×

Amankah Penggunaan Kipas Angin Saat Bayi Tertidur?

Bagikan Artikel :

Amankah Penggunaan Kipas Angin Saat Bayi Tertidur?

Bunda, kali ini bidan Citra mau nanya nih! Menurut bunda bahaya gak sih kipas angin nyala saat bayi tertidur pulas? Pasti banyak yang berfikir gak aman, karena takut menimbulkan risiko kesehatan pada anak yak an ?

Ternyata dugaan bunda belum tentu benar. Menurut penelitian yang diterbitkan di Archives of Pediatric & Adolescent Medicine, menempatkan bayi Anda tidur dengan kipas angin di kamarnya secara signifikan dapat mengurangi risiko sindrom kematian bayi mendadak atau Sudden Infant Death Syndrome (SIDS). Studi ini menunjukkan bahwa sirkulasi udara yang ditimbulkan oleh kipas angin akan melindungi bayi bahaya menghirup karbondioksida. Tapi tidak kipas angin saja bunda, AC dan jendela yang terbuka bisa membantu meningkatkan sirkulasi udara.

Perhatikan Kebersihan Kipas Angin

Namun perlu diperhatikan juga kebersihan kipas angin. Debu atau kotoran yang menempel di kipas angin akan tertiup dan bisa dihirup oleh anak Anda. Debu dan kotoran ini bisa menimbulkan batuk-batuk pada anak. Jika pernapasan anak Anda sensitif bukan tidak mungkin debu tersebut dapat menimbulkan penyakit paru-paru.

Related Posts :

    Tips Untuk Mencegah Sesak Napas Karena Kipas Angin Menyala Sepanjang Malam

    Nyalakan timer 15-30 menit saat mulai beranjak tidur. Arah angin pada kipas harus diputar agar angin yang mengarah langsung ke tubuh dan dan pastikan kecepatan kipas angint tidak terlalu besar atau tinggi.
    Kalau memang Anda atau anak Anda tidak bisa tidur karena terlalu gerah, menyalakan kipas angin dengan keadaan pintu kamar yang dibiarkan terbuka. Tujuannya untuk menghindari kejenuhan karbondioksida dalam ruangan dan sirkulasi udara dapat berfungsi dengan baik.

    Jangan Letakkan Kipas Angin Yang Bisa Dijangkau Bayi

    Ini bisa menjadi risiko apabila bayi sudah terbangun dan mengambil kipas angin. Yang menjadi bahayanya jari si kecil masuk ke dalam kipas angin dan melukai jarinya. Apabila kipas angin ini diletakkan di tempat yang bisa dijangkau maka sebaiknya jangan ditinggalkan.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : May 3, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Benjolan pada vagina

  • Oleh : Zahra Zulfatma
  • 5 bulan, 1 minggu yang lalu

    Assalamualaikum perkenalkan saya zahra, saya ingin curhat divagina saya ada benjolan dan rasanya itu nyeri kalo di pegang , awalnya sih kecil tapi tmbah hari semakin agak membesar .. itu saya kenapa ya? Solusi untuk mengatasinya gimana ya ??

  • Oleh : Zahra Zulfatma
  • Pertanyaan

  • Oleh : Ganda Yana
  • 7 bulan, 4 minggu yang lalu

    Dok,apa emng bener kalo penis bersentuhan dengan vagina bisa hamil?

  • Oleh : Ganda Yana
  • Keluar bercak merah kecoklatan sebelum masa haid

  • Oleh : Dwi Nanda
  • 7 bulan, 1 minggu yang lalu

    Mau tanya dok apakah itu normal?, padahal saya baru umur 18 tahun dan memang siklus haid saya belum teratur

    Menstuasi

  • Oleh : Humaira Humaira
  • 7 bulan, 1 minggu yang lalu

    Dok, saya mau konsul, saya sudah tidak ada menstruasi selama 2 bulan, tapi stelah dua bulan tidak ada menstruasi keluar bercak hitam selama 30 hari, keluarnya tidak banyak dok cuman sedikit, tapi saya takut apa itu penyakit.karena keluarnya seperti lem, lengket gitu dok.hanya itu
    Terimakasih dok

    cara mengetahui lebih dini mengenai kehamilan anggur

  • Oleh : Ratu
  • 4 tahun, 5 bulan yang lalu

    Pagi Bu Bidan, sodara saya kemarin mengalami keguguran yang diakibatkan oleh kehamilan anggur atau kosong. Namun, hal itu sebelumnya tidak diketahui oleh keluarga kami dan sebelumnya juga kami menyangka sodara saya mengalami kehamilan normal.

    Nah, belajar dari pengalaman sodara saya, bagaimana cara mengetahui lebih dini mengenai hamil anggur itu? dan adakah gejala yang membedakannya?

    Tanya Bidan