×

Usia Berapa Anak Boleh Menggunakan Kawat Gigi?

Bagikan Artikel :

Usia Berapa Anak Boleh Menggunakan Kawat Gigi?

Susunan gigi yang rapi adalah idaman setiap orang termasuk anak-anak. Gigi yang rapi bisa membuat rasa percaya diri saat tersenyum. Tapi tak semua orang beruntung memiliki susunan gigi yang rapi dan indah. Jika gigi yang tidak rapi terjadi pada anak kita, selain membuat anak kurang percaya diri tentu akan membuat kita sebagai orang tua cemas dan khawatir. Untuk memperbaikinya, penggunaan kawat gigi anak bisa menjadi solusi.

Pemasangan kawat selain dapat mengembalikan fungsinya, gigi yang rapi akan membuat senyum menjadi indah sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri anak. Namun, sebagian dari orang tua mungkin masih mempertanyakan, pada umur berapa anak boleh pasang kawat gigi? Sebelum itu, kenali terlebih dahulu proses tumbuhnya gigi anak.

Usia yang Tepat untuk Pasang Kawat Gigi Anak

Perkembangan rahang dan pergantian gigi susu menjadi gigi dewasa umumnya mulai terjadi saat si Kecil menginjak usia enam tahun. American Association of Orthodontist merekomendasikan untuk mengevaluasi tumbuh kembang gigi anak saat usia 7 tahun.

Alasannya, pada usia ini, beberapa gigi permanen sudah muncul di dalam rongga mulut sehingga dokter gigi dapat mendeteksi jika ada kelainan dalam hubungan perkembangan rahang dengan gigi permanennya.

Sebenarnya, tidak ada patokan khusus untuk usia anak pakai kawat gigi. Namun, sebagian besar anak dapat memulai perawatan ortodontik di antara usia 9 dan 14 tahun.

Dokter gigi menganjurkan untuk memperbaiki masalah gigi sedini mungkin, saat anak Anda masih dalam masa pertumbuhan. Begitu pertumbuhan mereka terhenti, perawatan mungkin akan memakan waktu lebih lama.

Related Posts :

    Hal Yang Harus Diketahui Parents Saat Pemasangan Kawat Gigi pada Anak

    1. Kondisi gigi dan rahang perlu diperiksa terlebih dahulu.
    2. Pencetakan rahang atas dan rahang bawah untuk mendapatkan model gigi sebelum dilakukan perawatan ortodontik.
    3. Mempersiapkan mental dan menegakkan kedisiplinan dalam merawat kesehatan gigi dan mulut.
    4. Menghindari makanan-makanan yang manis atau lengket untuk menjaga kebersihan gigi dan behel. Sebab, sisa-sisa makanan mudah tersangkut pada komponen bracket.
    5. Lakukan dengan dokter gigi yang berkompeten atau dokter gigi spesialis yang memiliki pemahaman lebih mendalam.

    Berapa Lama Penggunaan Kawat Gigi Pada Anak ?

    Untuk menyelesaikan masalah gigi anak, lama penggunaan kawat gigi bisa bervariasi, yaitu antara 1,5 tahun hingga 3 tahun. Ini akan bergantung pada seberapa parah masalah gigi yang derita,kedisiplinan dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut, hingga kedisplinan anak dalam memeriksakan gigi ke dokter gigi.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : February 8, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Berhubungan sehari setelah menstruasi

  • Oleh : Agus Putra
  • 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat sore buk , saya mau bertanya seputar kehamilan,
    Jadi gini buk,saya mempunyai seorang pacar yang masih perawan,suatu hari saya ingin melakukan hubungan badan dengan pacar saya,kebetulan saya melakukan hubungan badan sehari setelah dia menstruasi(rada – rada masih haid ),jadi pas saya melakukan hubungan badan,saya sebelum sebelumnya itu sering sekali mengeluarkan sperma saya sehari bisa 1 smpek 2 kali,saya keluarin 3 hari berturut turut sebelum melakukan hubungan badan sama pacar saya,pas saat saya berhubungan badan,saya menyentuh vagina pacar saya dan saya merasakan kalau ada cairan yang kluar dari dalam vagina pacar saya,pas saya hirup baunya khas ( lendir ) perempuan,setelah itu saya cuma memasukan kemaluan saya ke vagina pacar saya sampai berbunyi ” krek “,dan itu pun saya cuma memasukannya,setelah itu langsung saya cabut,dan saya mengeluarkan sperma saya di luar vagina pacar saya,
    Pertanyaan saya,apakah dapat mengakibatkan kehamilan ?
    Dan seumpama kalau ada setetes sperma yg msuk kedalan vagina,apa dapat menyebabkan kehamilan pada saat mens/haid?

    Kehamilan Setelah KB

  • Oleh : Nelly Tampubolon
  • 3 tahun, 1 bulan yang lalu

    Assalamualaikum bu bidan …

    Nama saya Disti Hanifa, saya sudah menikah sekitar 4 bulan ini dan kemarin saya mengaja menggunakan KB jenis suntik 1 bulan sekali untuk menunda kehamilan dan sudah 2 kali ini saya menggunakan KB suntik bu. Sekarang saya mau program hamil dan saya mau bertanya, untuk kembali mendapatkan kesuburan setelah KB berapa bulan bu ? Terus makanan apa aja yang harus saja hindari supaya program hamil saya lancar.

    Terima kasih.

    Konsul hamil

  • Oleh : Nirwana Tanio
  • 1 tahun, 9 bulan yang lalu

    Assalamualaikum dok, saya ingin hamil tapi asi saya msh bnyak.. Apakah itu klebihan hormon atau gmna yah dok.. Anak saya sdh 3th lbih

    Memberi MPASI dini

  • Oleh : Ajeng Pujiyanti
  • 1 tahun yang lalu

    Bu bidan saya mau tanya ? Anak saya umur 4bln lebih 2minggu , saya memberinya dia MPASI dini karna anak saya sering rewel dan kalau KK nya lagi makan pasti dia ngeliatin nya sampe bibir nya cicip , pas saya kasih MPASI dini anak saya yang tadinya rewel langsung tertidur lelap . Pas bangun tidur selang beberapa menit dia BAB Bun ? Apa itu sudah biasa atau usus nya belum menerima?

  • Oleh : Ajeng Pujiyanti
  • haid tidak lancar

  • Oleh : fiddina muthiahwari
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    assalamualaikum ka,, saya fiddina mau tanya faktor tidak lancarnya haid berpengaruh ga sama anemia??..makasih

    Tanya Bidan