×

Amankah Jika Bayi Mandi Air Dingin?

Bagikan Artikel :

Amankah Jika Bayi Mandi Air Dingin?

Menurut penelitian mandi air dingin lebih sehat dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Tapi bagaimana dengan bayi. Apakah boleh bayi mandi air dingin?

Related Posts :

    Biasanya para orang tua akan khawatir untuk memandikan bayi mereka dengan air dingin. Padahal pada usia tertentu anak-anak sudah harus diajarkan untuk mandi dengan air dingin. Mandi air dingin bisa membantu anak memiliki daya tahan lingkungan yang lebih kuat, dan juga menyegarkan tubuhnya.

    Sebenarnya tidak ada aturan khusus kapan harus memperkenalkan anak pada air dingin. Hanya saja, Anda harus memperhatikan kondisi fisik si kecil sebelum memandikannya dengan air dingin.

    Usia Berapa Bayi Boleh Mandi Air Dingin?

    Bayi berusia tiga bulan sudah bisa mandi air dingin, hanya saja mulai dengan perlahan-lahan, jangan langsung semuanya air dingin. Idealnya, bayi diperkenalkan dengan air dingin mulai usia enam bulan. Di usia ini, fisiknya sudah dinilai sempurna, dan daya tahan tubuhnya sudah kuat untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar. Hanya saja, pastikan si kecil benar-benar dalam kondisi yang sehat. Proses memandikan dengan air dingin pun sebaiknya dilakukan maksimal 15-20 menit saja.

    Manfaat Mandi Air Dingin Pada Bayi

    Memandikan bayi dengan air dingin dapat ‘memaksa’ tubuh untuk mengeluarkan energi lebih besar untuk menghangatkan badan. Oleh sebab itu, memandikan bayi/anak dengan air dingin baik bagi tumbuh kembangnya. Penelitian menyatakan, mandi air dingin akan meningkatkan jumlah sel darah putih bila dibandingkan dengan mandi air hangat. Dengan meningkatnya jumlah sel darah putih, tubuh akan lebih mampu melawan kuman penyakit.

    Kondisi Bayi Yang Siap Mandi Air Dingin

    1. Bayi lahir harus dalam kondisi normal dan sehat
    2. Bayi lahir cukup bulan, paling tidak memiliki umur kelahiran sembilan bulan/37 minggu
    3. Berat badan lahir minimal minimal 2,5 kg

    Lain soalnya jika si kecil lahir dalam kondisi prematur. Jika lahir prematur sebaiknya jangan memandikan bayi dengan air dingin di usia dua bulan. “Kulit bayi prematur lebih tipis dan butuh waktu yang lebih lama untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya, tukasnya. Hal ini dikhawatirkan akan menyebabkan bayi mengalami hipotermia (kedinginan) dan berakibat menghambat tumbuh kembangnya. Yang lebih berbahaya lagi, kondisi ini juga bisa menyebabkan bayi tiba-tiba “lupa” bernafas karena suhu yang terlalu dingin dan menghambat saluran nafasnya.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 23, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    Menstruasi

  • Oleh : Adhy Putra Lautan
  • 5 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat Malam,dok saya mau tanya tentang mentruasi saya.
    Awalnya saya sekitar dua bulan tidak haid,lalu baru bulan ini haid,tapi dari tanggal 13 sampai dengan tgl 23 hari ini darah haid saya masih keluar,berbahaya atau tidak ya dok?
    Terima kasih.

    Jerawat di vagina

  • Oleh : Agustina Effendi
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat malam dok. Mau bertanya, kmrn di vagina saya daerah tumbuhnya rambut ada satu jerawat, jerawat ini muncul beberapa hari setelah saya mencukur bulu, dan berbarengan jg dgn kemunculan jerawat di wajah.
    Jerawat yg di vagina td seperti pecah dan mengeluarkan darah. Kira2 berbahaya atau tidak ya?

    Muntah setelah minum ASI

  • Oleh : Debby
  • 3 tahun, 9 bulan yang lalu

    Siang Bu Bidan,
    Bayi saya usia 4 bulan sering muntah kalau sudah minum ASI. Muntahnya kadang banyak dan kadang sedikit. Apa penyebab bayi saya sering muntah ? Apa bayi saya baik-baik saja kalau sering muntah ?

    Konsul hamil

  • Oleh : Nirwana Tanio
  • 2 tahun, 4 bulan yang lalu

    Assalamualaikum dok, saya ingin hamil tapi asi saya msh bnyak.. Apakah itu klebihan hormon atau gmna yah dok.. Anak saya sdh 3th lbih

    Telat haid

  • Oleh : Risma Imma
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    Saya mau Tanya. Wkt bulan 10 Saya haid Dari TGL 29-2 November. Kemudian akhir November Saya seprtinya ada kluar darah tapi semacam flek. Mulai December sampai sekrang tidk prnh lagi tpi Saya tespack masih negatif. Apakah itu bulan ketika flek kluar sudah terhitung telat datang bulan? Dan apakah Saya ada kemungkinan hamil tpi tespack masih negatif

    Tanya Bidan