3 Manfaat Mengunyah Makanan Pada Bayi

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Selamat datang kembali di website kesehatan Bidan Online, situs kesehatan yang menjelaskan berbagai jenis informasi mengenai Kehamilan dan Anak – Anak. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi yang tidak kalah penting yaitu 3 Manfaat Mengunyah Makanan Pada Bayi. Kenapa makanan haru dikunyah ? Apakah Anak Anda sendiri tidak mengunyah makanan ? Adakah bahayanya ?

    Salah satu kasus ditemukan pada anak berusia batita dan sudah tidak mau lagi mengunyah makanan sejak usia 4 bulan. Sehingga, makanan yang diberikan padanya langsung ditelan. Bahkan usianya menginjak 3 tahun, anak ini tidak terampil dalam mengunyah makanan.

    Jika hanya didengarkan sekilas, mungkinan Anda beranggapan itu hal yang biasa, sebagian orang tua berpikir bahwa makanan dengan porsi tertentu sudah memenuhi kebutuhan bayi tanpa harus berpikir adanya proses yang baik dan jika proses yang baik ini terkadang lupa yaitu proses makan pada bayi dalam melatih keterampilan dan menelan.

    Mengunyah makanan, salah satu hal yang wajib harus bisa dilakukan oleh bayi karena prosesnya melibatkan otot serta radang makanan yangdkemudian dilanjutkan pada rongga dan gigi serta menyebabkan lembut dan lunak.

    Maka dari itu, proses mengunyah makanan sangat penting dan mudah dicerna oleh lambung serta kebiasaan ini juga lebih banyak diberikan makanan pendamping ASI. Dalam melatih keterampilan mengunyah makanan bayi tetap memerlukan peran aktif dari Anda sebagai orang tua yang salah satunya memberikan stimulasi.

    Berikut di bawah ini 3 Manfaat Mengunyah Makanan Pada Bayi

    Membantu Proses Pencernaan

    Mengunyah makanan merupakan salah satu proses untuk menghaluskan makanan sehingga menjadi tidak berat karena makanan yang dikunyah tidak terlalu lama diproses dalam lambung. Selain itu juga mendaptakan enzim dari air liur yang bisa membantu untuk memecah zat gizi dari makanan sehingga bagian kecilnya bisa lebih mudah diserap oleh darah.

    Menguatkan Gusi dan Rahang

    Dengan mengunyah makanan maka secara bertahap anak Anda akan belajar untuk menguyah serta dengan tekstur makanan yang berbeda – beda bisa membantu menguatkan gusi serta rahang terutama makanan yang mengandung serat tinggi. Jadi makanan yang mengandung serat, membutuhkan proses mengunyah dan hal ini bisa membantu membersihkan mulut. Kebersihan rongga mulut yang bermasalah juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada mulut seperti sariawan serta radang gusi yang bisa menghambat makanan.

    Gunakan Bahan Makanan Bervariatif

    Alangkah baiknya jika Anda memilih jenis bahan makanan yang bisa mudah dicerna oleh anak dan mengurangi menu makanan yang keras atau alot. Meskipun ingin anak Anda segera terampil dalam mengunyah makanan, tapi Anda harus tetap mengutakan kemudahan dalam proses mengunyah makanan dan mengunakan bahan yang berbeda – beda untuk meningkatkan nafsu makan anak. Karena terkadang ada beberapa anak yang yang saat besarnya menjadi pilih – pilih makanan serta memiliki nilai gizi yang kurang baik.

    Nah, dengan kata lain bagi Anda yang hingga saat ini anak Anda memuntahkan makanan kemungkinan karena keterampilan mengunyahnya kurang. Keterampilan mengunyah akan semakin bertambah saat Anda memberikan stimulasi pada anak Anda dan jangan meremehkan proses mengunyah setelah Anda mengetahui banyaknya manfaat yang bisa membantu dalam menjaga kesehatan Andak Anda dalam mengunyah makanan.

    Baca Juga :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - November 11, 2017
    Diskusi Dari:
    Riza

    Selamat pagi bu bidan, saya penasaran nih apakah pria juga memiliki masa subur? Saya hanya tahu wanita saja yang memiliki masa subur. Mohon jawabannya bu bidan

    Dijawab Oleh : Riza
    Diskusi Dari:
    Ramadhan

    Obat apa yg di gunakan untuk menghilangkan kebiasaan menghisap tangan pada anak

    Dijawab Oleh : Ramadhan
    Diskusi Dari:
    cassandralamar9

    selamat siang ibu bidan, saya mau bertanya tentang tanda-tanda kehamilan yang benar. Saya sudah test kehamilan pake testpack, hasilnya garis merah dua tapi agak samar. apakah test yang saya lakukan ini sudah benar menunjukan kalau saya hamil?

    Dijawab Oleh : cassandralamar9
    Diskusi Dari:
    Muhammad Hanif Maulana

    Siang dok, saya baru saja menikah 1 minggu lalu. Sebelum menikah, memang saya memiliki masalah dengan seputar kesehatan keputihan yang sedikit berwarna hijau dengan jumlah yang memang cukup lumayan banyak. Namun, setelah saya menikah, sering kali saya merasakan rasa gatal setelah melakukan hubungan intim, dan bahkan pada pertama kalinya berhubungan keputihan ini semakin banyak dan bahkan membuat saya risih dan takut suami berpaling. Saya mau bertanya, apaklah hal ini merupakan salah satu hal yang normal pada awal berhubungan seks atau bahkan ini berbahaya? Terus bagai mana cara mengatasi masalah kesehatan yang satu ini agar keputihan hilang dari bagian vagina ini.

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Ramadhan

    Siang Dok. Saya wanita berusia 27 Tahun. Kemarin saya melakukan kuret di Rumasakit. Tetapi kenapa ya, ko setelah kuret ini saya merasakan meriang dan demam walau demam tidak begitu tinggi. Selain itu, saya juga merasakan rasa nyeri pada bagian perut bawah, rasa pegal pegal serta badan yang tiba tiba menjadi lemas. Kira kira ini masalah kesehatan apa ya dok? Apakah mungkin ini terjadi akibat adanya infeksi setelah melakukan kiret? Terus apa yang bisa di lakukan untuk membantu menghilangkan masalah kesehatan ini?

    Dijawab Oleh : Ramadhan