×

Setelah Bersalin Mengalami Pengeluaran Feses dari Vagina ? Waspadai Fistula Rektovagina

Bagikan Artikel :


Robekan perineum yang cukup parah (derajat 3 dan 4) setelah proses persalinan dan tidak ditangani dengan baik akan menyebabkan fistula rektovaginal. Fistula rektovagina adalah keadaan abnormal antara rektum dengan vagina. Jika pembukaan antara rectum dan vagina terlalu lebar memungkinkan perut kembung dan feses keluar dari vagina, sehingga menyebabkan inkontinensia feses (keluar air besar tanpa terkontrol). Penderita Fistula rektovaginal akan mengalami pengeluaran kotoran dari vaginanya.

Biasanya yang sering mengalami fistula rektovagina adalah persalinan dengan bantuan dukun beranak. Robekan yang terjadi tidak ditangani oleh medis akan tetapi kaki ibu dibedong kencang oleh dukun beranak dan tidak boleh banyak bergerak. Hal ini bertujuan agar luka robekan bisa menyatu lagi. Memang benar tapi akan menimbulkan berbagai komplikasi dan infeksi seperti fistula rektovaginal.

Fistula rektovagina juga dihubungkan dengan keganasan serviks, rektum (anus), uterus dan vagina terutama pada keadaan sedang terapi radiasi. untuk wanita usia reproduktif, akan memiliki dampak langsung pada daya tarik seksual dan potensi reproduksi.

Ciri-ciri Fistula Rektovagina

1. Keluarnya feses atau campuran feses dengan air dari vagina.

2. Infeksi vagina dan berbau tajam

Related Posts :

    3. Terkadang terdapat gejala infeksi saluran kemih, diare, nyeri perut hingga kecurigaan adanya peradangan pada usus. .

    4. Terdapat perubahan inflamasi, seperti abses, stenosis, jaringan parut, dan semacamnya.

    Cara Penanganan Fistula Rektovaginal

    Penanganan fistula rektovaginal adalah pembedahan. Secara umum, pembedahan dapat dilakukan selama jaringan sekitar dari fistula rektovagina tampak lembut. Beberapa kasus, fistula akibat obstetri, dapat ditunggu hingga 3 bulan untuk memaksimalkan kondisi dari jaringan sekitar fistula sampai kemungkinan terjadinya penutupan spontan pada periode post partum. Dengan menunggu 3 sampain 6 bulan dilakukan sayatan didaerah perineum, prinsipnya memisahkan rectum (anus) dengan vagina. Setelah dipisahkan lapis perlapis, tepi-tepi defek dieksisi sampai jaringan sehat dan dijahit, baik disisi rectum ataupun disisi vagina.

    Penyebab Fistula Rektovaginal

    1. Cedera selama proses melahirkan

    2. Penyakit Crohn atau penyakit peradangan usus lainnya

    3. Pengobatan kanker atau radiasi di daerah pinggul

    4. Operasi yang melibatkan vagina, perineum, rektum dan anus berikut komplikasinya

    5. Penyebab lainnya seperti infeksi anus atau rektum; diverkulitis; ulcerative colitis; atau cedera vagina lain yang tidak disebabkan proses melahirkan

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 20, 2018

    Pertanyaan Pengunjung :

    Menambah berat badan bayi dalam kandungan dengan posisi bayi yang sungsang

  • Oleh : tylermcphillamy
  • 7 tahun, 3 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya Luna umur 29 tahun saat ini saya sedang hamil 36 minggu. MInggu lalu saya di opname karena mengalami ketuban yang rembes dan di sarankan untuk menjalani operasi caesar. Namun berat badan bayi dalam kandungan saya tergolong kecil dan di sarankan untuk menaikan berat badan bayi minimal 2 kg agar operasi caesar dapat di lakukan. Yang mau saya tanyakan bagaimana caranya menaikan berat badan bayi dalam kandungan. Mohon jawabannya

    Benarkah Mengkonsumsi Terong Berpengaruh Pada Penis ?

  • Oleh : Riza
  • 7 tahun, 6 bulan yang lalu

    Assalamualaikum Bu Bidan, saya Hendra Hermawan saya tadi selesai baca artikel tentang kesuburan pria dan disana katanya kalau sering makan terong bakal bikin penis kita jadi lemas itu gimana bu bidan ?

  • Oleh : Riza
  • Muntah & mual di pagi ,siang ,sore ,malam hari sering buang air kecil jg

  • Oleh : Imam alvian ramdhan
  • 4 tahun, 2 bulan yang lalu

    Pagi Bu bidan saya mau tanya nih istri saya mual dan muntah di pagi, siang, sore, malam hari tapi perut tidak kembung atau sakit terus di sertai pusing , enek & juga suka buang air kecil sama puting payudara sakit itu penyebabnya kenapa Bu bidan

    Tentang siklus haid

  • Oleh : Yolan Prastika
  • 3 tahun, 7 bulan yang lalu

    Dok saya mau menanyakan setiap kali saya haid siklus haid saya suka tidak teratur kadang lebih dari 35 hari, kadang kalo sudah lebih dari 35 hari saya sering mengompres bagian perut bawah saya menggunakan air hangat apa itu membahayakan atau tidak ya dok? Saya mohon solusinya

  • Oleh : Yolan Prastika
  • Memberi MPASI dini

  • Oleh : Ajeng Pujiyanti
  • 3 tahun, 6 bulan yang lalu

    Bu bidan saya mau tanya ? Anak saya umur 4bln lebih 2minggu , saya memberinya dia MPASI dini karna anak saya sering rewel dan kalau KK nya lagi makan pasti dia ngeliatin nya sampe bibir nya cicip , pas saya kasih MPASI dini anak saya yang tadinya rewel langsung tertidur lelap . Pas bangun tidur selang beberapa menit dia BAB Bun ? Apa itu sudah biasa atau usus nya belum menerima?

  • Oleh : Ajeng Pujiyanti
  • Tanya Bidan