×

Waspada Cegukan Pada Anak Yang Berlangsung Terlalu Lama

Bagikan Artikel :

Waspada Cegukan Pada Anak Yang Berlangsung Terlalu Lama
Cegukan adalah terjadinya kontraksi secara tiba-tiba pada diafragma dan otot-otot interkostalis yang diikuti dengan penutupan glotis secara cepat. Akibat dari kontraksi yang tiba-tiba tersebut, maka akan terjadi hisapan udara secara mendadak ke dalam paru-paru melewati ruang pita.

Cegukan dapat terjadi kapan saja, pada usia berapa saja termasuk bayi dan anak. Cegukan umumnya akan berhenti dengan sendirinya dalam beberapa menit atau saat anak tidur. Secara umum, cegukan pada anak bukanlah keadaan yang perlu dikhawatirkan dan akan berhenti spontan.

Penyebab Cegukan Pada Anak

1. Makan/minum terlalu banyak atau terlalu cepat, atau terlalu pedas.

2. Tertawa secara berlebihan atau terlalu senang

3. Stress

4. Menelan udara terlalu banyak

5. Adanya perubahan suhu dari makanan yang ditelan (baik panas ataupun dingin)

6. Alergi terhadap protein tertentu yang ditemukan dalam susu formula atau bahkan dalam ASI dapat menyebabkan radang esofagus. Sebagai reaksi terhadap kondisi tersebut, diafragma sering menyebabkan cegukan. Dalam beberapa kasus, alergi bisa dipicu oleh perubahan komposisi ASI karena makanan tertentu yang dikonsumsi oleh ibu.

Apabila Anak Cegukan Lebih Dari Satu Jam

Jangan menganggap enteng cegukan yang berlangsung terus menerus lebih dari satu jam, apalagi jika cegukan sudah mengganggu aktivitas makan, tidur, dan bahkan bernapas. Sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter untuk memastikan ada/tidaknya kelainan yang lebih serius seperti adanya gangguan saraf diafragma, radang paru, kelainan di otak seperti tumor, penyakit ginjal, atau gangguan keseimbangan elektrolit. Cegukan yang berlangsung sampai 48 jam disebut sebagai persistent hiccups dan jika episode cegukan ini terjadi lebih dari dua bulan maka disebut sebagai intractable hickups.

Langkah-langkah Untuk Mempercepat Berhentinya Cegukan Pada Anak

1. Berikan minum air hangat

2. Menarik napas dalam tahan sebentar lalu dihembuskan

3. Tidur berbaring dengan lutut ditekuk

Cara Mencegah Terjadinya Cegukan Pada Anak

1. Jangan memberikan makan atau minum terlalu cepat

Related Posts :

    2. Berikanlah air putih satu sampai dua sendok teh kepada si bayi setelah minum susu.

    3. Jangan megajak bercanda kepada si bayi sesaat setelah minum susu, berikanlah waktu istirahat sekitar setengah jam setelah si bayi minum susu.

    4. Usahakan jangan memasukkan udara terlalu banyak saat minum susu.

    5. Sendawakan si bayi setelah minum susu.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 2, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Keputihan terus menerus

  • Oleh : Fithrotun Najihah
  • 2 tahun, 3 bulan yang lalu

    Assalamualaikum. Bu saya ingin menanyakan perihal keputihan. Saya keputihan semenjak saya duduk di krlas dua SMA itu hampir tiap hari. Sampai sekarang di waktu umur saya 24 juga masih mengalami hal yang sama. Saya sangat takut. Kadang keputihan itu warna putih kadang kekubingan mau ke hijauan. Kadang banyak dan berbau. Kadang tidak dok. Apa itu hal yg masih wajat atau bagaimana. Terus kalau mau di memeriksa biasanya di dokter spesialis apa dok. Terimakasih

    Impotensi

  • Oleh : Eko Priono
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    Dok saya mau tanya, saya kalo pagi hari ereksi, tp kalo kalo udah sore ereksi tp cuma sebentar, untuk obat yang aman menyembuhkan impoten apa dok

    Amankah episiotomi saat persalinan?

  • Oleh : Muhammad Hanif Maulana
  • 4 tahun, 10 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan, saat ini saya sedang mengandung usia 8 bulan, dan setelah melakukan USG ternyata bayi saya mempunyai berat badan yang tergolong bayi besar. Kata dokter, saya lebih baik melakukan episiotomi. Tetapi saya ragu dan takut akan rasa sakitnya, dan apakah episiotomi itu amak dilakukan? Mohon penjelasannya, terimakasih

    Merasa tidak nyaman di MissV

  • Oleh : azizah Rahmani putri
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    Assallamualaikum bu bidan,
    Saya umur 19 tahun dan belum sama sekali melakukan hubungan seksual. sudah 2 minggu an saya merasakan tidak nyaman di lubang vagina saya, seperti ada yang mengganjal atau merasa ada gelembung di dalam lubang vagina,kadang kalo di buat duduk itu terjadi Queefing (tidak berbau). Setelah Queefing tetap saja terasa gelembung di lubang vagina dan sangat tidak nyaman. Kejadian itu terjadi setiap malam,di jam tidur. apakah itu termasuk ke dalam penyakit yg berhubungan dengan kandungan atau semacam nya? Tindakan apa yang harus saya lakukan?

    Promil

  • Oleh : rosellagrishin3
  • 4 tahun, 5 bulan yang lalu

    Assalamualaikum bu bidan.
    Sy nikah udah 5bulan tapi blom d kasih” momongan apa karna sy setiap abis hubungan sama suami lalu bak sperma ikit kluar ?? Itu Normal ataw gg ya

    Tanya Bidan