4 Alasan Terjadinya Kerontokan Rambut Pada Bayi Baru Lahir

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Bidan Online -, 4 Alasan Terjadinya Kerontokan Rambut Pada Bayi Baru Lahir -, Menjadi seorang ibu merupakan dambaan untuk setiap wanita dan menantikan bayi menjadi satu moment yang sangat paling mendebarkan sekaligus berharga dalam kehidupan wanita. Dimana saat Anda melihat bayi yang sudah Anda kandung selama sembilan bulan, pada akhirnya lahir kedunia dan mendapati bawa kepala mereka ditumbuhi dengan rambut hitam yang lebat.

    Lalu secara perlahan, rambut – rambut tipis itu mengalami penipisan akibat rontok. Ternyata masalah rambut rontok tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja melain juga pada bayi yang baru saja lahir, ini merupakah hal normal dan umum terjadi. Tapi sebagian ibu sering kali panik dan bingung mendapati rambut buah hatinya mengalami kerontokan. Rambut rontok pada bayi adalah hal wajar ini karena pertumbuhan rambut bayi berbeda – beda.

    Pada beberapa kasus yang ditemukan, pertumbuhan rambut bayi yang pertama basanya sudah gugur sebelum pertumbuhan rambut berikutnya dan beberapa bayi lain bahkan bisa mengalami kebotakan di usianya yang masih satu tahun dan sebagian bayi yang lainnya bisa mengalami kerontokan bersamaan dengan tumbuhnya rambut baru. Untuk kasus yang kedua sering kali banyak orang tua yang kurang menyadari bahwa bayinya sedang mengalami kerontokan rambut.

    Berikut di bawah ini ada 4 alasan terjadinya kerontokan rambut pada bayi baru lahir yang harus Anda ketahui, diantaranya:

    • Tinea Capitis

      Kondisi tinea capitis atau kurap pada kulit kepala merupakan infeksi jamur yang seringkali terlihat pada anak – anak. Hal ini muncul seperti bercak bersisik dan pada bayi bisa terlihat seperti titik hitam diarea kepala. Biasanya kondisi seperti ini bisa menghambat pertumbuhan rambut bayi karena pori – porinya tertutup.

    • Posisi Tidur yang Sama

      Apabila Anda menemukan pertumbuhan rambut pada bayi diantara kedua sisi kepalanya tidak sama maka ini bisa disebabkan akibat posisi tidur bayi yang terus seperti itu. Tapi jika Anda menemukan rambut bayi yang rontok sepenuhnya akibat alasan yang satu ini itu berarti rambut bayi pada tahap istirahat.

    • Trikotilomania

      Trikotilomania merupakan kondisi dimana menghilangnya rambut secara terus menerus akibat dorongan yang kurat untuk menarik – narik rambut. Hal ini seringkali terjadi pada bayi, Trikotilomania sendiri adalah tindakan kompulsif sebagai akibat dari adanya stress emosional atau stress fisik terhadap bayi.

    • Kadar Hormon Bayi Menurun

      Sebelum mengalami proses persalinan, bayi mempunyai kadar hormon yang banyak dalam tubuhnya. Baik hormon yang didapat dari sang ibu ketika bayi berada di dalam rahim ibu. Tapi, saat bayi lahir maka kadar hormon bayi akan mulai mengalami penurunan dan menyebabkan rambut bayi masuk ke dalam fase beristirahat atau berhenti tumbuh.

      Setelah memasuki fase ini maka rambut bayi akan berhenti tumbuh dan mengalami kerontokan. Tapi, Anda tenang saja karena ini berarti bayi sudah memasuki siklus pertumbuhan rambut baru dan mekanisme inilah yang menyebabkan terjadinya kerontokan rambut pada bayi.

    Jika Anda mendapatkan kepala bayi yang hanya memiliki rambut halus dalam jumlah yang tidak banyak atau bahkan mengalami kebotakanhal ini bisa menandakan bayi membutuhkan sedikit cahaya matahari atau membutuhkan perawatan ekstra dengan rambutnya. Menggunakan bahan – bahan alami seperti minyak zaitun untuk membantu meningkatkan pertumbuhan rambut bayi.

    Baca Juga :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - January 30, 2017
    Diskusi Dari:
    liya

    bu bidan, yang ingin aku tanyakan adalah ketika pms sudah datang namun haid tidak kunjung tiba, apakah itu tidak apa2 ? semenjak menikah, siklus haid saya jadi kacau padahal sebelum menikah siklus haid saya 30 hari

    Dijawab Oleh : liya
    Diskusi Dari:
    juwita

    Siang Bu Bidan, saya mau tanya, pada bayi usia 7 bulan berapa kali frekuensi BAB yang normal ?

    Dijawab Oleh : juwita
    Diskusi Dari:
    Risky nur

    Pagi Dok. Saat ini saya sering kali merasakan berbagai jenis masalah seperti dada yang sakit, lemas, sakit pada bagian tangan, berkeringat berlebih, panas dingin, gemeteran dan sakit dada sebelah kiri. Awaslnya saya hanya menderita masalah kesehatan tuberculosis 1 Thn. Memang Dokter sudah bilang bahwa saya sudah sembuh dari tuberculosis ini. Tapi kenapa yang tiba tiba tubuh saya jadi merasakan hal hal tadi? Mohon penjelasannya

    Dijawab Oleh : Risky nur
    Diskusi Dari:
    uye (wanita)

    Saya mau tanya bu,saya haid terakhir bulan desember tahun lalu awal haid tgl 11 selesai tgl 17 lalu bulan januari saya tidak haid tp saya ga lgsg testpack karna saya kira cuma telat haid,bulan februari tgl 14 saya ngerasain mual meriang pusing lemes,pas pulang kerja baru saya testpack dan hasilnya positif.
    Kira-kira usia janin saya berapa bulan ya bu?
    Tapi perut saya masih kecil kata keluarga saya.

    Dijawab Oleh : uye (wanita)
    Diskusi Dari:
    samanthabarrient

    Sebelum telat haid sy pernah 2x tespek tp 1 hasil negatif 1 lagi 2 garis tapi samar membayang setelah telat haid 2 hari sy tespek lagi namun negaif , yg saya rasakan sdh 2 minggu ini pusing migran mual dan baru2 ini tenggorokan sy sakit . Apakah sy harus nunggu beberapa hari lagi untuk tespek kembali atau sy langsung memeriksakan diri ke bidan/usg ?

    Dijawab Oleh : samanthabarrient