×

Alasan Kenapa Bayi Sering Tertidur Saat Menyusu

Bagikan Artikel :

Alasan Kenapa Bayi Sering Tertidur Saat Menyusu

Aktifitas bayi memang itu-itu saja. Menyusu, menangis, tidur dan main. Tapi Bun sadar gak, kalau bayi sering tertidur selesai menyusu, kenapa ya? Apakah dalam ASI terdapat kandungan obat tidur? Tentu bukan dong ya bun. Lalu apa? Yuk simak di bawah ini!

Sebetulnya bukan ASI yang membuatnya tertidur saat menyusu. Tapi bayi tertidur saat menyusu karena ia merasa sangat nyaman. Komposisi ASI dan respon hormon bayi saat menyusu langsung pada ibu membuat dirinya nyaman dan akhirnya terlelap.

Bayi akan rewel dan tidak tenang saat perutnya kosong. Bayi baru lahir biasanya tertidur di payudara saat mereka kenyang setelah disusui. Ketika perut mereka penuh, hangat, dan nyaman, mereka langsung terlelap. Selain itu, bayi memang memiliki jadwal tidur yang jauh lebih banyak dari orang dewasa, yaitu sekitar 14-18 jam dalam sehari. Jadi jangan heran jika ia tertidur terus dan bangun untuk meminta menyusu kembali.

Tetap Perhatikan Gizi

Apabila Si Kecil terlalu sering tertidur sewaktu disusui, yang dikhawatirkan adalah waktu untuk menyusui jadi berkurang dan membuat asupan zat gizi juga cenderung kurang. Hal ini akan membuat Si Kecil dehidrasi dan kekurangan asupan gizi.

Oleh karena itu, jika Si Kecil memang belum selesai menyusui, sebaiknya bantu bayi untuk tetap terjaga dan menyelesaikan menyusu terlebih dahulu. Lihat tanda-tandanya apakah bayi sudah cukup menyusui atau belum.

Masing-masing bayi biasanya memiliki tanda-tanda sendiri yang dipahami oleh ibunya, apakah ia sudah kenyang atau dia belum kenyang. Namun, ada beberapa tanda umum jika bayi sebenarnya masih lapar, meskipun ia terlihat mengantuk atau memejamkan mata:

• Bayi kamu membuat gerakan mulut seperti menyusui saat tidur atau mungkin membuat suara yang menyerupai ketika sedang menyusu.
• Bayi menggerakan kepalanya seperti mencari-cari payudara ibu.

Related Posts :

    Tanda Bayi Kenyang

    • Payudara kamu terasa lebih lembek setelah menyusui (tidak menegang dan penuh rasanya).
    • Bayi terlihat sangat relaks dan puas

    Cara Membangunka Si Kecil Ketika Tidur

    Jika ibu berniat ingin membangunkan bayi tidur setelah minum ASI, cobalah pijat kaki bayi secara perlahan. Coba juga pijat pada bagian tubuh lainnya sambil berbicara dengan suara rendah. Hindari menggunakan suara yang membuat bayi semakin mengantuk, seperti saat ibu menyanyikan lagu untuk anak sebelum tidur. Buatlah suara yang lebih riang tapi tidak mengagetkan. Ibu juga bisa menggelitiki kakinya, memindahkannya ke payudara sisi sebelahnya, atau membuat bayi bersendawa.

    Saat bayi tidak mau bangun, ibu juga dapat memancingnya dengan menggosok lembut bibir bayi. Dengan sedikit susu di sekitar payudara, gunakan sedikit untuk dioleskan pada bibir bayi. Dengan begitu, bayi akan secara tidak sengaja merasakan susu di mulutnya. Alhasil, bayi akan terbangun dan melanjutkan menyusu.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 15, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    promil

  • Oleh : leni septiani
  • 3 tahun, 9 bulan yang lalu

    saya mau tanya .. awal nikah saya KB dulu suntik 1 bulan 6x .. apakah itu terlalu lama atau tidak ???
    skg mei masih dapat haid .. :(( pengen cepet punya anak bu

    Insomnia Akut

  • Oleh : Alfiyah
  • 6 tahun, 4 bulan yang lalu

    Dok saya mau bertanya, akhir akhir ini saya sering kali merasakan susah tidur atau insomnia. Akibat insomnia, di kantorpun kerjaan menjadi menumpuk dan konsentrasi tidak seperti biasanya. Saya mau bertanya, bagai mana cara mengatasi insomnia akut ini?

  • Oleh : Alfiyah
  • penghitungan kehamilan

  • Oleh : Ratna Paramitha
  • 3 tahun, 3 bulan yang lalu

    saya biasa mens sekitar tanggal 03-09 setiap awal bulan… tapi saat bulan ke 7 saya tdk mens dan bulan ke 8 saya ke bidan di tespack hasilnya 2 garis, perut saya makin membesar tapi saya terus rasakan setiap berhubungan selalu kram perut, dan saya merasa blm ada pergerakan apa yg harus saya lakukan dok… disini sangat susah usg,, kalau mau usg harus ke rs besar…

    Soal kandungan

  • Oleh : Silvia Listi
  • 1 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat pagi dok , mau nanyaa dong
    Saat ini kan saya telat haid baru 1 hari tapi tadi pagi di tespek hasilnya belum kelihatan . Apakah saya harus nunggu telat haid selama 1 minggu dulu ?

    Tolong balas ya dok , soalnya ini program anak pertama jadi kurang paham 🙏

  • Oleh : Silvia Listi
  • Tentang penyakit saya

  • Oleh : Missy Dwi
  • 2 tahun yang lalu

    Permisi dokter saya mau nanyak umur saya masih 19tahun tapi beberapa hari ini awalnya sya merasa skit kepala dibagian belakang kiri kanan stelah itu hilang habis itu dok saya sesak dijantung sama maag saya dok stelah tu kenak skit ke payudara beberapa hari itu kenapa iya dok

  • Oleh : Missy Dwi
  • Tanya Bidan