Bagaimana Mengenali Kondisi Braxton Hicks Saat Kehamilan

Anda seorang ibu hamil yang baru pertama kali dalam kehamilan, harus mengetahui kondisi gangguan kehamilan yang satu ini, yaitu kontraksi palsu atau dalam istilah medis dikenal sebagai nama Braxton Hicks. Seperti apa Braxton Hicks? Dan mengapa bisa disebut sebagai kontraksi palsu? Simak selengkapnya berikut ini dari ulasan Curhat Bidan.

Ketika kehamilan ibu memasuki minggu ke 21, biasanya ibu hamil tidak merasakan beberapa hal. Salah satunya adalah rasa tidak nyaman yang seperti terjadi kontraksi. Hal inilah yang membuat sebagian dari ibu hamil bertanya-tanya apakah kondisi ini memang kontraksi dan Anda akan melahirkan secara prematur? Ataukah kondisi lainnya yang tidak diketahui?

Ya, berdasarkan kondisi yang terlihat dokter atau bidan sudah pasti menyimpulkan jika ini adalah Braxton Hicks. Braxton Hicks atau kontraksi palsu memang hampir terjadi disebagian besar kasus kehamilan.

Kontraksi palsu terjadi pada wanita hamil yang memasuki usia kehamilan di trimester ketiga. Sebagian dari kontraksi palsu ini terus terjadi hingga minggu terakhir di kehamilan. Walaupun begitu terkadang ibu hamil sendiri kesulitan untuk menentukan mana sebenarnya kontraksi asli dan mana kontraksi palsu.

Berikut ini merupakan ciri-ciri atau penggambaran dari Braxton Hicks, yang harus Anda ketahui. Diantaranya :

  • Kontraksi yang datang tidak terasa menyakitkan.
  • Munculnya kontraksi tidak secara berkala.
  • Tidak merasakan ketika Anda berjalan padahal kontraksi sedang terjadi.
  • Waktu kemunculan kontraksi hanya sebentar.
  • Semakin lama kontraksi, justru tidak semakin terasa / sakit.

Braxton Hicks adalah kondisi yang normal pada ibu hamil, namun jika kondisi ini malah semakin membuat ibu tidak nyaman ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

  • Pertama, jika kontraksi Anda terjadi ketika duduk segeralah berjalan-jalan sebentar karena biasanya kontraksi palsu akan menghilang ketika kita berubah gerakan. Sebaliknya, jika ibu hamil mengalami kontraksi palsu saat berjalan-jalan atau bergerak, segeralah duduk.
  • Istirahat dan tidur yang cukup.
  • Konsumsi air secukupnya, jangan sampai kekurangan asupan air karena dehidrasi atau kekurangan cairan juga menyebabkan Braxton Hicks.
  • Melatih pernafasan / mengontrol pernafasan.
  • Buatlah badan menjadi lebih rileks dengan mandi air hangat, mendengarkan musik kesukaan, membaca dll.

Lalu jika Anda mempertanyakan apakah Braxton Hicks yang terjadi saat kehamilan memerlukan penanganan medis dari dokter atau bidan? Jawabannya adalah jika kontraksi yang Anda rasakan belum mencapai di usia kehamilan 37 minggu, dan kontraksi menjadi lebih sering, berirama serta menyakitkan. Atau jika Anda memiliki salah satu dari kemungkinan tanda bahwa Anda akan mengalami persaliann prematur. Contohnya adalah perut nyeri dan kram seperti saat menstruasi, terjadi 4 sampai 5 kontraksi dalam satu jam, mengalami pendarahan dan peningkatan cairan vagina yang disertai darah.

Berbeda jika Anda sudah melewati usia kandungan lebih dari 37 minggu, tidak perlu sampai memanggil dokter atau bidan. Cukup rasakan saja jika kontraksi palsu ini hanya berlangsung sekitar 60 detik, setiap 5 menit dan berlangsung selama 1 jam barulah Anda ambil tindakan, atau jika sebelumnya memang telah disarankan dokter, lakukan sesuai petunjuk dokter atau bidan Anda.

Penting untuk Anda ketahui! Ciri-ciri kontraksi yang sebenarnya (tanda segera melahirkan).

  • Kontraksi berlangsung dalam kurun waktu yang lama.
  • Kontraksi terasa jauh lebih menyakitkan karena ada rasa nyeri yang menjalar dari pinggang belakang menuju perut.
  • Ketika ini terjadi, ibu hamil juga akan merasa mulas luar biasa.
  • Kontraksi lebih sering terjadi, serta memiliki interval tertentu yaitu semakin lama akan makin sering dan semakin kuat.
  • Intensitas sakit akan menguat setiap ibu hamil menggeser tubuh karena kontrasi terasa begitu melilit.

Semoga ulasan diatas, tentang Bagaimana Mengenali Kondisi Braxton Hicks Saat Kehamilan tidak membuat ibu kebingungan lagi ya. Pastikan untuk tetap mengontrol kehamilan seperti seharusnya. Lakukan terus kebiasaan sehat, dan bertanya juga lebih baik pada bidan atau dokter. Tidak perlu malu karena ini juga demi kebaikan Anda. Semoga bermanfaat, salam sehat selalu bunda jelang kelahirannya!

Citra Dewi Amd.Keb - December 7, 2016
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat sore bu bidan, , kenapa ya semenjak saya menjalani kehamilan saya sering merasakan lapar. Bawaannya lapar terus , saya takut kalau makan terus bayinya kelebihan berat badan.

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Putri Kintamani

Bu bidan saya wanita usia 27 tahun, saat ini saya sedang mengandung usia 5 bulan. Yang mau saya tanyakan apakah normal jika saya sering pipis dan bagaimana cara mengatasinya?

Dijawab Oleh : Putri Kintamani
Diskusi Dari:
Dayat Ya Hidayat

Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Bagaimana caranya supaya anak mau minum obat tanpa paksaan ? Anak saya sudah berusia 6 tahun masih saja menolak minum obat ketika ia sakit. Metode mencekoki obat ke mulutnya tak mempan, yang ada obat keluar lagi. Mohon solusinya bu. Terimakasih

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Sherly davies

Selamat Siang Dok, Saya mau bertanya, saat ini saya sedang menunda kehamilan. Saya sering kali melakukan hubungan intim bahkan hingga 3 sampai 4 kali seharinya. Namun karena saya menunda kehamilan, saya selalu mengeluarkan sperma di luar. Yang saya mau tanyakan apakah dengan kondisi dan kebiasaan ini saya bisa hamil? dan apa dampak bahaya dan manfaat melakukan hubungan intim yang sering ini?

Dijawab Oleh : Sherly davies
Diskusi Dari:
Milda

Selamat pagi, maaf bu bidan saya ingin menanyakan perihal kehamilan saya yang disertai dengan gejala kaki bengkak dan kini usia kehamilan saya menginjal trimester 3. Apakah hal ini wajar dan bagaimana cara mengatasinya ?

Perlu Jawaban