×

Apakah Bercak Putih Pada Lidah Bayi Berbahaya ?

Bagikan Artikel :

Selamat datang di website Bidan Online, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi yang tidak kalah penting mengenai kesehatan bayi yaitu bercak putih yang kerap terjadi pada bayi dan membuat ibu – ibu muda menjadi khawatir akan kondisi kesehatan bayinya. Berikut informasi mengenai Apakah Bercak Putih Pada Lidah Bayi Berbahaya ? Bagi Anda yang bertanya – tanya silahkan untuk meneruskan membaca informasi dari kami.

Related Posts :

    Apabila bunda sangat mengkhawatirkan kondisi bayi Anda yang memiliki bercak putih di lidah, sebaiknya kenali terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab bayi Anda mengalami lidah berwarna putih atau disebut dengan oral thrust. Rongga mulut bayi yang kering dan menyebar menjadi lapisan putih tidak berbahaya tetapi apabila dibiarkan bisa mengganggu proses pemberian ASI. Dan yang menjadi salah satu penyebab bercak putih di lidah bayi adalah infeksi jamur Candida Albicans.

    Pada dasarnya infeksi pada lidah bayi ini bisa terjadi karena rongga mulut dan lidah bayi yang kurang terjaga kebersihannya. Selain itu penyebabnya juga bisa diakibatkan oleh peradangan pada bagian payudara ibu yang sedang menyusui, apabila ibu menyusui mengkonsumsi antibiotik setelah selesai melahirkan maka peluang terjadinya bercak putih pada bayi menjadi semakin besar. Dan, penyebab yang terakhir bercak putih pada bayi diakibatkan oleh kurangnya kebersihan baik ibu dan bayi seperti menyediakan botol susu yang kurang bersih atau kurang menjaga kebersihan tangan pada ibu yang sedang menyusui.

    Apabila bunda bertanya – tanya apakah bercak putih pada lidah bayi berbahaya ? Maka bunda tidak perlu cemas berlebihan karena dalam beberapa kasus infeksi jamur bisa sembuh dengan sendirinya meskipun harus menunggu dalam waktu yang lebih lama dan bagi Anda yang memiliki masalah lidah bayi terdapat bercak putih maka bisa melakukan cara penanganan seperti di bawah ini :

    • Untuk bayi Anda yang selesai mendapatkan ASI, bersihkan mulutnya dengan menggunakan air hangat dan pastikan suhunya tidak terlalu panas sehingga aman untuk kulit bayi yang masih sensitif. Anda juga bisa menggunakan kasa steril yang sudah dibasahi dengan air hangat lalu membersihkan mulut bayi dengan cara mengusapnya.
    • Jika Anda memberikan bayi Anda empeng maka rajinlah membersihkan empeng. Apabila tidak sering dibersihkan maka bakteri dan jamur yang menempel akan langsung masuk ke dalam mulut bayi. Anda bisa memberihkan empeng bayi dengan merendamkannya ke dalam air panas sebelum memberikannya pada bayi Anda.
    • Sedangkan apabila bayi Anda mendapatkan susu formula maka Anda bisa memberikan susu formula jika berat bayi sudah ideal maka bisa dihentikan di malam hari dan menggantinya dengan air putih tetapi apabila mendapatkan penolakan maka Anda bisa menggantinya dengan membilasnya menggunakan air putih.

    Demikian informasi mengenai bercak putih pada lidah bayi, semoga bisa membantu Anda yang mungkin sedang cemas atau mengkhawatirkan kondisi bayi Anda. Serta, bagi Anda yang kesulitan dalam mengatasi lidah bayi yang berwarna putih, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter sehingga diberikan obat antijamur untuk bagian mulut bayi yang terkena infeksi.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : May 2, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Telat Menstrulasi

  • Oleh : Pipit Winartii
  • 4 tahun yang lalu

    Selamat siang dok…
    Saya mau bertanya. Saat ini saya sudah berusia 33 tahun dan sudah telat menstrulasi selama 2 bulan, dan sering merasakan mual layaknya orang hamil, khusunya di pagi dan malam hari. Namun ketika saya mengecek dengan menggunakan test pack hasilnya justru negatif. Yang saya mau tanyakan apakan ada kemungkinan saya hamil sedangkan hasil test peck menunjukan negatif?

  • Oleh : Pipit Winartii
  • Apakah Perlu Bayi di Bedong ?

  • Oleh : Marini Sjola Manoppo
  • 4 tahun, 1 bulan yang lalu

    Assalamu’alaikum bu bidan,
    Saya sedang hamil anak pertama, saya mau tanya dong bu bidan saya apakah bayi baru lahir itu wajib di bedong atau tidak ? ada apa saja manfaat dan bahayanya ? terus batasan untuk membedong bayi kira-kira sampai umur berapa ?
    terima kasih ditunggu balasannya bu bidan

    kehamilan

  • Oleh : Pipit Winartii
  • 2 tahun, 3 bulan yang lalu

    Selamat Pagi dok,

    istri saya haid terakhir tanggal 5 Juni 2018 dan berakhir pada tanggal 16 juni 2018
    kemudian saya melakukan hubungan dengan istri saya terakhir tanggal 25 Juni 2018
    apakah bisa hamil jika saya melakukan hubungan di tanggal tersebut ?

    dikarenakan saya ada tugas diluar kota ?
    saya takut terjadi sesuatu kejadian yang tidak di ingikan oleh istri saya.

    mohon jawabannya Dok,

    salam,

    Susah Ereksi

  • Oleh : Muhammad Risku
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    Dok berumur 21 thn knapa y, beberapa hari ini penis syg susah bangat untuk ereksinya dok,,

    Tolong Jawaban nya segara dok,,saya sngat cemas dngan keaadaan sy yg skarang ini dok

    Apakah ibu hamil yang punya kista harus menjalani persalinan dengan operasi caesar?

  • Oleh : KaiSsyakurria Beih Tayyeh
  • 4 tahun yang lalu

    Apakah ibu hamil yang punya kista harus menjalani persalinan dengan operasi caesar? Masalahnya usia kandunganku kini sudah 9 bulan tapi bayinya belum turun juga, tolong solusinya ya ibu bidan? terima kasih.

  • Oleh : KaiSsyakurria Beih Tayyeh
  • Tanya Bidan