Apakah Boleh Mengkonsumsi Sushi Saat Hamil?

Apakah Boleh Mengkonsumsi Sushi Saat Hamil?Bidan Online,-  Mungkin diantara anda sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini, ya sushi menjadi makanan yang banyak di gemari masyarakat Indonesia. Makanan khas Jepang ini bahkan sudah mendunia dan sangat digemari semua kalangan mulai dari anak kecil, ibu hamil, hingga lansia. Ya tidak sedikit ibu hamil yang mengkonsumsi sushi karena memang sebelum hamil makanan tersebut menjadi makanan favoritnya. Namun apakah sushi ini aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan aman bagi janin dalam kandungan? untuk menjawab rasa penasaran anda yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Masa kehamilan tentunya menjadi masa yang sangat berharga bagi setiap wanita. Tidak hanya membuat para wanita merasa bahagia saja nyatanya kehamilan juga dapat menjadi tantangan tersendiri bagi para wanita. Saat menjalani masa kehamilan tidak jarang para ibu merasakan keluhan atau perubahan yang dirasakan. Nah itu yang menjadi tangan tersendiri bagi setiap wanita saat hamil. 

Tidak hanya adanya keluhan saja, nyatanya ibu hamil harus lebih memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Karena jelas makanan yang di konsumsi ibu hamil menjadi makanan bagi janin dalam kandungan. Tentunya setiap ibu hamil diharuskan untuk mengkonsumsi makanan bergizi guna menunjang kesehatan ibu dan perkembangan janin dalam kandungan. Tidak setiap makanan boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Beberapa contoh makanan yang sebaiknya dihindari yaitu keju atau produk susu mentah karena dapat memicu gangguan kesehatan hingga masuknya bakteri kedalam tubuh.

Lalu bagaimana dengan sushi? ya makanan favorit khas Jepang ini memang sangat mudah digemari. Bahkan ibu hamil tidak luput ingin mengkonsumsinya. Sushi memang merupakan makanan sehat yang kaya akan kandungan nutrisi. Hingga saat ini memang belum ada penelitian yang membuktikan jika mengkonsumsi sushi dapat berakibat fatal pada kehamilan. Namun perlu di ingat kebanyakan sushi terbuat dari nasi yang dicampur dengan ikan mentah atau setengah matang. Nah ini yang menjadi masalahnya makanan mentah terutama ikan memang diklaim tidak disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil karena dapat membawa bakteri masuk kedalam tubuh dan berbahaya bagi janin.

Sebenarnya ibu hamil masih dapat mengkonsumsi sushi namun dalam jumlah yang sedikit dan disarankan untuk mengkonsumsi sushi matang. Ikan salmon memang menjadi jenis ikan yang sering ditemukan pada sushi. Ikan salmon yang mentah ditakutkan mengandung merkuri juga bakteri yang jika dikonsumsi ibu hamil dapat menyebabkan gangguan kesehatan. 

Kandungan merkuri pada ikan yang sudah terkontaminasi dapat menyebabkan gangguan sistem saraf pada janin. Tidak hanya itu saja nyatanya ikan mentah pada sushi dapat menyebabkan keracunan makanan. Pada dasarnya ibu hamil masih aman mengkonsumsi sushi namun pastikan untuk mengkonsumsi sushi yang matang saja sehingga bebas dari bakteri dan parasit yang membahayakan janin.

Baca juga artikel lainnya:

Tips Mengatasi Stres Saat Hamil Yang Tepat dan Benar

Tips Ibu Hamil Agar Bayi Cerdas Sejak Dalam Kandungan

Inilah Bahaya Minuman Bersoda Jika Di Konsumsi Ibu Hamil

Daftar Makanan Ibu Hamil Agar Kulit Bayi Atau Janin Putih Bersih

Tips Memilih Susu Ibu Hamil Yang Terbaik dan Bagus

Citra Dewi Amd.Keb - August 9, 2017
Diskusi Dari:
Bunga Handayani

Siang Dok, Saya wanita berusia 22 Tahun mau bertanya tentang flek yang keluar seperti menstrulasi. Saat ini, saya sering kali haid yang tidak teratur yang sering kali mundur dan maju setidaknya 6 bahkan 10 hari dari tanggal bulan kemarin. Saat ini tubuh saya sering merasakan gejala gejala akan datangnya haid, namun tidak kunjung datang juga bahkan hanya keluar flek hitam sedikit saat cebok setelah buang air kecil. Sampai saat ini saya mersakan nyeri di bagian punggung dan kram dibagian perut seperti haid namun tak kunjung juga. Apakah ini kondisi yang normal dirasakan?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Winda

Selamat siang,
Saat ini istri saya tengah mengandung dan sering sekali mengalami mual dan muntah. Selain itu, saya lihat berat badannya malah sedikit menurun. Apa ini berbahaya? dan apa yang menjadi penyebab turunnya berat badan istri saya, apa mungkin ada hubungannya dengan gejala mual muntah yang dialami oleh istri saya?

Dijawab Oleh : Winda
Diskusi Dari:
Tivaa Rachmawati Putri

Siang bu bidan, saya sedang hamil muda anak pertama bu bidan. Katanya ada salah satu gangguan mental yang bisa terjadi pada ibu hamil muda yang dinamakan dengan “Baby Blues”. yang ingi saya tanyakan apa sih itu baby blues? benarkah sering menyerang ibu hamil muda? jika benar bagaimana cara saya untuk menghindarinya? lalu seperti apa gejala baby blues tersebut? saya khawatir bu, mohon untuk dijawab bu bidan. Terimakasih

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
puji

Selamat malam Bu bidan mau saya Santi Nuranti ibu satu anak usia 23thn,Bu saya sedang hamil 18week dan terdistraksi terkena herpes,awalnya flu dan Kuti pada lengan memerah dan perih lama kelamaan an bergelembung seperti luka bakar apa ini termasuk herpes zoster Bu?? Apa bahaya untuk janin saya?? Penanganan yg tepat itu apa ya??

Dijawab Oleh : puji
Diskusi Dari:
Mohammad ikhsan

Saya mau bertanya, kok akhir akhir ini saya sering sekali merasakan sakit pada bagian kaki dan tangan saya ya dok? Rasanya itu cenat cenut, muncul tiba tiba dan bahkan hilang secar tiba tiba. Ini sakit apa ya dok? Terus bagian mana agar ini tidak terjadi terus menerus?

Dijawab Oleh : Mohammad ikhsan