×

Yuk Ajarkan 3 Kata Ajaib Ini pada Anak

Bagikan Artikel :

Baru-baru ini netizen Indonesia dihebohkan oleh sosok anak kecil periang bernama Kirana seorang anak balita perempuan yang sangat pintar dan lucu sehingga banyak orang yang mengaguminya. Tentu tumbuh kembang Kirana tak lepas dari peran ibu nya yaitu Ibu Retno yang mengajarkan berbagai macam hal dan gaya parenting nya yang dinilai banyak orang sangat bagus. 

Nah, salah satu hal yang sering diajarkan oleh Ibu Ratna kepada Kirana adalah mengajarkan kata please, sorry dan thank you atau tolong, maaf dan terima kasih saat melakukan aktifitas di rumahnya. Walaupun kata-kata tersebut sangatlah sederhana namun makna nya sangat lah dalam seperti mengingat kita adalah manusia yang selalu butuh bantuan, tak lepas dari kesalahan dan bersyukur untuk anugerah-Nya.

Tak salah kan bila kita mengajarkan meniru gaya parenting dari Ibu Ratna ? Yuk kita cek apa saja manfaat nya bagi anak :

  • Kata Tolong, Maaf dan Terima Kasih menjadi penghubung antara sesama

Seperti dikatakan sebelumnya jikalau 3 kata ajaib itu menjadi penghubung kita dengan orang lain sehingga si kecil nantinya akan disenangi saat bergaul dengan teman-teman. 

Contoh nya saja kata “please/tolong” mengajarkan anak ketika kita membutuhkan bimbingan orang lain tentunya kita akan bertanya dan meminta bantuan pada orang lain, begitu juga dengan kata “sorry/maap” tidak secara langsung kita mengajarkan anak bahwa manusia itu penuh ketidak tahuan dan kekurang sehingga tidak lepas dari kesalahan. Begitu pula dengan kata “Thankyou/Terima kasih” bentuk rasa syukur atas bantuan orang lain. Mereka yang tidak tahu berterima kasih hidupnya akan dipenuhi kesedihan. 

  • Mengajarkan anak untuk tidak hidup egois

Di zaman yang modern ini hidup menjadikan kita hidup sendiri sehingga tidak sempat memikirkan orang lain. Padahal ritme hidup seperti ini tanpa sadar tumbuh dari sisi egois diri sendiri. Memang betul setiap orang memiliki tujuan hidup sendiri-sendiri namun apapun yang dilakukan bersama tentu akan menyelesaikan masalah lebih cepat dan mudah. Oleh karena itu dengan kata please, sorry dan thankyou anak akan terbiasa untuk berkata tolong saat meminta bantuan, terima kasih saat mendapat bantuan dan meminta maaf saat melakukan kesalahan ?

  • Mengajarkan anak untuk berempati dan mensyukuri segala kebaikan di bumi

Dengan diajarkan kata Please, Sorry dan Thank You anak secara tidak langsung mengajarkan etika dan sopan satun, kerendahan hati dan menghargai segala kebaikan sekecil apapun. Dengan belajar 3 kata tersebut juga si anak akan menjadi seorang manusia seutuhnya.

 Walaupun terlihat mudah, namun sering sekali sulit diterapkan oleh karena itu ajarkan pada anak secara berulang saat beraktivitas pada momen yang tepat pastinya. Misalnya :

“Adek, tolong dong ambilkan botol susu yang kosong dikamar”

Related Posts :

    “Maaf ya Sayang, Mama pulang terlambat karena harus ke dokter dulu”

    “Terima kasih ya sayang, sudah membantu memberekan mainan, besok selesai bermain mainan nya masukin lagi ke dalam kotak yah”

    Selain itu juga agar anak lebih terbiasa sebaiknya dimulai dari diri orang tua dan lingkungan rumah terlebih dahulu sehingga anak akan lebih terbiasa dan secara otomatis ia akan meniru.

    Bagaimana tips diatas sangat bermanfaat bukan ? Aplikasikan tips di atas bersama buah hati anda yah bunda. Semoga artikel curhat bidan diatas dapat menambah inspirasi anda. SEMOGA BERMANFAAT

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : December 6, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Apakah Nyeri Haid Mempengaruhi Kesuburan ?

  • Oleh : Risky nur
  • 5 tahun, 11 bulan yang lalu

    Assalamualaikum bu bidan, saya sering mengalami sakit ketika sedang menstruasi, rasa sakitnya seperti di remas atau dililit dan ini selalu membuat tubuh saya lemas. Apa itu berbahaya ? Lalu apa ada pengaruhnya pada kesubura ? Makasih bu bidan sebelumnya.

  • Oleh : Risky nur
  • Menstruasi

  • Oleh : Shaqina Yunika Dewi
  • 1 tahun, 3 bulan yang lalu

    Dok saya masih 17 tahun, terakhir saya haid itu tanggal 24/25 februari dibulan lalu, diwaktu seharusnya haid malah keluar seperti flek saya gatau namanya, itu apa ya dok dan keluar nya sesekali sampe sekarang msh keluar tapi hanya sesekali,saya juga ada foto nya

  • Oleh : Shaqina Yunika Dewi
  • Bahaya kah hamil muda minum sprite dan makan nanas

  • Oleh : Rian Rian
  • 1 tahun, 5 bulan yang lalu

    Assalamualaikum wr.wb

    Maaf ibu bidan mau bertanya bahaya gak sih hamil muda ,dengan kehamilan baru 1 minggu 5 hari makan nanas dan minum Sprite untuk kandungan

  • Oleh : Rian Rian
  • Tidak mau menyusu langsung dan cara mengatasinya

  • Oleh : Mega Naila
  • 11 bulan, 4 minggu yang lalu

    Haloo,, anak saya baru berumur 2 bulan 18 hari, perkiraan 2 minggu yg lalu asi saya sempet seret dan anak saya jadi rewel karna masih haus, jadi saya selingi dengan sufor. Dan kadang jua pas waktu nen asinya kadang keluar deres jadinya dia rewel. Dan karna 2 minggu itu sering minum pake dot pas dicoba disusui langsung dianya gk mau🥺 kira2 bagaimana caranya agar anakku mau lagi langsung menyusu tanpa harus pakai dot terima kasih

  • Oleh : Mega Naila
  • benjolan

  • Oleh : jessica kheai
  • 2 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat sore ibu bidan,, saya ibu rumah tangga usia 32 thn. Payudara sebelah kiri ada benjolan yg bs pindah pindah jika ditekan, dan kelenjar getah bening bawah ketiak membesar dan keduanya tdk kunjung hilang kurun waktu 1 thn belakang ini. Tdk terasa sakit at keluhan lainnya. Apa itu tanda2 dr kanker payudara? Terima ksh

    Tanya Bidan