×

4 Alasan Terjadinya Kerontokan Rambut Pada Bayi Baru Lahir

Bagikan Artikel :

Bidan Online -, 4 Alasan Terjadinya Kerontokan Rambut Pada Bayi Baru Lahir -, Menjadi seorang ibu merupakan dambaan untuk setiap wanita dan menantikan bayi menjadi satu moment yang sangat paling mendebarkan sekaligus berharga dalam kehidupan wanita. Dimana saat Anda melihat bayi yang sudah Anda kandung selama sembilan bulan, pada akhirnya lahir kedunia dan mendapati bawa kepala mereka ditumbuhi dengan rambut hitam yang lebat.

Lalu secara perlahan, rambut – rambut tipis itu mengalami penipisan akibat rontok. Ternyata masalah rambut rontok tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja melain juga pada bayi yang baru saja lahir, ini merupakah hal normal dan umum terjadi. Tapi sebagian ibu sering kali panik dan bingung mendapati rambut buah hatinya mengalami kerontokan. Rambut rontok pada bayi adalah hal wajar ini karena pertumbuhan rambut bayi berbeda – beda.

Related Posts :

    Pada beberapa kasus yang ditemukan, pertumbuhan rambut bayi yang pertama basanya sudah gugur sebelum pertumbuhan rambut berikutnya dan beberapa bayi lain bahkan bisa mengalami kebotakan di usianya yang masih satu tahun dan sebagian bayi yang lainnya bisa mengalami kerontokan bersamaan dengan tumbuhnya rambut baru. Untuk kasus yang kedua sering kali banyak orang tua yang kurang menyadari bahwa bayinya sedang mengalami kerontokan rambut.

    Berikut di bawah ini ada 4 alasan terjadinya kerontokan rambut pada bayi baru lahir yang harus Anda ketahui, diantaranya:

    • Tinea Capitis

      Kondisi tinea capitis atau kurap pada kulit kepala merupakan infeksi jamur yang seringkali terlihat pada anak – anak. Hal ini muncul seperti bercak bersisik dan pada bayi bisa terlihat seperti titik hitam diarea kepala. Biasanya kondisi seperti ini bisa menghambat pertumbuhan rambut bayi karena pori – porinya tertutup.

    • Posisi Tidur yang Sama

      Apabila Anda menemukan pertumbuhan rambut pada bayi diantara kedua sisi kepalanya tidak sama maka ini bisa disebabkan akibat posisi tidur bayi yang terus seperti itu. Tapi jika Anda menemukan rambut bayi yang rontok sepenuhnya akibat alasan yang satu ini itu berarti rambut bayi pada tahap istirahat.

    • Trikotilomania

      Trikotilomania merupakan kondisi dimana menghilangnya rambut secara terus menerus akibat dorongan yang kurat untuk menarik – narik rambut. Hal ini seringkali terjadi pada bayi, Trikotilomania sendiri adalah tindakan kompulsif sebagai akibat dari adanya stress emosional atau stress fisik terhadap bayi.

    • Kadar Hormon Bayi Menurun

      Sebelum mengalami proses persalinan, bayi mempunyai kadar hormon yang banyak dalam tubuhnya. Baik hormon yang didapat dari sang ibu ketika bayi berada di dalam rahim ibu. Tapi, saat bayi lahir maka kadar hormon bayi akan mulai mengalami penurunan dan menyebabkan rambut bayi masuk ke dalam fase beristirahat atau berhenti tumbuh.

      Setelah memasuki fase ini maka rambut bayi akan berhenti tumbuh dan mengalami kerontokan. Tapi, Anda tenang saja karena ini berarti bayi sudah memasuki siklus pertumbuhan rambut baru dan mekanisme inilah yang menyebabkan terjadinya kerontokan rambut pada bayi.

    Jika Anda mendapatkan kepala bayi yang hanya memiliki rambut halus dalam jumlah yang tidak banyak atau bahkan mengalami kebotakanhal ini bisa menandakan bayi membutuhkan sedikit cahaya matahari atau membutuhkan perawatan ekstra dengan rambutnya. Menggunakan bahan – bahan alami seperti minyak zaitun untuk membantu meningkatkan pertumbuhan rambut bayi.

    Baca Juga :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 30, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Berapa lama bisa hamil lagi setelah lepas KB suntik?

  • Oleh : Yuli Ani
  • 4 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan, saya ingin bertanya berapa lama waktu saya bisa hamil lagi setelah lepas KB suntik? Apakah benar bisa sampai satu tahun? Mohon kejelasannya, terima kasih.

  • Oleh : Yuli Ani
  • Ibu hamil

  • Oleh : henrylizotte
  • 2 tahun, 12 bulan yang lalu

    Bagaimana mengatasi stres saat hamil

    penghitungan kehamilan

  • Oleh : Ratna Paramitha
  • 11 bulan, 3 minggu yang lalu

    saya biasa mens sekitar tanggal 03-09 setiap awal bulan… tapi saat bulan ke 7 saya tdk mens dan bulan ke 8 saya ke bidan di tespack hasilnya 2 garis, perut saya makin membesar tapi saya terus rasakan setiap berhubungan selalu kram perut, dan saya merasa blm ada pergerakan apa yg harus saya lakukan dok… disini sangat susah usg,, kalau mau usg harus ke rs besar…

    Telat datang bulan tapi tidak hamil

  • Oleh : Riana
  • 4 tahun, 4 bulan yang lalu

    saya telat satu bulan tidak haid, tapi pas coba testpack hasilnya negatif.. Apakah ini normal?

    tanda hamil yang berangsur hilang

  • Oleh : rahayu latifa
  • 1 bulan, 2 minggu yang lalu

    dok,saya telat haid 11 hari. saya sering mengkonsumsi makanan instan&minuman berkafein.
    saat saya test , menunjukan positif hamil. tetapi rasa nyeri di payudara saya berangsur menghilang. mual berlebihan, lemas, ada tanda tanda anemia di tubuh saya, perut sangat kram pada satu sisi,sulit tidur

    apakah ini normal dok? atau ada hal lain yg menyebabkan tanda tanda itu muncul?
    atau karena pola hidup saya yang tidak sehat? apakah membahayakan janin?.

    terimakasih.

  • Oleh : rahayu latifa
  • Tanya Bidan