5 Faktor Penyebab Bayi Baru Lahir Sudah Tumbuh Gigi

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Bidan Online -, 5 Faktor Penyebab Bayi Baru Lahir Sudah Tumbuh Gigi -, Pada kondisi yang normal, bayi akan tumbuh gigi jika sudah mencapai usia 6 sampai 13 bulan, tetapi pada kasus kelahiran bayi diperkirakan ada 1 kasus bayi yang mengalami tumbuh gigi pada saat dilahirkan. Lalu bahayakah ? Dan Apa penyebab sehingga bayi baru lahir sudah tumbuh gigi ?

    Meskipun jarang ditemukan mengenai kasus bayi baru lahir sudah tumbuh gigi tapi ini merupkan kasus kelainan pertumbuhan dan perkembangan gigi yang umumnya terjadi pada bagian gigi atas atau bawah. Meskipun si kecil sudah tumbuh gigi tapi hal ini tidak akan membahayakan kesehatan dan gigi susu yang tumbuh dan tanggal dengan sendirinya.

    Dalam istilah kedokteran, munculnya gigi pada bayi yang baru lahir disebut dengan natal teeth dan pada umumnya berkembang pada bagian gusi bawah lalu gigi sentral akan timbul. Pada struktur gigi anak dan melekat pada gusi yang berada di jaringan lunak sehingga penempatan yang tidak tepat bisa menyebabkan adanya iritasi. Sebagian besar terjadinya muncul gigi pada bayi baru lahir bukan hanya disebabkan oleh kondisi medis, melainkan juga bisa sebabkan oleh 5 faktor penyebab bayi lahir sudah tumbuh gigi seperti di bawah ini:

    • Isolated Anomaly adalah penyebab yang paling umum terjadi pada bayi yang memiliki gigi pada saat dilahirkan.
    • Sindrom Ellis Van Crevelnd adalah sindrom yang mewarisi kelainan dan kekerdilan sehingga bisa memicu terjadinya gigi muncul pada saat bayi dilahirkan.
    • Sindrom Pierre Robin adalah kondisi yang sering ditandai dengan rahang bawah yang sangat kecil atau disebut dengan micrognathia alalu lidah cenderung mundur dan ke bawah bahkan celah lunak di langit – langit mulut.
    • Sindrom Soto adalah kondisi yang sangat langka karena bayi tumbuh gigi karena kelainan faktor genetik yang menyebabkan pertumbuhan berlebihan pada anak usia 2-3 tahun di awal pertumbuhannya.
    • Sindrom Hallerman – Streif atau kondisi dimana kelainan ini bisa mempengaruhi tinggi dan juga betuk kepala.

    Kondisi celah putih pada saat bayi dilahirkan memang menjadi kondisi yang langka danhal ini juga didasari karena muncul gigi pada usia 6 -13 bulan dalam bentuk gigi susu. Umumnya pada bayi kemunculkan gigi pertama adalah empat gigi di bagian bawah atau atas yang bisa membantu bayi Anda untuk menggigit dan memotong makanan.

    Menjelang usia 3 tahun anak sudah mulai memiliki satu set gigi yang lengkap dan selanjutkan mulai dari usia 5 tahun sampai 6 tahun akan memungkinan gigi permanen sampai usia anak dewasa.

    Jadi dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir jika saat lahir anak Anda sudah memiliki gigi atau terdapat kemunculan celah warna putih di sela – sela tumbuh gigi. Kondisi bayi lahir sudah tumbuh gigi tidak akan membahayakan kondisi kesehatan bayi Anda dan menjaga sehingga gigi yang tumbuh tetap bersih dan sehat.

    Baca Juga :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - March 7, 2017
    Diskusi Dari:
    Riza

    Dok saya mau bertanya, kenapa ya ko rahang saya terasa sangat sakit sekali ketika membuka mulut atau menguap? Hal ini sudah saya rasakan lumayan cukup lama

    Dijawab Oleh : Riza
    Diskusi Dari:
    Aisyah Putri Setiawan

    selamat pagi bu bidan, saya mau bertanya. Saya mempunyai anak usia dua tahun kurang saat ini memang sedang aktif-aktifnya kesana kemari. Namun anak saya itu tidak mau makan sayur, setiap hari anak saya selalu makan dengan daging. Apakah jika anak saya tidak mau makan sayur akan berdampak pada perkembangan juga kesehatannya? dan bagaimana cara agar anak saya mau makan sayur? Mohon jawabannya Terimakasih

    Dijawab Oleh : Aisyah Putri Setiawan
    Diskusi Dari:
    ade

    Memasuki usia kehamilan bulan ketiga, keluar bercak darah dan saya langsung periksa sama bidan dan diberi obat. Ketika obatnya udah habis bercak darah kembali keluar. Apakah pertanda bayi tidak berkembang ?

    Dijawab Oleh : ade
    Diskusi Dari:
    Vina

    Halo dok.. Sy tuti, skrg sy sdg hamil dg uk 24w. S mengalami keputihan selama kehamilan. Apakah itu wajar? Awalnya keputihan normal berwarna putih sperti lendir, tp masuk trimester 2 kehamilan menjadi sperti bubur berwarna putih.. Sy takut apakah membahyakan janin sy?
    Trims yaa

    Dijawab Oleh : Vina
    Diskusi Dari:
    tickanevianti

    selamat siang, saya mau tanya sekarang saya memasuki umur kehamilan 30w berdasar hasil USG terakhir berat badan janin saya 1,04 kg apa berat tersebut kurang? dan jika saya berpuasa ramadhan apa di perbolehkan/ tidak karena faktor berat badan janin tersebut

    Dijawab Oleh : tickanevianti