Apa yang Akan Terjadi Jika Janin Kekurangan Nutrisi

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Tanya Bidan – Kebutuhan akan nutrisi yang baik dan juga seimbang bagi anak diawali sedari awal mungkin, yang tepatnya sejak seribu hari pertama kehidupan sikecil. Bayi dalam kandungan sudah membutuhkan nutrisi dan gizi yang baik, karena janin sedang dalam tahap proses tumbuh kembang. Lantas apa yang akan terjadi jika janin dalam kandungan tidak mendapatkan nutrisi yang cukup ?

    Ini yang Akan Terjadi Jika Janin Kekurangan Nutrisi 

    Janin dalam kandungan sebenarnya baik terhadap ibunya. Apabila ibunya tidak memberikan asupan nutrisi yang lengkap dan tidak terpenuhi dalam jumlah yang cukup, maka janin bisa beradaptasi dengan hal ini. Tetapi beradaptasinya itu akan memberikan dampak negatif yang cukup serius.

    Ketika seorang ibu hamil tidak memberikan nutrisi yang tepat untuk janin dalam kandungannya, maka janin akan mengecilkan semua organ vitalnya, seperti jantung, ginjal dan juga hati. Ukurannya tidak hanya mengecil tetapi juga organnya bisa semakin terbatas. dan kemungkinan akan terlahir dengan ukuran fisik yang kecil. 

    Baca Juga : Ketahui Manfaat Penting Vitamin D Untuk Kesuburan dan Kehamilan

    Oleh karena itu, ibu sebaiknya harus menjaga janin agar mampu terlahir dengan ukuran yang normal, dan juga mampu lahir dengan organ organ vital yang juga dapat berfungsi sebagaimana mestinya. 

    Dilihat dari segi medis, pertumbuhan akan bayi hingga ia berusia 1 tahun sangatlah pesat. Hal ini tentunya tidak perlu untuk diperdebatkan bahwa selama makanan pertama dan utama sikecil saat berusia di 6 bulan pertamanya adalah ASI. Pemberikaan ASI selama 6 bulan saja sudah termasuk dalam langkah yang luar biasa, karena nutrisi yang dibutuhkan bayi sudah lengkap dalam ASI. 

    Pada umumnya ketika usia bayi menginjak 6 bulan keatas, orang tua malah mulai melonggarkan pemberikaan nutrisi. Nah inilah sa;ah satu kesalahan yang sebaiknya mama koreksi, karena pada masa ini ASI ternyata tidak memnuhi kebutuhan bayi yang juga setiap perkembangannya meningkat. pada saat inilah mama seharusnya menambahkan asupan makanan yang bisa mendukung tumbuh kembang sikecil setelah usianya 6 bulan. 

    Dan perlu untuk diketahui juga, sampai menginjak masa pubertas sekali pun , anak masih membutuhkan asupan nutiri yang cukup. Seperti tidak lupa dalam pemberian 10 Makanan Yang Dapat Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak. Dan barulah setelah masa pubertas, barulah seorang ibu bisa bernapas lega. Namun bukan berarti orang tua melepas kontrol terhadap pola makan serta asupan yang memberikan nutirisinya. Pola makan anak juga harus tetap diawasi supaya tidak berlebihan. Maka dengan ini, pertumbuhan sang anak akan tetap tumbuh dengan baik. 

    Penulis : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd.Keb - November 7, 2016
    Diskusi Dari:
    Uchi Susilawati

    Assalamualaikum Selamat pagi bu bidan, saya mau tanya kita sebagai wanita kan akan mengalami fase fase sulit seperti menstruasi, hamil, pasca melahirkan dan lain sebagainya. Nah makanan seperti apa yang dianjurkan untuk kita (wanita) agar kesehatan kita tetap terjaga dan seimbang? agar kita tidak rentan lelah atau terserang penyakit. Terimkasih bu bidan Wassalam…

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Milda

    Selamat siang, mohon sarannya ya bu bidan untuk jenis persalinan apa yang baik untuk saya nanti. Saat ini saya mengandung usia 5 bulan. Saya mempunyai riwayat penyakit asma, namun memang sejak saya mengandung penyakit saya tidak pernah kambuh lagi. Sebaiknya saya menjalani persalinan normal atau harus operasi caesar ya? Saya juga baru pertama kali hamil dan ada sedikit rasa takut akan rasa sakit nanti saat persalinan. Terimakasih sebelumnya.

    Dijawab Oleh : Milda
    Diskusi Dari:
    Rikha Fatimah

    Halo bu bidan, saya wanita yang sudah menikah dan usia pernikahan saya 7 bulan tapi belum juga hamil. Saya juga sering menstruasi sambil merasakan nyeri dibagian perut kadang rasa sakit itu masih bisa saya tahan tapi beberapa kali rasa sakitnya tidak bisa saya tahan lagi dan harus minum obat dari dokter. Jika tidak diminum, saya bisa mual dan muntah setelah minum obat rasanya sakit berkurang. Jadi saya mau tanya bu bidan, apa di dalam alat reproduksi saya ada yang salah ? Mungkin kista atau apa ?

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Dessi Yudha Arisandy

    Assalamualikum bu bidan, nama saya Filza Syafira. Saya mau bertanya kira – kira biaya untuk cek kesuburan suami istri butuh berapa ya ? Rincian pemeriksaannya seperti apa aja bu ? Terima kasih, mohon dijawab.

    Dijawab Oleh : Dessi Yudha Arisandy
    Diskusi Dari:
    Day

    apakah tidak apa apa jika ibu hamil penderita asma menggunakan inhaler? apa pengaruhnya pada bayi di dalam kandungan?

    Dijawab Oleh : Day