Atasi Vagina Yang Terasa Longgar Dan Nyeri Saat Melakukah Hubungan Seksual Setelah Melahirkan

Atasi Vagina Yang Terasa Longgar Dan Nyeri Saat Melakukah Hubungan Seksual Setelah Melahirkan

Vagina yang longgar setelah melahirkan sering menjadi keluhan wanita dalam melakukan hubungan seksual. Selain itu vagina kering dan gejala nyeri ketika bersenggama menjadi kendala bagi wanita sehingga enggan untuk melakukanya. Setelah melahirkan vagina akan terlihat lebih lebar dari sebelumnya dan akan terasa lebih kendur, longgar, halus dan terbuka. Hal ini normal dan akan berkurang beberapa hari setelah bayi lahir.

Selain terasa longgar, rasa nyeri yang dialami wanita saat melakukan hubungan seksual   setelah melahirkan yaitu akibat luka jahitan dan vagina yang kering. Kekeringan pada vagina ini disebabkan oleh penurunan hormon estrogen pada tubuh dibandingkan saat hamil. Pada wanita yang menyusui, kadar estrogen akan menjadi lebih rendah dibandingkan dengan yang tidak meyusui, sehingga kekeringan akan lebih terasa. Ketika Anda sudah berhenti menyusui dan siklus menstruasi Anda kembali normal, maka kekeringan vagina biasanya tidak akan dialami lagi.

Kekeringan pada vagina akan menyebabkan rasa nyeri ketika bersenggama, sehingga wanita biasanya menunda-nunda untuk memulai hubungan seksual. Padahal tidak ada waktu yang tepat atau tidak tepat untuk kembali memulai hubungan seks. Hubungan seksual bisa dimulai kapan saja. Jika Anda merasakan nyeri saat berhubungan seks karena vagina yang kering, Anda dapat membantu dengan menggunakan lubrikan. Nyeri pada area vagina umum dialami setelah melahirkan dan biasanya akan membaik 6-12 minggu setelah melahirkan.

Vagina Kendor Akibat Robekan yang Tidak di Jahit

Beda hal jika vagina kendor akibat robekan yang tidak di jahit. Hal ini terjadi akibat persalinan yang dilakukan bukan oleh tenaga kesehatan seperti dukun beranak.  Jika persalinan dilakukan oleh tenaga kesehatan, maka setiap robekan atau bekas episiotomi akan dilakukan penjahitan untuk menyatukan jaringan yang putus. Oleh karena itu robekan yang tidak dijahit sebagian besar akan membuat vagina menjadi longgar dan tidak akan mengencang kecuali dilakukan operasi vaginoplasty.

Cara Mengatasi Vagina Kendor Setelah Melahirkan

Keluhan vagina terasa longgar sebetulnya selain karena otot vagina yang meregang, juga karena otot dasar panggul menurun kekuatannya (melemah). Ada beberapa hal untuk mengencangkanvagina dan otot panggul yaitu :
1. Senam kegel.
2. Fisioterapi dengan vaginal cone.
3. Stimulasi listrik (NMES – neuromuscular electrical stimulation)
4. Tindakan operatif, seperti vaginoplasty (perbaikan otot, hampir seperti bedah kosmetik).

Faktor yang Mempengaruhi Pulihnya Otot Vagina

Otot vagina yang merenggang pasca persalinan umumnya akan merapat kembali beberapa hari setelah bayi lahir. Namun kondisinya belum tentu sama seperti saat sebelum persalinan. Hal ini bergantung pada beberapa hal, seperti ukuran dan jumlah bayi yang telah lahir sebelumnya, faktor genetik, berapa lama waktu yang dihabiskan untuk mengejan, apakah Anda memiliki persalinan yang dibantu forcep dan apakah Anda melakukan olahraga secara teratur, misalnya melakukan senam kegel dan lain-lain.

Vagina Bersifat Elastis

Vagina memang diciptakan bersifat elastis dan dapat meregang karena selain untuk mengakomodasi penis pada saat hubungan seksual, juga untuk mengakomodasi keluarnya bayi pada saat persalinan. Setelah persalinan, sebetulnya vagina seperti otot yang akan mengencang kembali, tapi tentunya tidak akan kembali persis seperti pada saat anda masih perawan.
Keelastisan vagina ini dapat teregang hingga 10cm lebih lebar untuk memungkinkan bayi Anda lewat dan kemudian kembali mengerut dengan sendirinya. Vagina akan lebih cepat mengerut jika Anda sering melakukan mobilisasi.

Citra Dewi Amd.Keb - July 17, 2018
Diskusi Dari:
Anonymous

Saya sudah menikah kira kira 5 bulanan. Saat ini saya sedang melakukan program hamil. Saya dan suami berharap segera memiliki keturunan. Namun sayang, suami saya merupakan perokok aktif dan sangat susah untuk berhenti merokok. Yang saya mau tanyakan apakah program hamil saya akan terjadi meski sang suami merupakan perokok aktif?

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Anonymous

Halo dok.. Sy tuti, skrg sy sdg hamil dg uk 24w. S mengalami keputihan selama kehamilan. Apakah itu wajar? Awalnya keputihan normal berwarna putih sperti lendir, tp masuk trimester 2 kehamilan menjadi sperti bubur berwarna putih.. Sy takut apakah membahyakan janin sy?
Trims yaa

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Cheriesa Maradeka Kusuma

Siang dok, saya mau bertanya. 2 tahun lalu kami menikah, dan kami belum begitu menginginkan keturunan sehingga memutuskan untuk menggunakan KB. Saya menggunakan KB selama 1 tahun, dan kini sudah tidak menggunakan KB 1 tahun. Pertanyaan nya, kenapa saya tidak bisa hamil juga sampai saat ini, padahal saya sudah melepas KB tersebut 1 tahun yang lalu. Mohon penjelasannya dok

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Claudia harapankita

Dok selama ini saya sering kali merasakan masalah dibagian hidung seperti hidung yang terasa perih sehingga membuat saya kesulitan untuk bernafas dimana hal ini sering juga disertai dengan adanya rasa sakit pada bagian kepala. Biasanya saya merasakan hal ini dimana saat musim dingin dok. Dulu saya sempat tinggal di daerah perkampungan yang udaranya sangat dingin sehingga tiap malam dan pagi hari saya sering merasakan masalah pada bagian hidung serta bersin bersin. Saya mau tanya, kira kira ini salah satu gejala penyakit apa ya dok? Terus berbahaya gak ya bagi kesehatan saya?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Anonymous

Halo bu bidan saya Delia usia 26 tahun. Saya mau tanya tentang soal bayi. Bayi saya jalan 7 minggu bu tapi kenapa bayi saya sering muntah kalau sedang di berikan asi.

Dijawab Oleh :