×

Gangguan Kesehatan Mental Ini Sering Terjadi Pada Wanita

Bagikan Artikel :

Selamat datang di situs Curhatbidan.com yang pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai Gangguan Kesehatan Mental Pada Wanita. Gangguan kesehatan mental ini memang bisa terjadi pada siapa saja, baik itu pria ataupun wanita. Bahkan anak-anak juga bisa mengalami hal tersebut. Tetapi, berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kaun wanitalah yang lebih rentan terhadap gangguan mental dibandingkan dengan pria.

Karena dalam hal ini, gangguan mental pada wanita sangat erat kaitannya dengan perasaan trauma karena kejadian lampau yang menimpanya. Wanita juga akan lebih lama mengingat suatu kejadian yang membuatnya merasa tidak nyaman atau tersakiti. Karena itulah yang menyebabkan seorang wanita sangat mudah terserang gangguan mental.

Wanita ini merupakan makhluk tuhan yang mempunyai perasaan sensitif, jadi tidak heran jika masalah kesehatan mental lebih kerap terjadi pada wanita. Nah, apa saja sih jenis gangguan mental yang sering terjadi pada wanita?

Beberapa Gangguan Kesehatan Mental Yang Sering Terjadi Pada Wanita


Trauma
Jenis gangguan kesehatan mental yang sering terjadi pada wanita yang pertama adalah trauma. Gangguan mental yang satu ini termasuk pada gangguan yang sangat sulit untuk dihilangkan atau sulit hilang dalam pikiran semua wanita. Apalagi jika kejadian tersebut membekas dan bahkan menyakitkan yang nantinya susah untuk dilupakan. Kata lainnya bahwa perasaan wanita sangat halus, jadi jika mengalami kejadian yang menyakitkan akan membekas dan tertinggal di hati lebih lama lagi.

Depresi
Wanita juga lebih rentan mengalami gangguan kesehatan mental “Depresi” dibanding dengan pria. Mengapa demikian? karena wanita lebih sering mengalami kondisi fluktuasi hormone pada sepanjang kehidupannya. Fluktuasi hormone tersebutlah yang menyebabkan wanita mengalami kehamilan, menstruasi, dan menopause. Dari semua proses biologis tersebut cenderung membuat wanita lebih rentan terkena gangguan depresi.

Panik
Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa wanita dua kali lebih mudah panik dibanding dengan pria. Bahkan kasus yang lebih parah lagi panik tersebut akan berkembang menjadi fobia yang berkepanjangan. Hal ini terjadi karena kejadian apapun yang bisa membuatnya kaget.

Gangguan makanan
Karena wanita yang mengalami masalah mental akan berpengaruh pada pola makannya. Gangguan makan pada wanita ini memang seringkali berasal dari masalah mental. Biasanya wanita terobsesi untuk menjadi seorang yang sempurna dan akan merasa rela untuk menyakiti diri sendiri seperti misalnya melakukan anoreksia atau bulimia.

Related Posts :

    Baby blues
    Baby blues ini merupakan masalah mental yang paling umum dan sering terjadi pada wanita pasca melahirkan. Baby blues ini akan membuat seorang wanita jadi membenci dan tidak menyukai bayinya. Dan yang menjadi penyebabnya adalah kelelahan, tidak percaya diri, dan merasa pesimis untuk merawat bayi. Baby blues juga biasanya terjadi pada wanita yang baru pertama kali menjalani kehamilan atau belum ada pengalaman dalam mengurus bayi. Kejadian seperti ini harus ditangani dengan benar, agar bayi tidak terlantar. Karena ibu yang mengalami baby blues ini tidak mau menyusui bayinya, yang ada merasa benci terhadap bayinya.

    Mudah cemas
    Dan yang terakhir adalah masalah mental wanita yakni lebih mudah merasa cemas karena banyak hal. Tubuh wanita juga mempunyai banyak hormone yang bisa membuat mereka lebih mudah cemas dan khawatir karena sesuatu. Jadi tidak heran jika saat ini anda sebagai seorang wanita mengalami perasaan seperti ini.

    Lalu bagaimana jika sudah terindikasi terkena penyakit mental? Dikutip dari sebuah situs kesehatan ternama Amerika www.everydayhealth.com, cara yang paling mudah yang bisa dilakukan untuk mnegatasi gangguan kesehatan mental ini dengan menyeimbangkan fikiran, emosi, dan kesehatan tubuh dengan sebaik mungkin. Hal ini dilakukan untuk menurunkan tingkat stress yang dialami oleh seseorang, dan mengembalikan proses kimiawi yang berlangsung pada otak supaya kembali normal. Jika sulit untuk mengurangi stress yang sedang dialami, segera kunjungi psikiater yang merupakan alternatif lain yang dianjutkan.

    Mungkin itulah beberapa gangguan kesehatan mental pada wanita. Masalah kesehatan mental ini tidak membahayakan jika tetap dalam batas yang wajar. Tapi jika dibiarkan saja akan berkembang menjadi lebih parah dan akan sangat beresiko pada kesehatan psikologis dalam jangka panjang. Untuk itu, karena wanita rentang akan masalah diatas, sebaiknya kita selalu senantiasa berusaha untuk menghindarinya. Semoga Bermanfaat:))

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 20, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Keluar keputihan dan bercak darah

  • Oleh : Echa Helma
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Dok, mau tanya saya tanggal 23 juli 2021 keputihan dan vagina rasanya gatal, besoknya keputihan di sertai bercak darah di hari ketiga gatalnya hilang namun keputihan sama bercak darah masih ada udah 6 hari, keputihannya warna kuning namun tidak berbau, itu kenapa ya dok, mohon jawabannya

  • Oleh : Echa Helma
  • Promil

  • Oleh : Pipit rahayu Pipit rahayu
  • 1 tahun, 10 bulan yang lalu

    Dok mau nanya kenapa ya setahun setelah lepas kb mensnya gak teratur

  • Oleh : Pipit rahayu Pipit rahayu
  • Tanggal tepat masa subur

  • Oleh : Novita dwi
  • 6 tahun, 1 bulan yang lalu

    Halow, saya mau tanya masalah masa subur
    Bln desember 2017 haid tgl 15
    Bulan januari 2018 haid tgl 8
    Tgl 21 januari 2018 menikah
    Bulan februari 2018 haid tgl 3
    Bulan maret 2018 haid tgl 1

    Yang saya mau tanyakan tgl brp saya tepat masa subur kalo dilihat siklus haid saya di atas..?
    Saya coba pakai alat ovutest tgl 13 maret 2018 jam 13.00 dan jam 19.00 garisnya 2 merah..
    Apakah itu menandakan saya dalam masa subur ?
    Mohon di jawab terimakasih..

    Bayi usia 3 bulan belum bisa miring dan tengkurap

  • Oleh : Dwi lestari
  • 6 tahun, 11 bulan yang lalu

    Siang dok, saya mau tanya. Anak saya umur 3 bulan lebih belum bisa miring apalagi tengkurap, apa itu tidak apa-apa dok ? bagaimana caranya agar anak saya bisa cepat miring dan tengkurap ? Terimakasih

    cara menjaga kehamilan

  • Oleh : nana sutyana
  • 7 tahun yang lalu

    bu bidan, bagaimana cara menjaga kehamilan supaya baik dan tetap sehat hingga tiba waktu kelahiran?

    Tanya Bidan