×

3 Posisi Yang Membuat Bayi Bersendawa

Bagikan Artikel :

Bidan Online -, 3 Posisi Yang Membuat Bayi Bersendawa -, Anda tidak perlu cemas dan khawatir jika mengetahui bayi Anda bersendawa setelah minum susu atau bahkan dalam kondisi tertentu, sendawa bayi bisa bersamaan dengan bayi yang gumah atau mengeluarkan susu dari mulut bayi. Sendawa pada bayi terjadi karena pada ujung akhir saluran pencernaan terdapat terdapat otot yang berfungsi untuk mengatur isi perut agar bisa menahan makan dan minum yang dikonsumsi si kecil tidak kembali. Proses menahan agar makan atau minum yang dilakukan otot perut disebut mekanisme ventil. Mekanisme ventil pada bayi belum disebut sempurna karena pada usia bayi lahir masih membuhkan penyesuaian dengan sistem pencernaan bayi.
Baca : Tidak Hanya Orang Dewasa, Bayi Juga Butuh Waktu Sendiri

Bunda, taukah Anda kalau bersendawa itu bermanfaat untuk bayi. Saat ibu menyusui bayi, seringkali udara ikut masuk bersama dengan susu sehingga membuat volume udara ikut tertelan oleh bayi dan jika Anda menyusui dengan posisi yang kurang tepat, biasanya bayi akan sering menangis karena tidak nyaman saat mendapatkan ASI.

Keadaan yang seperti itu akan menambah volume udarah masuk sehingga memungkinkan udara yang masuk tertahan di bagian atas lambung dan hal ini akan menyebabkan perut kembung serta bayi yang rewel. Itulah sebabnya dengan bersendawa bisa membantu mengurangi resiko perut kembung pada bayi.
Baca: 5 Faktor Penyebab Bayi Baru Lahir Sudah Tumbuh Gigi

Related Posts :

    Dengan bayi bersendawa maka bayi bisa membantu mengeluarkan udara yang selama ini membuat bayi tidak nyaman dan selain itu juga membantu bayi agar tidak gumoh. Gumoh adalah kondisi dimana bayi mengeluarkan cairan di mulutnya yang umumnya berupa ASI. Dengan membuat bayi bersendawa maka akan mengurangi gumoh yang terjadi setelah ibu menyusui.

    Sedangkan manfaat bersendawa pada bayi yang lainnya yaitu mengurangi rewel karena kondisi perut yang tidak nyaman maka bayi akan mengalami perut kembung dan mengalami rasa tidak nyaman serta membuat bayi akan sering menangis. Sendawa pada bayi memiliki perbedaan ada yang perlu disendawakan ada juga yang sendawa sendiri.
    Baca: Tips Perawatan Rambut Keriting Pada Bayi

    Tapi meskipun seperti itu, bayi yang masih berusia 0-9 bulan belum bisa bersendawa kaerna gerakannya hanya berbaring. Oleh karena itu untuk rentang usia bayi 0-9 bulan memerlukan posisi yang tepat untuk membantu bayi bersendawa.

    Berikut di Bawah ini 3 Posisi Yang Membuat Bayi Bersendawa

    • Menghadap Ke Belakang

      Anda bisa meletakkan anduk kecil di bahu untuk menahan muntahan bayi lalu menggendong bayi untuk menghadap ke belakang dengan menopang bahu Anda dan selanjutya tegakkan tubuh lalu biarkan untuk menyandarkan kepala bayi di bahu Anda dan selanjutnya Anda bisa menggunakan satu tangan untuk menahan tengkuk serta bokong bayi dan tangan satunya lagi Anda bisa mengelus – ngelus sampai bayi bersendawa.

    • Tengkurap di Pangkuan

      Cara yang kedua untuk membuat bayi bersendawa yaitu, bayi Anda tengkurap di atas pangkuan Anad dan selanjutnya Anda bisa menopang dada bayi dengan tangan agar kepala lebih tinggi dari tubuhnya selanjutnya elus – elus punggung bayi sampai bersendawa.

    • Digendong Di Depan

      Bunda bisa menggendong bayi dengan cara menyangga di tengkuk dan bokong serta usahakan agar kepala bayi sedikit lebih tinggi dan selanjutnya letakkan handuk kecil di dadanya untuk menampung muntahan lalu terakhir Anda mengelus punggung bayi sampai bersendawa.

    Ketiga jenis posisi di atas ini bisa Anda lakukan secara perlahan dan pada umumnya membuat bayi bersendawa akan berlangsung minimal 0-4 bulan yang pada dasarnya usia 4 bulan bayi sudah bisa bersendawa tanpa memerlukan bantuan dengan menggunakan posisi di atas.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 21, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Bagaimana Cara Menghadapi Anak yang Super Aktif dan Ngga Mau Diam

  • Oleh : leticiabauer1
  • 2 tahun, 1 bulan yang lalu

    Anak saya umurnya 5 tahun, dia tipe anak engga bisa di suruh diam atau bahkan malah ngga dengerin apa yang orang tua bilang. Saya sebagai orang tua kadang merasa kesal karena susah diatur dan bingung mesti ngapain. Apakah menurut bu bidan, tipe anak seperti ini bagus dalam tumbuh kembangnya? dan bagaimana sikap orang tua sebaiknya dalam menghadapi anak yang seperti ini?

    Pantangan ibu hamil

  • Oleh : FR
  • 10 bulan yang lalu

    Bolehkah ibu hamil usia 40 minggu banyak makan buah nanas ?

    Sering mulas di usia kehamilan 7 bulan

  • Oleh : Sitihumairoh
  • 1 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya Lutfia umur 25 tahun saat ini saya sedang mengandung 7 bulan. Saat ini saya sering mengalami rasa mulas meskipun setelahnya di barengi BAB. Namun apakah wajar jika rasa mulas muncul lebih sering saat hamil? Mohon jawabannya bu bidan

    Bercak darah di vagina

  • Oleh : Shinta Romadona
  • 3 hari, 4 jam yang lalu

    Pagi bu bidan, saya seorang pelajar berusia 23 tahun saya suka bercak darah, seperti keputihan dan ada darah gitu, biasanya itu terjadi kalo saya mengkonsumsi makanan pedas langsung terjadi, apakah itu bahaya?, dulu 4tahun belakang saya pernah periksa ke dokter kandungan dan di Usg, katanya saya mengalami iritasi rahim karna saya sering memakai pakaian ketat, yang ingin saya tau, itu penyakit apa, dan bagaimana solusi mengobati nya? Terimakasih bu bidan ☺️🙏

  • Oleh : Shinta Romadona
  • Nyeri Setelah Buang Air Kecil

  • Oleh : Bang Andre
  • 2 tahun, 4 bulan yang lalu

    Di usia saya yang baru menginjak 19 tahun, saya sering kali merasakan perih setelah buang air kecil, padahal saya belum menikah. Apakah hal ini berbahaya bagi kesehatan saya? Dan apa biasanya yang menyebabkan rasa perih itu sering muncul setelah buang air kecil ini?

  • Oleh : Bang Andre
  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan