Bahayakah Tanda Lahir Berwarna Merah Pada Bayi

Bidan Online-, Bahayakah Tanda Lahir Berwarna Merah Pada Bayi -, Kelahiran si kecil menjadi anugerah yang sangat indah bagi Anda dan keluarga, kebahagiaan yang sulit untuk digambarkan bahkan sampai terus memantau tumbuh kembang si kecil dengan hal – hal yang menakjubkan di lakukan oleh bayi Anda. Setiap orang tua pasti menginginkan bayi yang dilahirkannya tumbuh sehat. Sehingga pada saat kelahiran tiba pemeriksaan kelengkapan organ tubuh bayi dilakukan oleh perawat yang membantu kelahiran bayi Anda. Namun bukan hanya sehat saja, terkadang ibu juga mengkhawatirkan adanya tanda yang melekat pada tubuh bayi.

Tanda yang ada di tubuh bayi ini dikenal dengan tanda lahir bayi yang memiliki perbedaan masing – masing pada bayi. Meskipun memang ada bayi yang memilikinya ada pula yang tidak. Meskipun demikian rata – rata 9-10 kelahiran bayi memiliki tanda kelahiran bahaya pada tubuh bayi. Hanya saja beberapa tanda lahir harus Anda kenali jadi jika tanda lahir tersebut membesar seiring waktu harus diperiksakan pada dokter.

Bayi memiliki tanda lahir yang berbeda – beda, baik bentuk, warna dan ukurannya. Salah satu tanda lahir bayi yang akan dibahas kali ini yaitu tanda lahir berwarna merah pada bayi. Tanda lahir yang bisa muncul langsung pada bayi pada saat dilahirkan atau baru dikenali setelah beberapa hari kelahiran. Anda bisa berkonsultasi pada dokter jika tanda lahir semakin membesar dan menganggu fungsi bagian tubuh bayi. Seperti tanda lahir bercak merah yang timbul disebut dengan tanda lahir strawberry Hemangioma.

Strawberry Hemangioma adalah kelainan secara vaskular yang terjadi pada kulit dan ditandai dengan adanya pertumbuhan pada permukaan kulit yang berwarna merah dan timbul. Pada umumya tanda lahir strawberry hemangioma ini memiliki tepian yang halus dan jaringan yang berongga. Strawberry Hemangioma akan muncul pada bagian tubuh mana saja meskipun seringkali strawberry hemangioma ditemui pada bagian leher atau wajah. Pada masing – masing anak kasus strawberry hemangioma ini berbeda – beda.

Jika dibandingkan dengan bayi laki – laki, kasus strawberry hemangioma ini lebih banyak dialami oleh perempuan dan pada 10% bayi yang mendapatkan tanda lahir strawberry hemangioma dalam rentan waktu usia 13 buylan akan hilang sedangkan sissanya sebanyak 90% akan hilang setelah menginjak usia 10 tahun.

Tanda lahir ini tidak akan menggaggu jalannya fungsi organ, jika menganggu sebaiknya Anda konsultasikan dengan dokter. Pengobatan yang biasanya digunakan yaitu laser atau kombinasi dengan laser dan operasi. Melakukan pemeriksaan dini bisa mengetahui tanda lahir anak dan membantu Anda untuk melakukan penanganan dini.

Jadi bagi Anda yang menemukan tanda merah pada anak atau disebut dengan Strawberry  Hemangioma jangan terburu – buru khawatir karena masing – masing kondisi anak berbeda – beda. Begitu juga dengan strawberry hemangioma tidak semuanya harus dilakukan dengan cara laser atau operasi ada juga yang menghilang dengan sendirinya.

Baca Juga :

Citra Dewi Amd.Keb - February 21, 2017
Diskusi Dari:
puji

Selamat malam Bu bidan mau saya Santi Nuranti ibu satu anak usia 23thn,Bu saya sedang hamil 18week dan terdistraksi terkena herpes,awalnya flu dan Kuti pada lengan memerah dan perih lama kelamaan an bergelembung seperti luka bakar apa ini termasuk herpes zoster Bu?? Apa bahaya untuk janin saya?? Penanganan yg tepat itu apa ya??

Dijawab Oleh : puji
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi bu bidan, saya wanita berusia 25 tahun dan saya sudah menikah bulan Maret lalu. Kemudian 5 minggu kemudian saya hamil namun mengalami keguguran pada minggu ke 3 kehamilan saya. Saya sudah berkonsultasi dengan dokter, dan dokter menyarankan untuk menunda terlebih dahulu kehamilan selama 2 bulan. Setelah melawati masa precubation namun saya belum hamil juga. Yang menjadi masalahnya apakah siklus mentruasi saya yang tidak teratur saat ini berpengaruh? Karena setelah saya melakukan kuret pada awal Mei sampain saat ini saya belum mentruasi. Memang beberapa bulan terakhir pasca keguguran itu, saya jadi lebih aktif dan sibuk sekali. Apakah kesibukan saya mempengaruhi siklus haid saya, bu bidan? Kalau iya, adakah obat untuk melancarkan menstruasi saya?

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Fauzi

Halo Bu Bidan, saya mau bertanya, bolehkah bayi mandi dengan air dingin ? Sejak umur berapa bayi boleh dimandikan dengan air dingin ?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Dian Poenya Raizo

Selamat siang bu bidan, saya mau tanya nih. Saya punya anak laki-laki yang baru masuk SD kelas 1. Waktu di TK dulu ia rajin belajar dan selalu nurut sama orang tua. Tapi sekarang beda bu bidan, ia jadi malas belajar di rumah, pengennya main terus. Saya jadi sedikit frustasi juga.

Bagaimana yah bu caranya supaya anak saya mau belajar kembali di rumah ? kasihan juga guru les nya udah dateng ke rumah, dia nya gak mau belajar. Mohon solusinya bu bidan, Terimakasih

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi bu bidan, saya wanita usia 25 tahun dan suami saya usia 26 tahun. Sudah 6 bulan kami menikah dan saat ini sedang melakukan program kehamilan. Saat ini saya mengkonsumsi susu pra kehamilan dan natur E, apakah keduanya dapat membantu mempercepat kehamilan dan apakah ada efek sampingnya?? mohon jawbannya

Dijawab Oleh :