×

9 Permainan Yang Dapat Menstimulasi Penglihatan Bayi

Bagikan Artikel :

9 Permainan Yang Dapat Menstimulasi Penglihatan Bayi

Penglihatan bayi baru lahir memang belum sempurna. Namun seiring bertambahnya usia kemampuan penglihatan bayi akan semakin membaik. Dengan berkembangnya penglihatan maka akan menunjang perkembangan otak yang optimal karena bayi membutuhkan penglihatan untuk berinteraksi dengan dunia.

Secara garis besar, perkembangan penglihatan bayi tidak hanya dipengaruhi susunan jaringan atau kondisi fisik matanya saja tapi perlu juga dilakukan rangsangan.

Rangsangan yang dimaksud adalah dengan melakukan sesuatu atau latihan dengan memberikan hal yang ia suka seperti permainan. Berikut ini ada adalah permainan yang dapat anda mainkan untuk menstimulasi penglihatan bayi.

Related Posts :
    1. Bermain senter
      Bermain senter di sini yang dimaksud bukan untuk menyenteri mata anak yah. Melainkan menggerakan cahaya senter ke kiri dan ke kanan dengan jarak 20 – 30 cm. Gerakan secara pelan-pelan agar bayi mengikuti arah cahayanya.
      Pada bayi usia satu bulan, dia sudah bisa mengikuti arah gerakan objek di depan matanya. Memasuki usia tiga bulan, bayi sudah lebih pintar. Ia sudah bisa mengarahkan matanya pada benda-benda yang bergerak di depan matanya.
      Ketika usia empat bulan, bayi sudah memiliki kemampuan penglihatan tiga dimensi. Bayi sudah mulai mencoba meraih benda yang dilihatnya. Tapi hanya sebatas gerak refleks objek yang dilihatnya.
    2. Mainan yang memiliki tampilan menarik
      Tampilan mainan anak bayi yang menarik dengan warna – warna yang terang dan mencolok dapat membantu menstimulasi indera penglihatannya. Secara tidak langsung bayi akan mulai mengenali warna – warna yang berbeda. Dengan bantuan orang tua yang bercerita tentang warna mainan, bayi akan menangkapnya dan kemudian saat mulai dapat berbicara ia akan mampu mengenali warna mainam tersebut.
    3. Aneka ekspresi wajah
      Bayi akan terpikat dan terpesona oleh beragam ekspresi wajah yang lucu dan gembira. Walaupun bayi yang baru lahir tampak belum mengerti, tapi permainan berganti-ganti ekspresi wajah adalah stimulasi yang baik untuknya. Peganglah bayi dan dekatkan wajah anda sehingga berjarak antara20-30 cm dari wajah bayi karena bayi hanya dapat melihat dengan jelas pada jarak tersebut. Buatlah konttak mata dengan bayi dan buatlah beragam ekspresi wajah yang lucu.
    4. Cermin
      Bayi biasanya akan kaget saat melihat sosok dirinya di cermin. Dengan memberikan mainan anak bayi yang memiliki cermin, bayi akan belajar mengenali dirinya dan juga bagian tubuhnya melalui cermin tersebut. Pilih mainan cermin yang aman untuk bayi, dengan kata lain bila bayi membanting atau melemparnya tidak akan mudah pecah. Karena hal tersebut dapat membahayakan dan melukai tubuh bayi.
      Bila bayi Anda terasa memiliki gangguan pada matanya karena sebelumnya memberikan mainan yang berbahaya sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis mata untuk Anak. Daftar konsultasi sekarang,
    5. Mainan yang digantung
      Mainan anak bayi yang dipasang menggantung ini sangat baik untuk membantu menstimulasi penglihatan dan juga gerak bayi. Biasanya dipasang di atas tempat tidur bayi, dengan bentuk serta warna yang beragam. Biasanya mainan anak bayi ini juga menimbulkan suarn yang akan semakin menarik perhatian bayi. Saat memasang mainan tersebut diatas tempat tidur bayi, perhatikan keamanannya jangan sampai terlepas karena dapat jatuh menimpa bayi.
    6. Mainan gantung
      Pada usia empat bulan, bayi mulai belajar memperhitungkan jarak dan koordinasi tangan dan mata dan mulai trtarik untuk meraih benda yang ada di hadapanya. Mainan yang digantung di hadapan bayi akan menstimulasi bayi untuk meraihnya
    7. Berjalan di luar
      Dengan berjalan-jalan di luar rumah bayi akan menemukan banyak hal yang baru dan tidak familiar. Berbagai bentuk bunga, pohon, binatang yang ada di luar ruangan memberikan stimulasi penglihatan yang baik
    8. Petak umpet
      pada usia lima bulan, penglihatan bayi sudah semakin matang. Jika anda menyembunyikan bonekanya di bawah bantal tapi memperlihatkan sebagian bagiannya. Bayi akan mengenalnya dan senang mencari dan menemukannya
    9. Ini siapa ya?
      Pada usia delapan bulan, bayi sudah dapat mengenali wajah. Anda dapat menunjukkan foto kakek, nenek atau kerabat yang lain dan melihat apakah bayi dapat mengenali mereka.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 12, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Frekuensi BAB Pada Bayi

  • Oleh : juwita
  • 2 tahun, 7 bulan yang lalu

    Siang Bu Bidan, saya mau tanya, pada bayi usia 7 bulan berapa kali frekuensi BAB yang normal ?

    Keputihan

  • Oleh : Niken Adelia
  • 7 bulan yang lalu

    Dokter saya mau tanya, saya baru selesai haid tiba” bangun tidur terdapat cairan seperti susu berwarna putih tetapi tidak berbau, setelah beberapa menit tiba” terasa habis ngompol dan keluar cairan lagi seperti susu coklat, apakah berbahaya?

    Masalah keputihan

  • Oleh : Ahmad Ahmad
  • 4 bulan, 1 minggu yang lalu

    Dok saya mau tanyak pasangan saya mengalami keputihan kayak air gitu terus gk haid² dia nya terlambat 3 minggu

  • Oleh : Ahmad Ahmad
  • Ejakulasi

  • Oleh : Surya Putra gani
  • 3 bulan yang lalu

    Malam bu bidan, ijin bertanya, apakah tetap bisa terjadi kehamilan, jika setelah pria ejakulasi, tetap digerakkan M.P nya/tetap terus di maju mundurkan?
    Terimakasih,

  • Oleh : Surya Putra gani
  • Benjolan di vagina

  • Oleh : nadila ariska
  • 2 bulan, 3 minggu yang lalu

    selamat malam ,saya perempuan umur 19 tahun belum menikah, di dalam lubang vagina saya terdapat benjolan yang menutupi lubang tersebut. Benjolannya tidak keras dan tidak juga lunak. Untuk siklus haid saya sangat teratur.saya baru menyadari adanya benjolan tersebut saat buang air kecil,dan disaat tumbuhnya pun saya tidak merasakan apa-apa,tidak ada gatal juga. Sudah hampir 2bulan saya mempunyai benjolan ini,dan tidak kunjung mengecil ataupun menghilang. Saya tidak pernah berhubungan badan,tetapi saya pernah mainin lubang saya dengan cara menusuk-nusuk nya dengan jari.Dan disaat itulah timbul rasa yang sangat nyeri .Untuk penyakit ini apakah berbahaya Bu? dan apakah bisa sembuh ?. Itu saja yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf,terima kasih sebelumnya Bu.

  • Oleh : nadila ariska
  • Tanya Bidan