Bahaya Obesitas Bagi Kesehatan Wanita

Selamat datang kembali di situs bidan online, kali ini kami akan memberikan informasi mengenai bahaya obesitas bagi kesehatan wanita. Obesitas adalah sebuah keadaan dimana tubuh mempunyai kadar lemak yang banyak. Sebenarnya lemak tubuh dibutuhkan oleh setiap orang untuk menyimpan energi. Akan tetapi, jumlah kadar lemak dalam tubuh berlebihan, maka dapat merugikan metabolisme tubuh.
Obesitas dapat disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya asupan makanan yang melebihi kebutuhan , kurangnya aktivitas, jarang olahraga, faktor genetika, faktor usia dan faktor hormonal.

Mewaspadai Bahaya Obesitas Bagi Kesehatan Wanita

Gangguan kesuburan

Salah satu bahaya obesitas bagi kesehatan wanita adalah dapat mempengaruhi kesuburan wanita, akibat dari berat badan berlebihan. Selain itu, dapat menyebabkan siklus mentruasi tidak teratur dan mempengaruhi produksi hormon.

Risiko terkena kanker

Selain gangguan kesuburan, obesitas juga dapat meningkatkan risiko pengembangan kanker usus(sel kanker yang tumbuh di usus), kanker pankreas (sel kanker yang tumbuh dalam pankreas), kanker payudara (sel kanker yang tumbuh di jaringan payudara), kanker rahim (sel kanker yang tumbuh di dinding rahim).

Stroke

Seseorang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas dapat berisiko terkena stroke. Gejala-gejala stroke diantaranya gangguan penglihatan, sakit kepala secara tiba-tiba, sulit berjalan secara tiba-tiba, berbicara pelo dan mata sulit terbuka.

Osteoarthritis

Seseorang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas juga dapat berisiko terkena osteoatritis  atau disebut dengan peradangan sendi. Biasanya peradangan terjadi pada sendi bagian leher, tangan, kaki dan lutut.

Diabetes

Seseorang yang menderita obesitas akan berisiko terkena diabetes tipe 2. Gejala-gejala dari penyakit diabetes tipes 2 diantaranya sering haus, mudah lelah, sering buang air kecil di malam hari, pusing, penglihatan kabur dan infeksi pada kulit seperti bisul.

Hipertensi

Seseorang yang menderita obesitas dapat berisiko terkena hipertensi atau tekanan darah tinggi. Gelaja hipertensi diantaranya pusing , sakit kepala, pegal dan tidak nyaman, detak jantung berdetak cepat , berdebar-debar dan telinga berdengung.

Penyakit jantung

Bahaya lainnya obesitas bagi kesehatan adalah berisiko terkena penyakit serangan jantung. Hal ini dikarenakan lemak yang berlebihan menutupi pembuluh darah pada jantung maka menjadi tersumbat.

Gejala-gejala penyakit jantung diantaranya sakit dada , sakit dibagian ulu hati, denyut nadi melemah, berkeringan  dalam jumlah banyak.

Penyakit autoimun

Seseorang yang menderita obesitas juga dapat berisiko terkena penyakit autoimun merupakan suatu kondisi dimana imun atau kekebalan tubuh menyerang tubuh anda sendiri. Berbagai macam penyakit autoimun diantaranya multiple sclerosis, psoriasis, penyakit crohn.

Itulah informasi tentang bahaya obesitas bagi kesehatan wanita. Sebenarnya masih banyak lagi bahaya obesitas bagi kesehatan diantaranya gangguan pernapasan, gangguan otak, berisiko terkena kolesterol tinggi, sleep apnea dan perlemakan di hati.

Citra Dewi Amd.Keb - August 4, 2016
Diskusi Dari:
Mohammad ikhsan

Saya mau bertanya, kok akhir akhir ini saya sering sekali merasakan sakit pada bagian kaki dan tangan saya ya dok? Rasanya itu cenat cenut, muncul tiba tiba dan bahkan hilang secar tiba tiba. Ini sakit apa ya dok? Terus bagian mana agar ini tidak terjadi terus menerus?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Dinda vika

Dok saya mau bertanya, terakhir istri saya kan haid pada tanggal 8 februari hingga tanggal 14 februari. Namun setelah 1 minggu bersih dari haid, kemudian pada tanggal 20, 21, 22 istri saya mengeluarkan darah yang memang terbilang kecil hanya sebesar cendol tapi bergumpal. Namun, setiap hari hanya ada 1 gumpalan saja yang keluar ini. Yang saya mau tanyakan, ini kira kira kenapa ya dok dengan kondisi istri saya? berbahaya tidak dok, mohon penjelasannya, terimakasih.

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Ramadhan

Obat apa yg di gunakan untuk menghilangkan kebiasaan menghisap tangan pada anak

Dijawab Oleh : Ramadhan
Diskusi Dari:
Anonymous

Halo bu bidan saya Delia usia 26 tahun. Saya mau tanya tentang soal bayi. Bayi saya jalan 7 minggu bu tapi kenapa bayi saya sering muntah kalau sedang di berikan asi.

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Santana jaya

Selamat malam. Saya riza dari bandung. Mau menanyakan jika asi yang d bekukan didalam freezer yang menggunakan botol kaca kemudian ketika d cairkan dan botol kaca pecah tiba tiba. Apakah Asi yang masih membeku tersebut bisa d manfaatkan atau d buang saja padahal pantat botol kaca sudah pecah. Mohon informasinya karena banyak ibu2 beranggapan sayang ketika asi d buang padahal saya berfikirnya bahwa itu bahaya karena takut ada pecahan kaca. rizausman5@gmail.com

Dijawab Oleh : Santana jaya