Bagian Pemijatan Pada Bayi Yang Benar dan Manfaatnya

www.curhatbidan.com – Sebuah pijatan hangat dari tangan akan memberikan banyak manfaat untuk sang bayi. Namun sebelum melakukan pijatan tersebut, perlu diketahui ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya pijatan Anda tidak menyakiti pada tubuh mungilnya. Pemijatan pada bayi merupakan salah satu pengobatan tradisional yang sampai sekarang ini masih bertahan. Hal itu disebabkan karena manfaat yang dihasilkan dari pijatan pada bayi telah terbukti khasiatnya.

Saat memijat bayi harus dilakukan dengan penuh kelembutan. Ketika sedang memijatnya, Anda dapat mengajaknya berbicara ataupun bernyanyi supaya sang bayi menikmatinya. Menurut penelitian yang telah dilakukan oleh Vimala McClure bahwa, pemijatan pada bayi akan membuat organ otak berkembang dengan baik. Pijatan pada bayi akan mempercepat mielenasi atau proses perlapisan  saraf. Saat saraf-saraf terlah terlapisi mielenasi (pelindung saraf), maka akan mempercepat transmisi impuls dari otak ke bagian seluruh tubuh.

Maka dari itu sangat dianjurkan pada Bunda untuk mengetahui teknik pemijatan pada bayi. Dengan pembelajaran teknik tersebut dapat maka dapat menjaga keadaan bayi supaya ada dalam kondisi yang sehat serta perkembangan tubuhnya pun baik. Menganai teknik pemijatan pada bayi harus dipelajari dengan baik dan benar, karena pada setiap pijatan pada bagian tubuhnya memiliki tujuan serta manfaat sendiri.

Berikut bagian pemijatan pada tubuh bayi beserta manfaatnya :

  • Pemijatan Pada Bagian Perut

Manfaat pemijatan pada bagian perut bayi adalah untuk mengatasi masalah pada proses pencernaan bayi. Jika bayi mengalami susah buang air besar, sembelit atau sakit perut bisa lakukan pemijatan dengan lembut. Teknik pemijatan dengan membentuk huruf I, L, U pada perut akan memberikan manfaat dalam mengatasi masalah tersebut.

  • Pemijatan Pada Bagian Dada

Pemijatan pada bagian dada berkaitan dengan memperlancar proses pernafasan. Saat menghadapi perubahan cuaca yang tidak menentu dapat menyebabkan sang bayi terkena flu atau pilek. Dengan pemijatan membentuk kupu-kupu pada bagian dada maka akan membantu meredakannya.

  • Pemijatan Pada Bagian Punggung

Memijat pada bagian punggung bayi ditujukan untuk merelaksasi pada punggungnya yang mungkin saja merasakan kelelahan karena aktivitas kesehariannya seperti digendong atau telentang seharian. Pijatan tersebut juga sangat bermanfaat untuk merangsang pada pertumbuhan tulang punggung bayi. Untuk cara memijatnya yaitu dimulai dari bagian bokong lalu naik sampai ke pundak dengan teknik kedua tangan seperti memutar.

  • Pemijatan Pada Bagian Rahang

Pemijatan pada bagian rahang sangat bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan gigi si kecil. Teknik pemijatan yang baik dan benar yaitu dengan mengusap secara perlahan dan pelan pada bagian rahang, kemudian berlanjut pada bagian dagu hingga ke mulut. Namun harus dilakukan dengan hati-hati dan penuh kasih sayang.

  • Pemijatan Pada Bagian Tangan dan Lengan

Pada pemijatan ini bertujuan untuk melancarkan proses peredaran darah, menguatkan otak tangan, dan merangsang keaktifan saraf motorik tangan bayi. Teknik pemijatannya dimulai pada bagian tangan menuju bagian lengan.

  • Pemijatan Pada Bagian Kaki

Manfaat dari pemijatan pada bagian kaki yaitu untuk merangsang pertumbuhan tulang dan saraf motorik pada kaki. Dan hal ini sangatlah penting ketika sang bayi sudah mulai proses belajar merangkak atau berjalan. Karena aktivitas tersebut dapat melelahkan kakinya. Pijatlah pada bagian kaki dengan cara mengusap-usap pergelangan kaki kemudian naik hingga bagian paha.

  • Pemijatan Pada Bagian Telapak Kaki

Manfaat dari pemijatan ini hampir sama dengan yang sebelumnya. Untuk mempercepat si kecil berjalan, maka lakukan pemijatan dibagian telapak kaki untuk menguatkan telapak kaki dalam menopang tubuh bayi supaya bisa berdiri. Dengan cara pemijatan pada bagian ujung telapak kaki (tumit) menuju ke pangkal jari.

Persiapan Sebelum Memijat Bayi

Sebelum melakukan pemijatan pada bayi, pastikan untuk menyediakan ruang yang bersuhu hangat, dengan suasana yang tenang sehingga membuatnya nyaman. Siapkan semua perangkat yang dibutuhkan ketika akan memijat bayi seperti handuk atau tatakan untuk alas bayi, minyak untuk menggosok (disarankan untuk memakai baby oil), pakaian bayi dan popok.

Citra Dewi Amd.Keb - June 3, 2017
Diskusi Dari:
Anonymous

selamat sore bu bidan, saya devy 29th, saat ini saya kehamilan kedua.. yg pertama dulu saya pernah keguguran, dan berharap kehamilan saya yg kedua ini sehat2 saja,, tapi akhir2 ini kenapa perut terasa suduken yahh bu ? perut di bagian sbelah kiri, kalo saya browshing sich saya simpulkan kemungkinan itu memang ciri2 hamil muda.. tapi saya takut jika ada apa2 bu.. mohon penjelasan yg lebih lanjud bu,, kalo bisa jangan yg ngeri2 yah bu bidan hehe.. umur kehamilan saya skrg skitar 10 minggu bu…

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Ocha Setiani

Selamat sore bu bidan,
Saya sedang mengandung dan usia kandungan saya menginjak trimester 2. Namun, saya masih sibuk bekerja disalah satu perusahaan. Apakah hal ini bisa mempengaruhi kehamilan saya? Lantas bagaimana cara saya menjaga kehamilan dan janin tetap sehat?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Aryanto Id

assalamu’alaikum
bu bidan, saya ingin tanya dong kemaren anak saya berumur 4 bulan katanya harus diberikan vaksin DPT namun kemaren pas jadwal imunisasi lagi demam jadi saya telat memberikan vaksin nya. apakah itu tidak berbahaya ? apakah masih bisa diberikan imunisasi DPT tersebut ? terima kasih sebelumnya

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Silvia Rizkiana Sari

selamat siang ibu bidan, yang saya ingin tanyakan tentang kehamilan saya apakah normal perut terasa seperti kram, tegang dan sakit padahal kehamilan baru masuk trimester pertama dan ini pengalaman pertama saya hamil, apakah ini berbahaya atau tidak ya bu? Ditunggu jawabannya.

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Riza

Assalamualaikum Bu Bidan, saya Hendra Hermawan saya tadi selesai baca artikel tentang kesuburan pria dan disana katanya kalau sering makan terong bakal bikin penis kita jadi lemas itu gimana bu bidan ?

Perlu Jawaban