Batuk Berdarah Pada Anak Dan Ramuan Tradisional Untuk Mengatasinya

Saat anak mengalami batuk yang disertai darah akan membuat orang tua cemas dan khwatir. Orang tua langsung menduga-duga adanya suatu keadaan yang serius atau berbahaya yang terjadi pada anaknya. Batuk darah adalah keluarnya darah atau lendir bercampur darah pada saat batuk.

Batuk dengan dahak berdarah bisa menjadi tanda serius atau berbahaya, namun adakalanya itu hanya gejala ringan yang tak perlu dikhawatirkan.  Tapi tetap harus mejadi kewaspadaan Anda sebagai orang tua.

Saat batuk berdarah, gejala yang pertma muncul ialah berupa rasa gatal pada tenggorokan dan juga terasa ingin batuk. Ketika batuk itulah dahak bersamaan dengan darah akan keluar, darah yang keluar biasanya berbuih dengan warna merah terang.

Yang harus Anda waspadai jika anak sudah mengalami gejala seperti dibawah ini:

  • Saat batuk, keluar lendir atau dahak yang disertai degan darah yang berwarna merah segar.
  • Muka menjadi pucat.
  • Malam hari akan muncul banyak keringat dingin.
  • Nafsu makan menjadi berkurang.
  • Sesak nafas atau nafas menjadi berat.

Apa penyebab batuk beradar ini?

Perlu Anda ketahui behwa ada begitu banyak yang menjadi penyebab munculnya batuk berdarah pada anak diantaranya infeksi yang terjadi disaluran pernafasan, tumor yang melekat pada paru-paru, bronkitis, penyakit kardiovaskular, radang paru-paru, kanker paru-paru, iritasi pada tenggorokan dan kelainan hematologi.

Semua kondisi diatas adalah penyebab dari terjadinya batuk berdarah pada anak. Untuk itu sebelum batuk berdarah pada anak menjadi semakin parah Anda harus segera melakukan pengobatan untuk anak Anda. 

Untuk mengatasi penyebab batuk berdarah yang disebabkan oleh iritasi dan infeksi, Anda bisa mengobatinya menggunakan ramuan alami tradisional yang terbuat dari bahan alami.

Kunir dan kencur. Kunir dan kencur selama ini dikenal sebagai obat keluarga atau toga yang bisa bermanfaat untuk meredakan batuk berdarah. Caranya adalah dengan membersihkan kunir dan juga kencur. Kupas kulitnya. Haluskan kunir dan kencur tersebut secara bersamaan. Rebus kunir dan kencur yang telah dihaluskan tadi menggunakan air yang mendidih. Bisa ditambahkan menggunakan gula jawa. Minum saat pagi dan juga sore hari.

Ramuan kedua yang bisa mengatasi batuk berdarah ialah dengan menggunakan kayu manis. Kayu manis bermanfaat untuk penyembuhan batuk berdarah pada anak. Cara membuatnya ialah dengan merebus kayu manis tersebut sampai mendidih, setelah itu campurkan dengan gula dan madu. Saring dan kemudia Anda bisa langsung memberikan air rebusan kayu manis tersebut pada anak. Diminum secara teratur agar batuk berdarah pada anak segera membaik.

Citra Dewi Amd.Keb - June 9, 2017
Diskusi Dari:
maya

Dok saya mau bertanya, kok akhir akhir ini kenapa ya kaki saya ini seperti ada yang mengganjal di bagian belakang lutut, susah banget di lurusinnya, kaku dan bahkan kaya ada urat ya ikut dok. Kalau saya naik atau turun tangga, itu harus pelan banget, karena kalau misalkan berjalnnya cepat kaki itu terasa tersengkak dok, itu kira kira masalah kesehatan apa ya dok? Mohon penjelasannya dok :), Terimakasih

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Salma Syarifah Latipah

Hai mba bidan, saat ini saya sedang hamil besar dan kemungkinan sekitar 3-4 minggu lagi saya melahirkan. Kemarin saya sempat ngobrol ngobrol di forum tentang persalinan. Dan katanya, agar persalinan lancar, bisa pakai metode hipnosis. Apakah itu benar? Mohon pencerahannya ya. Thanks

Dijawab Oleh : Salma Syarifah Latipah
Diskusi Dari:
Anonymous

Sya mau tanya es krim yg jenis nya apa yach yg biisa membantu kesuburan agar cepat hamil…

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
salsa amelia

selamat siang ibu bidan, adik saya sedang mengandung dan sekarang kehamilannya sudah mau 10 bulan, tapi kok belum ada tanda-tanda melahirkan ya? menurut ibu saya, katanya adik saya ini mungkin hamil anak laki-laki, saya tidak tau itu benar atau ngga, tapi saya ingin mengetahui kebenaran tentang kondisi menurut ibu bidan. apa ngga masalah atau ada hal yang perlu diperiksakan lagi? itu saja, saya tunggu jawabannya

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Anonymous

Sebelum telat haid sy pernah 2x tespek tp 1 hasil negatif 1 lagi 2 garis tapi samar membayang setelah telat haid 2 hari sy tespek lagi namun negaif , yg saya rasakan sdh 2 minggu ini pusing migran mual dan baru2 ini tenggorokan sy sakit . Apakah sy harus nunggu beberapa hari lagi untuk tespek kembali atau sy langsung memeriksakan diri ke bidan/usg ?

Dijawab Oleh :