×

Alasan Kenapa Bayi Sering Tertidur Saat Menyusu

Bagikan Artikel :

Alasan Kenapa Bayi Sering Tertidur Saat Menyusu

Aktifitas bayi memang itu-itu saja. Menyusu, menangis, tidur dan main. Tapi Bun sadar gak, kalau bayi sering tertidur selesai menyusu, kenapa ya? Apakah dalam ASI terdapat kandungan obat tidur? Tentu bukan dong ya bun. Lalu apa? Yuk simak di bawah ini!

Sebetulnya bukan ASI yang membuatnya tertidur saat menyusu. Tapi bayi tertidur saat menyusu karena ia merasa sangat nyaman. Komposisi ASI dan respon hormon bayi saat menyusu langsung pada ibu membuat dirinya nyaman dan akhirnya terlelap.

Bayi akan rewel dan tidak tenang saat perutnya kosong. Bayi baru lahir biasanya tertidur di payudara saat mereka kenyang setelah disusui. Ketika perut mereka penuh, hangat, dan nyaman, mereka langsung terlelap. Selain itu, bayi memang memiliki jadwal tidur yang jauh lebih banyak dari orang dewasa, yaitu sekitar 14-18 jam dalam sehari. Jadi jangan heran jika ia tertidur terus dan bangun untuk meminta menyusu kembali.

Tetap Perhatikan Gizi

Apabila Si Kecil terlalu sering tertidur sewaktu disusui, yang dikhawatirkan adalah waktu untuk menyusui jadi berkurang dan membuat asupan zat gizi juga cenderung kurang. Hal ini akan membuat Si Kecil dehidrasi dan kekurangan asupan gizi.

Related Posts :

    Oleh karena itu, jika Si Kecil memang belum selesai menyusui, sebaiknya bantu bayi untuk tetap terjaga dan menyelesaikan menyusu terlebih dahulu. Lihat tanda-tandanya apakah bayi sudah cukup menyusui atau belum.

    Masing-masing bayi biasanya memiliki tanda-tanda sendiri yang dipahami oleh ibunya, apakah ia sudah kenyang atau dia belum kenyang. Namun, ada beberapa tanda umum jika bayi sebenarnya masih lapar, meskipun ia terlihat mengantuk atau memejamkan mata:

    • Bayi kamu membuat gerakan mulut seperti menyusui saat tidur atau mungkin membuat suara yang menyerupai ketika sedang menyusu.
    • Bayi menggerakan kepalanya seperti mencari-cari payudara ibu.

    Tanda Bayi Kenyang

    • Payudara kamu terasa lebih lembek setelah menyusui (tidak menegang dan penuh rasanya).
    • Bayi terlihat sangat relaks dan puas

    Cara Membangunka Si Kecil Ketika Tidur

    Jika ibu berniat ingin membangunkan bayi tidur setelah minum ASI, cobalah pijat kaki bayi secara perlahan. Coba juga pijat pada bagian tubuh lainnya sambil berbicara dengan suara rendah. Hindari menggunakan suara yang membuat bayi semakin mengantuk, seperti saat ibu menyanyikan lagu untuk anak sebelum tidur. Buatlah suara yang lebih riang tapi tidak mengagetkan. Ibu juga bisa menggelitiki kakinya, memindahkannya ke payudara sisi sebelahnya, atau membuat bayi bersendawa.

    Saat bayi tidak mau bangun, ibu juga dapat memancingnya dengan menggosok lembut bibir bayi. Dengan sedikit susu di sekitar payudara, gunakan sedikit untuk dioleskan pada bibir bayi. Dengan begitu, bayi akan secara tidak sengaja merasakan susu di mulutnya. Alhasil, bayi akan terbangun dan melanjutkan menyusu.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 15, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kontrasepsi

  • Oleh : Diny Fahlevi
  • 2 tahun, 1 bulan yang lalu

    Bu mau tanya saya selama 2 tahun pakai kb 3 bulan awal2 pake kb biasa menstruasi setelah 5 bulan pakai kb 3 bulan saya tidak menstruasi sama sekali sampai sekarang jadi hampir satu tahun lebih tidak menstruasi lalu setelah anak saya 2 tahun saya ganti kontrasepsi kb 1 bulan sudah 2x tapi sampai sekarang belum juga haid apakah kondisi ini normal atau gimana karena setelah suntik kb 1 bulan perut bawah saya selalu sakit seperti mau keluar darah haid tapi ga kunjung keluar mohon bantuannya buu

  • Oleh : Diny Fahlevi
  • Makanan yang dilarang untuk anak yang selesai sunat

  • Oleh : Iis ismayanti
  • 5 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saya mau bertanya apakah ada pantangan makanan untuk anak yang saat ini baru sunat takutnya jika makan sembarangan akan berimbas pada luka sunat yang masih basah. Mohon penjelasannya trims.

    Jarak hamil terlalu dekat. Melahirkan pertama sesar

  • Oleh : Silvia Agustin
  • 9 bulan, 1 minggu yang lalu

    Mau tanya anak saya masih usia 3 bulan jalan ke 4 bulan. Ini saya sdah hamil lagi. Lahiran anak pertama saya sesar.bayaha tidak ya buk? Trus Kapan waktu memeriksa kehamilan?

  • Oleh : Silvia Agustin
  • Pil Kontrasepsi

  • Oleh : Dian Poenya Raizo
  • 4 tahun, 7 bulan yang lalu

    Saya mau tanya kemarin saya melakukan hubungan dengan suami saya tetapi kami berencana menunda momongan. yang jadi masalah tadi siang suami saya tidak sengaja mengeluarkan sperma setetes divagina(saya tidak terasa). lalu saya langsung minum pil KB ? apa pil KB bisa menunda kehamilan? atau pil kontrasepsi darurat jauh lebih manjur dan minum pil kb setelah berhubungan justru tidak berpengaruh dan kemungkinan kehamilan masih ada?
    mohon penjelassannnya

    Kapan ita melakukan tespek yg akurat?

  • Oleh : Nenih Nurjanah
  • 3 tahun, 8 bulan yang lalu

    Assalamualaikum dok selamat pagi ,saya ai nenih dok mau bertanya kapankah melakukan tespek agar hasil lebih akurat ?

    Sedikit cerita saya haid tnggl 29 desember nah pas masa subur setelah selesai haid saya rajin 2x sehari kadang 3xsehari melakukan HB ..
    Nah ini sudah satu minggu dan malam saya tiba tiba mual ntah saya masuk angin atau apa tpi tdi subuh saya iseng iseng tespeck tpi hasilnya agak samar banget garis kedua, dan d fto gak kelihatan bangt klw d fto hasilnya negatif tpi pas d terawang sma saya ada garis tipis bnggt yg satunya pekat.. apakah akurat klw ditespek seminggu setelah berhubungan atau ada baiknya nunggu sampe akhir bulan ? Gmna dok minta infonya trmkasih wasalam

    Tanya Bidan