Apa Sih Manfaat Kenaikan Berat Badan Saat Hamil ?

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Apa Sih Manfaat Kenaikan Berat Badan Saat Hamil ?

    Saat sedang hamil, Anda tentu harus rajin memantau perkembangan berat badan untuk menunjang tumbuh kembang janin. Kenaikan berat badan saat hamil bukan hanya sekedar penumpukan lemak melainkan karean tumbuh kembang janin, pertambahan berat rahim, volume darah, plasenta, pembesaran payudara dan juga cairan ketuban.

    Tapi berat badan yang berlebih saat hamil juga tidak boleh karena bisa beresiko terhadap ibu dan janinya juga. Jika berat badan berlebih sebaiknya ibu mengurangi berat badan dengan cara melakukan olahraga serta kurangi makan makanan tidak sehat, seperti makanan manis dan tinggi lemak. Berat badan berlebih saat hamil juga meningkatkan risiko bayi mengalami gangguan kesehatan dan mengalami obesitas di masa kanak-kanak.

    Alasan Pentingnya Kenaikkan Berat Badan Saat Hamil

    1. Ibu hamil harus menyimpan lemak yang akan menjadi makanan untuk bayi

    2. Ibu hamil mengalami pembesaran rahim dan persiapan menyusui sehingga ibu hamil harus mengalami kenaikan berat badan

    3. Ibu hamil akan mengalami pertambahan darah sehingga kenaikan berat badan disesuaikan dengan usia kehamilan

    4. Pertumbuhan janin menjadi alasan utama ibu hamil mengalami kenaikkan berat badan

    5. Terdapat plasenta, cairan lainnya dan juga air ketuban yang menjadikan kenaikkan berat badan pada ibu hamil.

    Risiko Jika Berat Badan Saat Hamil  Kurang

    1. Persalinan yang sulit dan juga lama

    2. Persalinan yang lebih awal atau prematur

    3. Perdarahan pada persalinan

    4. BBLR (berat badan lahir rendah)

    5. Kesehatan dan keadaan janin yang terganggu

    6. Kelainan sistem saraf pusat pada janin

    7. IUGR atau pertumbuhan janin yang terhambat

    Kategori Berat Badan Ideal Ibu Hamil

    1. Apabila ibu hamil sebelum hamil memiliki berat badan normal, maka kenaikan berat badan sebaiknya 9-12 kg.

    2. Ibu hamil yang memiliki berat badan berlebih sebaiknya kenaikan berat badan 6-9 kg.

    3. Pada ibu yang memiliki berat badan yang kurang kenaikan berat badan diantara 12-15 kg.

    4. Berbeda dengan ibu hamil kembar sebaiknya kenaikan berat badan dipertimbangkan sesuai dengan jumlah bayi yang dikandung.

    Pantau Kenaikan Berat Badan Saat Hamil

    Pantau kenaikan berat badan anda selama kehamilan dengan pemeriksaan kehamilan dan konsultasikan selalu dengan dokter anda apabila mengalami gangguan sulit mengalami kenaiakan berat badan sehingga mendapatkan solusi yang terbaik untuk kesehatan anda dan janin. Jangan lupa setiap kali kontrol ke dokter tanyakan apakah kenaikan berat badan Anda sesuai atau tidak

    Penulis : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd.Keb - September 20, 2018
    Diskusi Dari:
    Hilman Suhilman

    Selamat siang bu bidan , Pada saat hamil 24 minggu dokter baru memberirahukan ke saya bahwa janin yang dikandung mengalami gangguan perkembangan. setelah saya kontrol 2 minggu kemudian dan dilakukan USG, dokter menyatakan janin saya tidak bernafas lagi, dan sepertinya sudah tidak ada sekitar 1 minggu. Yang ingin saya tanyakan apa penyebab gangguan pertumbuhan pada janin dan apakah bisa diketahui dari awal kehamilan?

    Dijawab Oleh : Hilman Suhilman
    Diskusi Dari:
    richamayati

    Selamat siang, saya mau menanyakan perihal menstruasi saya.

    Bulan November saya haid tanggal 18 namun di hari pertama cuman dikit dan itu pun berwarna coklat. Namun pas bulan desember hingga sekarang saya belum haid lagi. Apakah ini merupakan tanda kehamilan atau gejala telat datang bulan? Mengingat pas remaja saya juga pernah tidak haid selama 3 bulan. Mohon jawabannya.

    Dijawab Oleh : richamayati
    Diskusi Dari:
    Ai Ni

    Sore bu, saya mau nanya nih.
    Saat ini saya mengandung usia kehamilan 8 bulan, menjelang melahirkan saya menjadi banyak ketakutan sekali. Takut terjadi apa-apa saat persalinan yang nantinya bisa meibuhayakan saya maupun bayi saya. Apalagi setelah saya meibuca beberapa artikel yang menyebutkan bahwa angka kematian ibu saat melahirkan lumayan tinggi. Nah yang mau saya tanyakan ialah, sebenarnya apa sih penyebabnya kematian ibu melahirkan tersebut? Mohon infonya ya. Terimakasih

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Indriana Puspa Aliansa

    Halo bu bidan, saya mau tanya, boleh tidak bayi usia 5 bulan diberi vitamin untuk daya tahan tubuhnya agar kuat ?

    Dijawab Oleh : Indriana Puspa Aliansa
    Diskusi Dari:
    THESSYA ULIANTRY

    Assalamualaikum,, bu bidan sya ibu aan dari kasturi,, yg waktu mw lahiran di ibu ga jadi krna ibu sakit,, bu saya mau konsul,, bayi sya udh berumur 6bln jalan mau 7 bln,, tpi ia ada keluhan dlm pencernaan makanan, semenjak makan MPAsi ia suka mual2 dan muntah gak cocok hingga sampai kekurangan cairan akibat dehidrasi dan wktu itu ibu ngasih obat mual,, sampai asi pun di muntah kan tpi dri obat ibu, asi bisa masuk lagi.
    Dan skrng sya bingung , anaknya sudah mau makan bngt,, lalu sya kasih alternatif lain yg alami,, yaitu ubi/ boled,, lalu ia pun suka dn ga muntah alhamdulillah,, tapi bu ia skrng bab terus dan ada darah sedikit hari ini saja,, mungkin karena ada dua hal, sya makan pedas wktu kemarin atau krna makan ubi,, mohon solusi dari ibu…..,,

    Dijawab Oleh : THESSYA ULIANTRY