×

3 Manfaat Mengunyah Makanan Pada Bayi

Bagikan Artikel :

Selamat datang kembali di website kesehatan Bidan Online, situs kesehatan yang menjelaskan berbagai jenis informasi mengenai Kehamilan dan Anak – Anak. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi yang tidak kalah penting yaitu 3 Manfaat Mengunyah Makanan Pada Bayi. Kenapa makanan haru dikunyah ? Apakah Anak Anda sendiri tidak mengunyah makanan ? Adakah bahayanya ?

Salah satu kasus ditemukan pada anak berusia batita dan sudah tidak mau lagi mengunyah makanan sejak usia 4 bulan. Sehingga, makanan yang diberikan padanya langsung ditelan. Bahkan usianya menginjak 3 tahun, anak ini tidak terampil dalam mengunyah makanan.

Jika hanya didengarkan sekilas, mungkinan Anda beranggapan itu hal yang biasa, sebagian orang tua berpikir bahwa makanan dengan porsi tertentu sudah memenuhi kebutuhan bayi tanpa harus berpikir adanya proses yang baik dan jika proses yang baik ini terkadang lupa yaitu proses makan pada bayi dalam melatih keterampilan dan menelan.

Mengunyah makanan, salah satu hal yang wajib harus bisa dilakukan oleh bayi karena prosesnya melibatkan otot serta radang makanan yangdkemudian dilanjutkan pada rongga dan gigi serta menyebabkan lembut dan lunak.

Maka dari itu, proses mengunyah makanan sangat penting dan mudah dicerna oleh lambung serta kebiasaan ini juga lebih banyak diberikan makanan pendamping ASI. Dalam melatih keterampilan mengunyah makanan bayi tetap memerlukan peran aktif dari Anda sebagai orang tua yang salah satunya memberikan stimulasi.

Berikut di bawah ini 3 Manfaat Mengunyah Makanan Pada Bayi

Membantu Proses Pencernaan

Mengunyah makanan merupakan salah satu proses untuk menghaluskan makanan sehingga menjadi tidak berat karena makanan yang dikunyah tidak terlalu lama diproses dalam lambung. Selain itu juga mendaptakan enzim dari air liur yang bisa membantu untuk memecah zat gizi dari makanan sehingga bagian kecilnya bisa lebih mudah diserap oleh darah.

Menguatkan Gusi dan Rahang

Dengan mengunyah makanan maka secara bertahap anak Anda akan belajar untuk menguyah serta dengan tekstur makanan yang berbeda – beda bisa membantu menguatkan gusi serta rahang terutama makanan yang mengandung serat tinggi. Jadi makanan yang mengandung serat, membutuhkan proses mengunyah dan hal ini bisa membantu membersihkan mulut. Kebersihan rongga mulut yang bermasalah juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada mulut seperti sariawan serta radang gusi yang bisa menghambat makanan.

Gunakan Bahan Makanan Bervariatif

Alangkah baiknya jika Anda memilih jenis bahan makanan yang bisa mudah dicerna oleh anak dan mengurangi menu makanan yang keras atau alot. Meskipun ingin anak Anda segera terampil dalam mengunyah makanan, tapi Anda harus tetap mengutakan kemudahan dalam proses mengunyah makanan dan mengunakan bahan yang berbeda – beda untuk meningkatkan nafsu makan anak. Karena terkadang ada beberapa anak yang yang saat besarnya menjadi pilih – pilih makanan serta memiliki nilai gizi yang kurang baik.

Nah, dengan kata lain bagi Anda yang hingga saat ini anak Anda memuntahkan makanan kemungkinan karena keterampilan mengunyahnya kurang. Keterampilan mengunyah akan semakin bertambah saat Anda memberikan stimulasi pada anak Anda dan jangan meremehkan proses mengunyah setelah Anda mengetahui banyaknya manfaat yang bisa membantu dalam menjaga kesehatan Andak Anda dalam mengunyah makanan.

Baca Juga :

Related Posts :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : November 11, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Menambah berat badan bayi dalam kandungan dengan posisi bayi yang sungsang

  • Oleh : tylermcphillamy
  • 3 tahun, 10 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya Luna umur 29 tahun saat ini saya sedang hamil 36 minggu. MInggu lalu saya di opname karena mengalami ketuban yang rembes dan di sarankan untuk menjalani operasi caesar. Namun berat badan bayi dalam kandungan saya tergolong kecil dan di sarankan untuk menaikan berat badan bayi minimal 2 kg agar operasi caesar dapat di lakukan. Yang mau saya tanyakan bagaimana caranya menaikan berat badan bayi dalam kandungan. Mohon jawabannya

    Pendarahan

  • Oleh : githa
  • 2 tahun, 11 bulan yang lalu

    Saya hamil 8 minggu tp sblmnya tdk masalah tp saya ada flek dan dan darah saat pup. Rasanya kaya haid

    Apakah Ada Cara Untuk Meringankan Rasa Sakit Saat Bersalin?

  • Oleh : Fitriyan Tng
  • 4 tahun, 3 bulan yang lalu

    Sore bu bidan, alhamdulillah bulan ini menginjak usia kehamilan 9 bulan. Dan ini adalah kehamilan kedua saya. Biasanya saat menuju proses lahiran ada beberapa rasa sakit, apakah ada beberapa tips untuk meringankannya? Saya khawatir, karena kelahiran anak saya yang pertama itu rasa sakitnya parah sekali bu bidan.
    Saya tunggu jawabannya ya, terimakasih 🙂

    Fungsi dari air ketuban

  • Oleh : Mohammad ikhsan
  • 4 tahun yang lalu

    Selamat pagi ibu bidan, saya suliani. saya masih awam tentang kehamilan tapi penasaran dengan ketuban. apa sih sebenarnya fungsi dari ketuban itu? terima kasih saya tunggu jawabannya bu

    Infertilitas sekunder

  • Oleh : Aisyah Putri Setiawan
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    Hallo bu bidan.. usia saya 35 thn dan sudah memiliki anak berusia 10 tahun yang lahir di tahun 2006, pada tahun 2008 saya hamil kembali tapi janin tidak berkembang dan harus kuret. Setelah kuret saya langsung pakai KB spiral selma 6 tahun. Dan sudah 2 tahun berjalan saya sudah lepas KB nya. Pertanyaan saya bu bidan, apakah saya termasuk kategori infertilitas sekunder karna sampai saat ini kehamilan belum terjadi kembali bu bidan. Terima kasih

    Tanya Bidan