×

Amankah Jika Bayi Mandi Air Dingin?

Bagikan Artikel :

Amankah Jika Bayi Mandi Air Dingin?

Menurut penelitian mandi air dingin lebih sehat dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Tapi bagaimana dengan bayi. Apakah boleh bayi mandi air dingin?

Biasanya para orang tua akan khawatir untuk memandikan bayi mereka dengan air dingin. Padahal pada usia tertentu anak-anak sudah harus diajarkan untuk mandi dengan air dingin. Mandi air dingin bisa membantu anak memiliki daya tahan lingkungan yang lebih kuat, dan juga menyegarkan tubuhnya.

Sebenarnya tidak ada aturan khusus kapan harus memperkenalkan anak pada air dingin. Hanya saja, Anda harus memperhatikan kondisi fisik si kecil sebelum memandikannya dengan air dingin.

Usia Berapa Bayi Boleh Mandi Air Dingin?

Bayi berusia tiga bulan sudah bisa mandi air dingin, hanya saja mulai dengan perlahan-lahan, jangan langsung semuanya air dingin. Idealnya, bayi diperkenalkan dengan air dingin mulai usia enam bulan. Di usia ini, fisiknya sudah dinilai sempurna, dan daya tahan tubuhnya sudah kuat untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar. Hanya saja, pastikan si kecil benar-benar dalam kondisi yang sehat. Proses memandikan dengan air dingin pun sebaiknya dilakukan maksimal 15-20 menit saja.

Manfaat Mandi Air Dingin Pada Bayi

Memandikan bayi dengan air dingin dapat ‘memaksa’ tubuh untuk mengeluarkan energi lebih besar untuk menghangatkan badan. Oleh sebab itu, memandikan bayi/anak dengan air dingin baik bagi tumbuh kembangnya. Penelitian menyatakan, mandi air dingin akan meningkatkan jumlah sel darah putih bila dibandingkan dengan mandi air hangat. Dengan meningkatnya jumlah sel darah putih, tubuh akan lebih mampu melawan kuman penyakit.

Kondisi Bayi Yang Siap Mandi Air Dingin

  1. Bayi lahir harus dalam kondisi normal dan sehat
  2. Bayi lahir cukup bulan, paling tidak memiliki umur kelahiran sembilan bulan/37 minggu
  3. Berat badan lahir minimal minimal 2,5 kg

Lain soalnya jika si kecil lahir dalam kondisi prematur. Jika lahir prematur sebaiknya jangan memandikan bayi dengan air dingin di usia dua bulan. “Kulit bayi prematur lebih tipis dan butuh waktu yang lebih lama untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya, tukasnya. Hal ini dikhawatirkan akan menyebabkan bayi mengalami hipotermia (kedinginan) dan berakibat menghambat tumbuh kembangnya. Yang lebih berbahaya lagi, kondisi ini juga bisa menyebabkan bayi tiba-tiba “lupa” bernafas karena suhu yang terlalu dingin dan menghambat saluran nafasnya.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 23, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kb

  • Oleh : Erna Wati
  • 2 tahun, 10 bulan yang lalu

    Saya kb 3 bulan setelah kb 1 bulan saya haid ,udah hmpir 1 minggu haid nya belum brhenti” apakah bahaya ?

  • Oleh : Erna Wati
  • Tentang terlambat haid

  • Oleh : Marya ulfa Marya ulfa
  • 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    Saya pasang KB di bulan 22 November habis nya 14 februari.
    Dari November smpai akhir Januari haid terus ngak berhenti selama itu. Dan smpai sekarang ngak ada pasang KB lagi,tapi haid ngak keluar2

  • Oleh : Marya ulfa Marya ulfa
  • Tentang haid

  • Oleh : Vina Pratiwi
  • 3 tahun yang lalu

    Saya mau konsul kan saya blm di bulan juni trus saya haid dibulan juli tnggal 1 trus darah coklat trus ga kluar di softek apa itu normal dok

  • Oleh : Vina Pratiwi
  • Negatif tapi tidak menstruasi

  • Oleh : Sintya Rizka Afriani
  • 3 tahun, 11 bulan yang lalu

    Bulan april saya menstruasi tgl 7 bu, mei tgl 11 dan juni tanggal 9 kemudian mens lagi tgl 22 juni sampai 25 juni
    Tanggal 3 juli saya melakukan hubungan suami istri, dan suami tidak menggunakan konstrasepsi (kondom) karena saya gak pasang IUD atau pil kb atau suntik kb jadi pakainya kondom bu, tp tgl 3 gak pakai kondom sedangkan suami dikeluarkan di dalam setelah 3 jam kemudian saya minum postinor 2 bu, langsung 2 pil sekaligus sesuai anjuran box, kemudian sampai sekarang tgl 5 agustus saya belum menstruasi saya sudah tespack pakai sensitif dan one med hasilnya negatif semua mulai dari 2 minggu stlh berhubungan sampai saya telat 2 minggu hasilnya negatif tapi sampai sekarang belum menstruasi.
    Pertanyaan saya apakah hasil tespek itu benar bahwa negatif, apakah benar postinor dapat mempengaruhi siklus menstruasi?

  • Oleh : Sintya Rizka Afriani
  • Benjolan pada rambut area miss v

  • Oleh : Wifi Healthy
  • 3 tahun, 10 bulan yang lalu

    Halo bu bidan, usia saya 25tahun dan di daerah rambut miss v saya ada benjolan kecil sekali tp tidak terasa sakit atau gatal atau nyeri sama sekali. Bahkan alhamdulillah tidak mengganggu aktivitas saya. Apa itu berbahaya bu bidan? Saya lihat di video youtube ibu katanya tidak berbahaya apa benar?

  • Oleh : Wifi Healthy
  • Tanya Bidan