×

4 Alasan Terjadinya Kerontokan Rambut Pada Bayi Baru Lahir

Bagikan Artikel :

Bidan Online -, 4 Alasan Terjadinya Kerontokan Rambut Pada Bayi Baru Lahir -, Menjadi seorang ibu merupakan dambaan untuk setiap wanita dan menantikan bayi menjadi satu moment yang sangat paling mendebarkan sekaligus berharga dalam kehidupan wanita. Dimana saat Anda melihat bayi yang sudah Anda kandung selama sembilan bulan, pada akhirnya lahir kedunia dan mendapati bawa kepala mereka ditumbuhi dengan rambut hitam yang lebat.

Lalu secara perlahan, rambut – rambut tipis itu mengalami penipisan akibat rontok. Ternyata masalah rambut rontok tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja melain juga pada bayi yang baru saja lahir, ini merupakah hal normal dan umum terjadi. Tapi sebagian ibu sering kali panik dan bingung mendapati rambut buah hatinya mengalami kerontokan. Rambut rontok pada bayi adalah hal wajar ini karena pertumbuhan rambut bayi berbeda – beda.

Pada beberapa kasus yang ditemukan, pertumbuhan rambut bayi yang pertama basanya sudah gugur sebelum pertumbuhan rambut berikutnya dan beberapa bayi lain bahkan bisa mengalami kebotakan di usianya yang masih satu tahun dan sebagian bayi yang lainnya bisa mengalami kerontokan bersamaan dengan tumbuhnya rambut baru. Untuk kasus yang kedua sering kali banyak orang tua yang kurang menyadari bahwa bayinya sedang mengalami kerontokan rambut.

Berikut di bawah ini ada 4 alasan terjadinya kerontokan rambut pada bayi baru lahir yang harus Anda ketahui, diantaranya:

  • Tinea Capitis

    Kondisi tinea capitis atau kurap pada kulit kepala merupakan infeksi jamur yang seringkali terlihat pada anak – anak. Hal ini muncul seperti bercak bersisik dan pada bayi bisa terlihat seperti titik hitam diarea kepala. Biasanya kondisi seperti ini bisa menghambat pertumbuhan rambut bayi karena pori – porinya tertutup.

  • Posisi Tidur yang Sama

    Apabila Anda menemukan pertumbuhan rambut pada bayi diantara kedua sisi kepalanya tidak sama maka ini bisa disebabkan akibat posisi tidur bayi yang terus seperti itu. Tapi jika Anda menemukan rambut bayi yang rontok sepenuhnya akibat alasan yang satu ini itu berarti rambut bayi pada tahap istirahat.

  • Trikotilomania

    Trikotilomania merupakan kondisi dimana menghilangnya rambut secara terus menerus akibat dorongan yang kurat untuk menarik – narik rambut. Hal ini seringkali terjadi pada bayi, Trikotilomania sendiri adalah tindakan kompulsif sebagai akibat dari adanya stress emosional atau stress fisik terhadap bayi.

  • Kadar Hormon Bayi Menurun

    Sebelum mengalami proses persalinan, bayi mempunyai kadar hormon yang banyak dalam tubuhnya. Baik hormon yang didapat dari sang ibu ketika bayi berada di dalam rahim ibu. Tapi, saat bayi lahir maka kadar hormon bayi akan mulai mengalami penurunan dan menyebabkan rambut bayi masuk ke dalam fase beristirahat atau berhenti tumbuh.

    Related Posts :

      Setelah memasuki fase ini maka rambut bayi akan berhenti tumbuh dan mengalami kerontokan. Tapi, Anda tenang saja karena ini berarti bayi sudah memasuki siklus pertumbuhan rambut baru dan mekanisme inilah yang menyebabkan terjadinya kerontokan rambut pada bayi.

    Jika Anda mendapatkan kepala bayi yang hanya memiliki rambut halus dalam jumlah yang tidak banyak atau bahkan mengalami kebotakanhal ini bisa menandakan bayi membutuhkan sedikit cahaya matahari atau membutuhkan perawatan ekstra dengan rambutnya. Menggunakan bahan – bahan alami seperti minyak zaitun untuk membantu meningkatkan pertumbuhan rambut bayi.

    Baca Juga :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 30, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kehamilan

  • Oleh : Putri anggreani
  • 6 bulan, 2 minggu yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, maaf saya mau tanya ni 1 minggu yg lalu saya test pack hasil nya positif garis 2 , terus gejala yg saya alami itu mual muntah, kram perut atau sakit seperti menusuk², kdang saya sering sakit perut mules seperti ingin bab tetapi tidak bab bu, pertanyaan saya apakah itu normal bu?

  • Oleh : Putri anggreani
  • Menstruasi sakit dan tidak teratur

  • Oleh : Siska Damayanti
  • 1 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat siang mbak, saya siska mau tanya kalo saya seminggu sebelum datang haid kaki saya terasa pegel**, trus pas udah dtang haidnya perut ,pinggang sampai menjalar kekaki sakitnya? Dan pas dtang haid tanggalnya gak teratur, kalo seandainya bulan belkang tgl 16 ,blan ini dtangnya tgl 11 apakah itu wajar mbak ?

    Tentang flek

  • Oleh : Arvindy Vindy
  • 1 tahun, 5 bulan yang lalu

    Dok saya kan kemarin sempet telat haid 3 hari tapi sudah mengeluarkan flek dikit setetes, lalu ke 4 hari nya saya keluar darah lumayan lalu 5 – 8 hari balik sedikit keluarnya itu pun sekali kadang di singa hati aja, lalu ke 9 gak keluar lalu saat saya kerja keluar lagi darah sedikit pada siang hari dan ke 10 juga gitu , lalu ke 14 nya saya udah gak keluar ya dok, saya berhubungan sama suami saya pada pagi hari gpp kok siang balik keluar flek coklat lagi dok kenapa ya dok

    Tentang benjolan di dalam selengkangan atas istri saya

  • Oleh : Sutan Rajab
  • 1 tahun, 5 bulan yang lalu

    Benjolannya tidak ada rasanya cman besar sebesar kulit kacang..trus tu halus itu gmnbya bu???

  • Oleh : Sutan Rajab
  • gatal gatal pada kaki

  • Oleh : Daniel
  • 4 tahun, 2 bulan yang lalu

    Salam kenal,

    Saya ingin bertanya, usia kandungan istri saya masuk ke bulan 8, namun terjadi gatal gatal di kaki, dari pergelangan kaki sampai ke paha.
    sudah konsul ke dokter dan sudah dikasih obat juga, namun gatal nya belum sembuh2 juga, gatal gatal nya itu seperti biduran. Apakah ini hormon yg buruk dan apa solusi nya

    Mohon penjelasannya
    terima kasih

    Tanya Bidan