, jahe, ketumbar, cengkeh, kayu manis, pala, dan kapulaga. Ngomong-ngomong usia berapa anak aman memakan makanan pedas?

Related Posts :

    Waktu yang Tepat untuk Mengenalkan Makanan Pedas kepada Anak

    Ketika Bunda mengonsumsi makanan pedas atau berempah saat masa menyusui, sebenarnya Si Kecil juga turut merasakan rasa makanan tersebut melalui ASI yang diminumnya. Namun, pemberian makanan pedas secara langsung kepada bayi perlu dipertimbangkan lagi.

    Agar lebih aman, Bunda sebaiknya mulai mengenalkan Si Kecil dengan makanan pedas ketika ia sudah memasuki usia berikut ini:

    1. Usia 12 bulan
      Bunda dianjurkan untuk menunggu anak hingga berusia 12 bulan, bila ingin mengenalkan rasa pedas secara langsung. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko gangguan pencernaan atau alergi yang mungkin dialami Si Kecil.
      Untuk mengenalkan rasa pedas, Bunda bisa mulai memasukkan sedikit bahan rempah dengan cita rasa pedas yang bersifat ringan ke dalam makanannya, misalnya kayu manis dan pala.
    2. Usia 18 bulan
      Setelah anak berusia 18 bulan dan sudah terbiasa dengan makanan berempah yang memiliki rasa sedikit pedas, Bunda bisa memperkenalkan jenis rempah lain dengan rasa pedas yang lebih kuat, seperti cabai atau lada hitam, dalam jumlah sedikit.
      Namun, Bunda sebaiknya berhati-hati saat memberikan cabai segar atau bubuk kepada Si Kecil, karena mungkin ia akan merasa kepedasan dan berdampak pada kondisi kesehatannya.

    Cara Awal Mengenalkan Makanan Pedas Pada Si Kecil

    1. Memarut sedikit jahe atau satu siung bawang putih, lengkuas, kemudian ditambahkan ke dalam makanan Si Kecil
    2. Menambahkan bubuk kunyit, jintan, dan ketumbar ke dalam masakan yang berkuah
    3. Menambahkan bubuk kayu manis, pala, atau kapulaga ke dalam makanan manis, seperti puding atau oatmeal
    4. Meletakkan daun mint atau daun ketumbar sebagai hiasan pada menu makan Si Kecil

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : February 25, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    Umur Ideal Anak untuk Disunat

  • Oleh : Aolia SucCie Priyatna
  • 5 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Adakah umur ideal bagi anak untuk disunat ? Sekarang ini umur anak saya baru menginjak 2 tahun. Apakah usianya masuk kriteria untuk disunat atau belum ? Mohon penjelasannya bu bidan. Terimakasih.

  • Oleh : Aolia SucCie Priyatna
  • Telat Haid

  • Oleh : Sri Sariah
  • 1 tahun, 8 bulan yang lalu

    Hai dokter.. dok saya mau tanya, saya telat haid sudah 1 minggu.
    2 hari sebelum jadwal menstruasi saya sudah test dan hasilnya negatif.
    Akan tetapi seharusnya saya sudah haid ternyata belum, lalu apakah masih ada harapan untuk saya test lagi setelah 1 minggu telat haid ini berlalu???

  • Oleh : Sri Sariah
  • Rasa ganggu miss v pada wanita

  • Oleh : MEGA JULIANTI MANULANG
  • 1 tahun, 12 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya bunda Mega mau tanya soal ganguan yg saya alami sekarang.
    Sebelumnya saya sudah terlambat haid selama 38hari dan setiap akhir bulan biasanya siklus mens lancar hanya terkadang tanggalnya yg selalu acak, terakhir saya menstuasi bulan februari bu bidan.
    Tapi kenapa yaa bu miss v sering terasa seperti nyeri mau mens tapi bukan mens hanya kadang² keputihan biasa bu bidan.
    Waktu kemaren saya Minggu tgl 3 mei 2020 saya mengalami keram karena salah asumsi makanan, saya setelah buka puasa makan pedas habis itu saya minum susu, lambung nyeri, dan bagian bawah perut yg teramat sakit, saya mau perikasakan diri tapi berhubung wabah virus covid-19 jadi takut kerumah sakit bu bidan.
    Kiranya saya kenapa yaa bu bidan?

    Tekanan mental

  • Oleh : Faldi pratama Faldi pratana
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    Apakah orang yg terkena tekanan mental orang tua dan keluarga bisa bahagia?

  • Oleh : Faldi pratama Faldi pratana
  • Saya mau bertanya tantang kehamilan saya buk

  • Oleh : Suci Fikrinapuspita
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    Asalamualikum buk saya mau bertanya saya kan hpht tanggal 25 september buk saya tp tanggal 5 oktober hasil nya positif buk sya sampai tes 2 kali trus tnggal 9 sya keluar darah slam 3 hari kyak hait dan saya tp masih 2 gris nya jarak nya 2 minggu setelah berdarh dan sya tp kmarin kok bisa gris satu buk dan sya sampai sekarng jga ngak ada keluar darah lagi bun tpi perut smakin besar tolong penjelasan nya buk terimakasih

  • Oleh : Suci Fikrinapuspita
  • Tanya Bidan