×

Apakah Bercak Putih Pada Lidah Bayi Berbahaya ?

Bagikan Artikel :

Selamat datang di website Bidan Online, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi yang tidak kalah penting mengenai kesehatan bayi yaitu bercak putih yang kerap terjadi pada bayi dan membuat ibu – ibu muda menjadi khawatir akan kondisi kesehatan bayinya. Berikut informasi mengenai Apakah Bercak Putih Pada Lidah Bayi Berbahaya ? Bagi Anda yang bertanya – tanya silahkan untuk meneruskan membaca informasi dari kami.

Related Posts :

    Apabila bunda sangat mengkhawatirkan kondisi bayi Anda yang memiliki bercak putih di lidah, sebaiknya kenali terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab bayi Anda mengalami lidah berwarna putih atau disebut dengan oral thrust. Rongga mulut bayi yang kering dan menyebar menjadi lapisan putih tidak berbahaya tetapi apabila dibiarkan bisa mengganggu proses pemberian ASI. Dan yang menjadi salah satu penyebab bercak putih di lidah bayi adalah infeksi jamur Candida Albicans.

    Pada dasarnya infeksi pada lidah bayi ini bisa terjadi karena rongga mulut dan lidah bayi yang kurang terjaga kebersihannya. Selain itu penyebabnya juga bisa diakibatkan oleh peradangan pada bagian payudara ibu yang sedang menyusui, apabila ibu menyusui mengkonsumsi antibiotik setelah selesai melahirkan maka peluang terjadinya bercak putih pada bayi menjadi semakin besar. Dan, penyebab yang terakhir bercak putih pada bayi diakibatkan oleh kurangnya kebersihan baik ibu dan bayi seperti menyediakan botol susu yang kurang bersih atau kurang menjaga kebersihan tangan pada ibu yang sedang menyusui.

    Apabila bunda bertanya – tanya apakah bercak putih pada lidah bayi berbahaya ? Maka bunda tidak perlu cemas berlebihan karena dalam beberapa kasus infeksi jamur bisa sembuh dengan sendirinya meskipun harus menunggu dalam waktu yang lebih lama dan bagi Anda yang memiliki masalah lidah bayi terdapat bercak putih maka bisa melakukan cara penanganan seperti di bawah ini :

    • Untuk bayi Anda yang selesai mendapatkan ASI, bersihkan mulutnya dengan menggunakan air hangat dan pastikan suhunya tidak terlalu panas sehingga aman untuk kulit bayi yang masih sensitif. Anda juga bisa menggunakan kasa steril yang sudah dibasahi dengan air hangat lalu membersihkan mulut bayi dengan cara mengusapnya.
    • Jika Anda memberikan bayi Anda empeng maka rajinlah membersihkan empeng. Apabila tidak sering dibersihkan maka bakteri dan jamur yang menempel akan langsung masuk ke dalam mulut bayi. Anda bisa memberihkan empeng bayi dengan merendamkannya ke dalam air panas sebelum memberikannya pada bayi Anda.
    • Sedangkan apabila bayi Anda mendapatkan susu formula maka Anda bisa memberikan susu formula jika berat bayi sudah ideal maka bisa dihentikan di malam hari dan menggantinya dengan air putih tetapi apabila mendapatkan penolakan maka Anda bisa menggantinya dengan membilasnya menggunakan air putih.

    Demikian informasi mengenai bercak putih pada lidah bayi, semoga bisa membantu Anda yang mungkin sedang cemas atau mengkhawatirkan kondisi bayi Anda. Serta, bagi Anda yang kesulitan dalam mengatasi lidah bayi yang berwarna putih, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter sehingga diberikan obat antijamur untuk bagian mulut bayi yang terkena infeksi.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : May 2, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Alasan kenapa ibu bisa meninggal saat melahirkan

  • Oleh : Ai Ni
  • 4 tahun, 11 bulan yang lalu

    Sore bu, saya mau nanya nih.
    Saat ini saya mengandung usia kehamilan 8 bulan, menjelang melahirkan saya menjadi banyak ketakutan sekali. Takut terjadi apa-apa saat persalinan yang nantinya bisa meibuhayakan saya maupun bayi saya. Apalagi setelah saya meibuca beberapa artikel yang menyebutkan bahwa angka kematian ibu saat melahirkan lumayan tinggi. Nah yang mau saya tanyakan ialah, sebenarnya apa sih penyebabnya kematian ibu melahirkan tersebut? Mohon infonya ya. Terimakasih

  • Oleh : Ai Ni
  • Masalah Pada Vagina

  • Oleh : Jenni
  • 3 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat siang dok, saya mau bertanya. Saat ini usia pernikahan saya menginjak 2 minggu. Saat saya melakukan hubungan intim dengan suami saya pertama kalinya, tiba tiba saya merasakan gatal di bagian vagina yang tidak tertahankan. Selain itu, dari bagian vagina saya juga keluar cairan putih yang di sertai dengan kepingan putih seperti susu. Selain itu, saya juga sering merasakan gatal, perih dan juga sakit yang begitu dasyat ketika melakukan hubungan. Apakah ini merupakan hal yang serius bagi kesehatan?

    bayi usia 2 bulan sudah 4 hari tidak mau pup

  • Oleh : samanthau51
  • 4 tahun, 1 bulan yang lalu

    bu bidan tolong saya, bagaimana caranya agar bayi saya mau pup? Sudah 4 hari ini dia tidak pup, apa yang salah? bagaimana baiknya?

    Telat Haid

  • Oleh : Ira Putri
  • 12 bulan yang lalu

    Assalamuallaikum ibu bidan….
    Saya mau tanya saya udah telat haid 19hari sudah berapa kali tes hasilnya negatif salahnya itu dimana ya dok….
    saya jadi bingung…..
    terus saya keputihan terus kayak air terus ada juga berlendir……
    Mintak solusinya dok itu apakah saya beneran hamil atau tidak….
    Terimakasih y dok atas bantuanya

  • Oleh : Ira Putri
  • Penggunaan test pack

  • Oleh : Julia Sarah
  • 1 tahun, 11 bulan yang lalu

    Apa penggunaan testpack jika posisi miring dan melebihi batas maximal bisa tidak akurat?

    Tanya Bidan