×

5 Faktor Penyebab Bayi Baru Lahir Sudah Tumbuh Gigi

Bagikan Artikel :

Bidan Online -, 5 Faktor Penyebab Bayi Baru Lahir Sudah Tumbuh Gigi -, Pada kondisi yang normal, bayi akan tumbuh gigi jika sudah mencapai usia 6 sampai 13 bulan, tetapi pada kasus kelahiran bayi diperkirakan ada 1 kasus bayi yang mengalami tumbuh gigi pada saat dilahirkan. Lalu bahayakah ? Dan Apa penyebab sehingga bayi baru lahir sudah tumbuh gigi ?

Meskipun jarang ditemukan mengenai kasus bayi baru lahir sudah tumbuh gigi tapi ini merupkan kasus kelainan pertumbuhan dan perkembangan gigi yang umumnya terjadi pada bagian gigi atas atau bawah. Meskipun si kecil sudah tumbuh gigi tapi hal ini tidak akan membahayakan kesehatan dan gigi susu yang tumbuh dan tanggal dengan sendirinya.

Dalam istilah kedokteran, munculnya gigi pada bayi yang baru lahir disebut dengan natal teeth dan pada umumnya berkembang pada bagian gusi bawah lalu gigi sentral akan timbul. Pada struktur gigi anak dan melekat pada gusi yang berada di jaringan lunak sehingga penempatan yang tidak tepat bisa menyebabkan adanya iritasi. Sebagian besar terjadinya muncul gigi pada bayi baru lahir bukan hanya disebabkan oleh kondisi medis, melainkan juga bisa sebabkan oleh 5 faktor penyebab bayi lahir sudah tumbuh gigi seperti di bawah ini:

Related Posts :
    • Isolated Anomaly adalah penyebab yang paling umum terjadi pada bayi yang memiliki gigi pada saat dilahirkan.
    • Sindrom Ellis Van Crevelnd adalah sindrom yang mewarisi kelainan dan kekerdilan sehingga bisa memicu terjadinya gigi muncul pada saat bayi dilahirkan.
    • Sindrom Pierre Robin adalah kondisi yang sering ditandai dengan rahang bawah yang sangat kecil atau disebut dengan micrognathia alalu lidah cenderung mundur dan ke bawah bahkan celah lunak di langit – langit mulut.
    • Sindrom Soto adalah kondisi yang sangat langka karena bayi tumbuh gigi karena kelainan faktor genetik yang menyebabkan pertumbuhan berlebihan pada anak usia 2-3 tahun di awal pertumbuhannya.
    • Sindrom Hallerman – Streif atau kondisi dimana kelainan ini bisa mempengaruhi tinggi dan juga betuk kepala.

    Kondisi celah putih pada saat bayi dilahirkan memang menjadi kondisi yang langka danhal ini juga didasari karena muncul gigi pada usia 6 -13 bulan dalam bentuk gigi susu. Umumnya pada bayi kemunculkan gigi pertama adalah empat gigi di bagian bawah atau atas yang bisa membantu bayi Anda untuk menggigit dan memotong makanan.

    Menjelang usia 3 tahun anak sudah mulai memiliki satu set gigi yang lengkap dan selanjutkan mulai dari usia 5 tahun sampai 6 tahun akan memungkinan gigi permanen sampai usia anak dewasa.

    Jadi dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir jika saat lahir anak Anda sudah memiliki gigi atau terdapat kemunculan celah warna putih di sela – sela tumbuh gigi. Kondisi bayi lahir sudah tumbuh gigi tidak akan membahayakan kondisi kesehatan bayi Anda dan menjaga sehingga gigi yang tumbuh tetap bersih dan sehat.

    Baca Juga :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 7, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Penyebab Terjadinya Pendarahan

  • Oleh : Riana
  • 2 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat pagi, saya sedang hamil usia kandungan 27 minggu, dengan usia kandungan saya yang masih muda saya menghawatirkan terjadinya pendarahan. yang ingin saya tanyakan apa penyebab terjadinya pendarahan ? Terimakasih

    Mentrulasi

  • Oleh : Fidella Annaumi
  • 1 tahun, 10 bulan yang lalu

    Halo dok mau tanya, usia saya 18 tahun yang sedang sibuk cari kuiah dok, haid saya sellu lancar meski agak panjang sekitar 10 harian, tapi mulai bulan lalu saya haid berwarna hitam dari awal haid sampai akhir dok, dan setelah 11 hari saya haid lagi dengam keadaan yang sama dok haid berwarna hitam, tidak menggumpal, dan hanya sedikit sekali dok seperti flek saja dan berlangsung 13 hari dok, lalu setelah 6 hari flek lagi dok sekarang sudah memasuki 2 hari dari awal flek terakhir dok, apakah ini penyakit?

    Tanya dok

  • Oleh : Novita Sari
  • 8 bulan yang lalu

    Ass dok
    Izin bertanya, saya telah melakukan kesalahan yg lalu. Saat itu saya berhubungan intim. Tetapi darah yg keluar hnya sedikit bsa dibilang saya sudah pecah perawan. Dan baru dengan satu laki laki itu saja, apakah saya masih bsa keluar darah saat berhubungan lagi?

  • Oleh : Novita Sari
  • Benjolan di leher

  • Oleh : Rika Astria
  • 1 bulan, 4 minggu yang lalu

    Bu saya mau tanya saya adabenjolan d leher,mengecil dan mmbesar yg di atas nya bulat danpanjang k bawah dan bergeser,tidak terasa nyeri kurang lbih sudah 2 mnggu

  • Oleh : Rika Astria
  • Tidak haid

  • Oleh : Trisna Trisna
  • 2 tahun, 1 bulan yang lalu

    Tidak haid selama setahun lebih setelah kuret, dan bisa haid kalo minum obat hormon

    Tanya Bidan