Bayi Sering Terkaget – Kaget Saat Tidur

Hai calon ibu dan calon ayah atau sudah ada yang menjadi ibu dan ayah selamat datang di webiste Bidan Online. Pada kesempatan kali ini kami ingin memberikan informasi mengenai Bayi Sering Terkaget – Kaget Saat Tidur. Bayi sendiri memiliki berbagai macam cara untuk menunjukan kondisi yang sedang dirasakannya. Ada kondisi normal yaitu kondisi yang umum dalam perkembangan dan pertumbuhan bayi serta yang selanjutnya kondisi abnormal dimana kondisi yang satu ini menunjukan adanya perbedaan dari pertumbuhan bayi pada umumnya. Dengan mengetahui normal dan abrnormal maka Anda harus mengenali ciri – ciri yang terjadi sebelum berkonsultasi dengan ahli medis.

Bayi memiliki perkembangan yang berbeda dan hal ini terkadang membuat para orang tua khawatir, seperti kenapa bayi saya tidak sama dengan bayi dia dan ini adalah hal yang wajar jadi perlu Anda ketahui, perkembangan bayi dipengaruhi oleh berbagai macam faktor sehingga Anda tidak perlu terburu – buru khawatir pada bayi Anda.

Perkembangan bayi juga bisa dilihat ketika saat tidur, kondisi bayi sendiri pada saat sedang tertidur ada berbagai macam – macam, salah satunya sering kaget saat sedang tidur. Mungkin sebagian orang tua pernah memergoki bayi yang kaget saat sedang tertidur, padahal bayi tidak mendengar suara apapun dan apakah hal ini normal?

Bayi yang baru lahir dan mengalami kaget – kaget saat sedang tidur adalah hal wajar, terlebih lagi jika bayi Anda mendengar suara – suara yang dianggapnya masih asing. Sehingga Anda tidak perlu mengkhawatirkan bayi yang sering kali mengalami kaget ketika tidur saat usianya 4-5 bulan. Kondisi seperti ini bisa disebut dengan refleks primitive yang menjadi bagian dari adaptasi dan refleks ini dikenal dengan refleks moro sehingga membantu bayi Anda dalam menyesuaikan dengan lingkungan baru.

Bayi yang mengalami kaget pada saat sedang tidur adalah pertanda bahwa indera pendengaran pada bayi berfungsi. Hal ini menandakan adanya otot refleks yang bekerja dan Anda tidak perlu khawatir karena justru jika bayi kurang peka dengan perubahan lingkungan dan tidak adanya refleks moro yang perlu dikhawatirkan. Pada saat bayi dilahirkan maka pada saat itu juga bayi sudah memiliki refleks moro dan secara perlahan akan menghilang. Bahkan refleks moro akan mencapai titik sempurna pada usia kehamilan 34 minggu.

Bunda memang tidak perlu khawatir dengan bayi yang tiba-tiba kaget saat tidur dan jika bayi memasuki usia 6bulan seringkali kaget dan tidak bisa memiliki waktu tidur yang berkualitas maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mencari solusi pada kondisi bayi Anda.

Dengan demikian bahwa bayi yang kaget saat sedang tertidur bukan merupakan hal tidak wajar tapi jika Anda membutuhkan tindak lanjut dalam pemeriksaan dan meyakinkan kondisi bayi Anda maka Anda bisa berkonsultasi dengan dokter agar dokter mengetahui perkembangan serta pertumbuhan bayi Anda sesuai dengan kondisinya.

Baca Juga:

Citra Dewi Amd.Keb - March 28, 2017
Diskusi Dari:
mahdi

Siang dok. Saya Shelly. Anak saya yang berusia 1 bulan terkena pilek tapi tidak panas. Ada batuk sedikit jika sedang menyusui saja. Bagaimana cara menanganinya ? Apa perlu saya periksakan ke dokter ?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Hilman Suhilman

Selamat siang bu bidan , Pada saat hamil 24 minggu dokter baru memberirahukan ke saya bahwa janin yang dikandung mengalami gangguan perkembangan. setelah saya kontrol 2 minggu kemudian dan dilakukan USG, dokter menyatakan janin saya tidak bernafas lagi, dan sepertinya sudah tidak ada sekitar 1 minggu. Yang ingin saya tanyakan apa penyebab gangguan pertumbuhan pada janin dan apakah bisa diketahui dari awal kehamilan?

Dijawab Oleh : Hilman Suhilman
Diskusi Dari:
Iphunk Charger

Selamat sore bu bidan, saya mau tanya. Bagaimana caranya mengatasi ruam merah pada kulit bayi usia 4 bulan ? apakah bisa dengan bedak tertentu atau diberikan bahan-bahan agar terlihat aman ? mohon jawabannya. Terimakasih

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
herry sinaga

Selamat siang bu bidan saya mau bertanya bagaimana cara untuk mengatasi bau pada kelamin anak, anak saya perempuan umur 5 tahun mohon jawabannya

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Della Aprita

Pagi dok. Saya seorang ibu yang memiliki anak berusia 7 bulan. Saat ini anak saya sering kali mengeluarkan darah dari bagian hidungnya yang disertai dengan panas dan juga mata merah. Terusterang saya sebagai orang tua merasakan khawatir dengan keadaan anak saya yang masih balita ini. Kalau boleh tau ini itu jenis gejala penyakit apa ya dok? Tolong berikan penjelasannya, terimakasih.

Perlu Jawaban