×

Kenali Bahaya Dari Sabun Mandi Untuk Kesehatan Organ Kewanitaan

Bagikan Artikel :

Bidan Online | Organ intim wanita merupakan salah satu bagian terpenting bagi seorang wanita. Menjaga kesehatan dan kebersihan organ intim wanita perlu mendapat perhatian ekstra bagi semua kaum wanita karena daerah atau lokasinya yang cukup rumit, tidak terlihat dan juga sulit untuk dijangkau. Jika tidak terjaga kebersihan dan kesehatan nya tentu bisa menyebabkan tumbuhnya bakteri dan jamur sehingga akan berdampak buruk bagi kesehatan kewanitaan.

Untuk menghindari hal-hal buruk yang berhubungan dengan kesehatan kewanitaan, maka semua kaum wanita dianjurkan untuk selalu memperhatikan kebersihan nya untuk tetap kering, sering mengganti pakaian dalam, dan hindari membasuh organ intim wanita dengan sabun mandi. Mungkin masih banyak wanita yang selalu membasuh organ intim nya dengan menggunakan sabun mandi. Padahal itu akan membahayakan kesehatannya. Sudah tau apa bahayanya? simak selengkap nya…

Bahaya Sabun Mandi Bagi Kesehatan Organ Intim Wanita

Daerah kewanitaan yang lembab akibat dari menstruasi atau keringat, tidak jarang akan membuat kaum wanita ingin membasuhnya sampai bersih. Namun ternyata bagi anda yang suka membersihkan organ intim wanita dengan sabun mandi sebaiknya hindari dari mulai sekarang. Karena, beberapa penelitian menunjukkan bahwa membersihkan organ intim wanita dengan menggunakan sabun mandi dan tanpa memperhatikan kandungan apa saja yang ada di dalamnya malah bisa membuat seorang wanita berpotensi untuk terkena infeksi bahkan menyebabkan penyakit seksual yang menular.

Related Posts :

    Hal ini dikarenakan sabun mandi bisa merusak tingkat pH alami pada daerah kewanitaan. pH alami pada organ intim wanita ini berfungsi untuk menjaga kelembapan organ intim wanita sehingga bisa mencegah perkembangbiakkan bakteri dan jamur. Apabila pH alami pada daerah organ intim wanita tersebut terganggu maka akan sangat menguntungkan bagi para bakteri dan jamur patogen untuk berkembangbiak.

    Perkembangbiakan itulah (bakteri dan jamur) yang nantinya akan berdampak pada masalah organ intim kewanitaan, sampai tak jarang akan menyebabkan penyakit herpes yang bisa menginfeksi organ intim wanita, menyebabkan bau tidak sedap pada organ intim wanita, dan juga bisa menyebabkan masalah keputihan patologis yang berbahaya. Selain menggunakan sabun mandi, para peneliti juga menyarankan bagi kaum wanita untuk tidak menggunakan produk kewanitaan yang berbahan kimia yang juga bisa merusak pH alami kewanitaan.

    Nah akan lebih baik lagi jika para wanita menggunakan bahan-bahan alami dari alam untuk membersihkan organ intim wanitanya agar terhindar dari masalah kesehatan wanita. Seperti daun sirih, daun kemangi atau bahan alami lainnya yang aman untuk daerah kewanitaan.

    Jika anda memutuskan untuk tetap menggunakan produk kewanitaan, sebaiknya gunakan untuk bagian luarnya saja dan jangan sampai produk tersebut masuk ke bagian dalam organ intim wanita, karena akan membuat organ intim menjadi kering dan membunuh bakteri baik yang ada dalam organ intim wanita.

    Baca Juga : Faktor Penyebab Cacat Kandungan yang Harus Diwaspadai

    Selain memberikan informasi mengenai Bahaya Sabun Mandi Untuk Organ Intim Wanita, Curhat Bidan juga memberi Tips Dan Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita. Memang untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kewanitaan memerlukan perhatian lebih agar tidak akan menimbulkan efek buruk bagi kesehatan wanita itu sendiri. Semoga Bermanfaat:))

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 13, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Darah keluar setelah hubungan suami istri

  • Oleh : Donny Kusuma jr
  • 3 tahun, 4 bulan yang lalu

    Istri saya telah selesai masa haid d hari ke 10, d hari pertama setelah selesai haid kmi melakukan hubungan suami istri, dan setelah berhubungan istri saya mengeluarkan darah. Darah apakah itu dok?

  • Oleh : Donny Kusuma jr
  • Obat menunda mens

  • Oleh : Nirwana Nindya
  • 3 tahun, 4 bulan yang lalu

    Kak ada obat untuk menunda mens? Saya mau bulan madu sama suami tapi mendekati tgl mens gimana solusinya 🥲

  • Oleh : Nirwana Nindya
  • mual mual

  • Oleh : pluvio phile
  • 5 tahun, 2 bulan yang lalu

    saya h-1 mens melakukan hubungan intim. besoknya mens. dan skrg saya mual-mual dan sakit pinggang. apakah tanda hamil?trims

    Haid

  • Oleh : Datulda
  • 2 tahun, 9 bulan yang lalu

    Assalamu’alaikum
    Bubid knapa ya
    Tanggal haid sya gak perna sama
    Pasti beda² kadang maju kadnag mundur

  • Oleh : Datulda
  • Mencegah kehamilan

  • Oleh : Nur Indah cahyani
  • 2 tahun, 3 bulan yang lalu

    Dok, mau bertanya semalam saya berhubungan sex dengan pasangan saya. Memakai kondom, tpi tidak sengaja robek, saya takut hamil, bagaiaman cara mencegahnya, saya belom siap dok, terimaksih banyak🙏🏻

  • Oleh : Nur Indah cahyani
  • Tanya Bidan