Bahaya MSG Atau Penyedap Rasa Pada Makanan Anak

Anak-anak lebih menyukai makanan ringan yang dijual diwarung ketimbang sayur dan buah. Tapi tahukah bunda tidak sedikit makanan ringan yang mengandung bahan penyedap yang tidak baik bagi kesehatan anak, salah satunya MSG. Bunda pasti tidak akan asing lagi dengan nama tersebut karena MSG adalah penyedap rasa yang sering digunakan oleh beberapa orang untuk membuat masakan yang dibuatnya lebih enak dan nikmat.

Masakan yang dibuat dengan campurang bumbu MSG ini memang enak tapi juga bersifat tidak baik untuk kesehatan apalagi bagi anak yang masih dalam masa pertumbuhan dan perkembangan. MSG ini bisa mempengaruhi tumbuh kembang anak bunda.


MSG merupakan sebutan dari monosodium glutamate, sebuah garam natrium dari L-asam glutamat (GLU) atau asam amino non-essensial. Aau lebih sering dikenal dengan nama penyedap rasa untuk makanan.

Berikut ini bahaya yang ditimbulkan apabila terlalu sering mengkonsumsi MSG bagi anak-anak:

Dapat menurunkan fungsi otak anak
MSG ini mengandung senyawa oksitosin atau bersifat racun dalam tubuh. Apabila dikonsumsi secara berlebihan, bisa membuat sel-sel neuron dalam jaringanotak mati. Bila hal ini terus berlanjut maka akan membuat perkembangan pada otak anak menjadi terhambat atau bahkan mengalami kemunduran.

Meningkatkan resiko obesitas pada anak
MSG ini memiliki efek samping yaitu rasa ketagihan, maka seseorang akan selalu ingin makan lagi makanan yang berbumbu. Yang tentunya akan membuat anak terus makan makanan yang kurang sehat yang akan meningkatkan berat badan anak semakin tidak terkontrol.

Dapat menyebabkan kerusakan saraf
Karena kandungan MSG bersifat racun, dan mampu menyebabkan kinerja saraf-saraf menjadi terganggu dan kelamaan akan menjadi rusak. Karena itu MSG ini bisa menimbulkan kerusakan pada saraf anak.

Menghambat kecerdasan otak anak
Bunda harus menghindari bahaya MSG bila bunda ingin anaknya tumbuh cerdasa dan sehat, seperti yang telah disebutkan zat yang ada pada MSG ini bisa merusak  fungsi otak yang nantinya dapat menghambat pertumbuhan kecerdasan. Oleh karena itu bunda harus lebih memperhatikan makanan apa saja yang sehat untuk dikonsumsi anak.

Itu adalah beberapa bahaya yang bisa timbul apabila anak terlalu sering mengkonsumsi makanan yang mengandung MSG. Selain bahaya diatas MSG juga bisa menyebabkan resiko tinggi terkena kanker, memiliki efek pada penglihatan seperti penglihatn kabur, gangguan pernafasan, mempengaruhi kinerja jantung, meningkatkan resiko hiperaktif pada anak dan yang lainnya.

Bagi bunda yang suka menambahkan MSG pada masakannya hendaknya mulai dari sekarang jauhi penggunaan penyedap rasa tersebut, terutama untuk makanan anak-anak. Lebih baik dan lebih sehat apabila menggunakan bumbu alami, selain sehat juga bisa memberikan manfaat baik bagi kesehatan tubuh anak.

Citra Dewi Amd.Keb - April 29, 2017
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi bu saya mau bertanya akhir-akhir ini saya sering mengalami sakit saat buang air kecil seperti tersendat-sendat kira2 itu penyakit apa ya bu? mohon penjelasannya trims

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
ade

Memasuki usia kehamilan bulan ketiga, keluar bercak darah dan saya langsung periksa sama bidan dan diberi obat. Ketika obatnya udah habis bercak darah kembali keluar. Apakah pertanda bayi tidak berkembang ?

Dijawab Oleh : ade
Diskusi Dari:
Mocil Ngocol

Cara mengatasi disentri dok

Dijawab Oleh : Mocil Ngocol
Diskusi Dari:
Nenk Marsya

Selamat pagi, Bu.. Saya mau bertanya beberapa hal mengenai anak sy yg BBnya tdk pernah lagi naik. Sekarang anak usia 2th…
1. Apakah anak sy kena TB/kurang gizi? Krn adik sy ada yg riwayat TB. Ortu sy juga batuk tidak kunjung sembuh. Anak kakak ipar sy juga abis pengobatan TB.
2. Apa sebenarnya faktor pemicu TB dan cara mengatasinya?
3. Apakah TB menular ke ibu hamil? Dan bagaimana ciri serta mengatasinya?
4. Sebaiknya anak dibawa ke ahli gizi atau ke dokter anak?
Terima kasih

Dijawab Oleh : Nenk Marsya
Diskusi Dari:
Ramadhan

Obat apa yg di gunakan untuk menghilangkan kebiasaan menghisap tangan pada anak

Dijawab Oleh : Ramadhan