×

Bagian Pemijatan Pada Bayi Yang Benar dan Manfaatnya

Bagikan Artikel :

www.curhatbidan.com – Sebuah pijatan hangat dari tangan akan memberikan banyak manfaat untuk sang bayi. Namun sebelum melakukan pijatan tersebut, perlu diketahui ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya pijatan Anda tidak menyakiti pada tubuh mungilnya. Pemijatan pada bayi merupakan salah satu pengobatan tradisional yang sampai sekarang ini masih bertahan. Hal itu disebabkan karena manfaat yang dihasilkan dari pijatan pada bayi telah terbukti khasiatnya.

Saat memijat bayi harus dilakukan dengan penuh kelembutan. Ketika sedang memijatnya, Anda dapat mengajaknya berbicara ataupun bernyanyi supaya sang bayi menikmatinya. Menurut penelitian yang telah dilakukan oleh Vimala McClure bahwa, pemijatan pada bayi akan membuat organ otak berkembang dengan baik. Pijatan pada bayi akan mempercepat mielenasi atau proses perlapisan  saraf. Saat saraf-saraf terlah terlapisi mielenasi (pelindung saraf), maka akan mempercepat transmisi impuls dari otak ke bagian seluruh tubuh.

Maka dari itu sangat dianjurkan pada Bunda untuk mengetahui teknik pemijatan pada bayi. Dengan pembelajaran teknik tersebut dapat maka dapat menjaga keadaan bayi supaya ada dalam kondisi yang sehat serta perkembangan tubuhnya pun baik. Menganai teknik pemijatan pada bayi harus dipelajari dengan baik dan benar, karena pada setiap pijatan pada bagian tubuhnya memiliki tujuan serta manfaat sendiri.

Berikut bagian pemijatan pada tubuh bayi beserta manfaatnya :

  • Pemijatan Pada Bagian Perut

Manfaat pemijatan pada bagian perut bayi adalah untuk mengatasi masalah pada proses pencernaan bayi. Jika bayi mengalami susah buang air besar, sembelit atau sakit perut bisa lakukan pemijatan dengan lembut. Teknik pemijatan dengan membentuk huruf I, L, U pada perut akan memberikan manfaat dalam mengatasi masalah tersebut.

  • Pemijatan Pada Bagian Dada

Pemijatan pada bagian dada berkaitan dengan memperlancar proses pernafasan. Saat menghadapi perubahan cuaca yang tidak menentu dapat menyebabkan sang bayi terkena flu atau pilek. Dengan pemijatan membentuk kupu-kupu pada bagian dada maka akan membantu meredakannya.

  • Pemijatan Pada Bagian Punggung

Memijat pada bagian punggung bayi ditujukan untuk merelaksasi pada punggungnya yang mungkin saja merasakan kelelahan karena aktivitas kesehariannya seperti digendong atau telentang seharian. Pijatan tersebut juga sangat bermanfaat untuk merangsang pada pertumbuhan tulang punggung bayi. Untuk cara memijatnya yaitu dimulai dari bagian bokong lalu naik sampai ke pundak dengan teknik kedua tangan seperti memutar.

  • Pemijatan Pada Bagian Rahang

Pemijatan pada bagian rahang sangat bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan gigi si kecil. Teknik pemijatan yang baik dan benar yaitu dengan mengusap secara perlahan dan pelan pada bagian rahang, kemudian berlanjut pada bagian dagu hingga ke mulut. Namun harus dilakukan dengan hati-hati dan penuh kasih sayang.

  • Pemijatan Pada Bagian Tangan dan Lengan

Pada pemijatan ini bertujuan untuk melancarkan proses peredaran darah, menguatkan otak tangan, dan merangsang keaktifan saraf motorik tangan bayi. Teknik pemijatannya dimulai pada bagian tangan menuju bagian lengan.

  • Pemijatan Pada Bagian Kaki

Manfaat dari pemijatan pada bagian kaki yaitu untuk merangsang pertumbuhan tulang dan saraf motorik pada kaki. Dan hal ini sangatlah penting ketika sang bayi sudah mulai proses belajar merangkak atau berjalan. Karena aktivitas tersebut dapat melelahkan kakinya. Pijatlah pada bagian kaki dengan cara mengusap-usap pergelangan kaki kemudian naik hingga bagian paha.

  • Pemijatan Pada Bagian Telapak Kaki

Manfaat dari pemijatan ini hampir sama dengan yang sebelumnya. Untuk mempercepat si kecil berjalan, maka lakukan pemijatan dibagian telapak kaki untuk menguatkan telapak kaki dalam menopang tubuh bayi supaya bisa berdiri. Dengan cara pemijatan pada bagian ujung telapak kaki (tumit) menuju ke pangkal jari.

Persiapan Sebelum Memijat Bayi

Sebelum melakukan pemijatan pada bayi, pastikan untuk menyediakan ruang yang bersuhu hangat, dengan suasana yang tenang sehingga membuatnya nyaman. Siapkan semua perangkat yang dibutuhkan ketika akan memijat bayi seperti handuk atau tatakan untuk alas bayi, minyak untuk menggosok (disarankan untuk memakai baby oil), pakaian bayi dan popok.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 3, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kehamilan

  • Oleh : Putri anggreani
  • 6 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, maaf saya mau tanya ni 1 minggu yg lalu saya test pack hasil nya positif garis 2 , terus gejala yg saya alami itu mual muntah, kram perut atau sakit seperti menusuk², kdang saya sering sakit perut mules seperti ingin bab tetapi tidak bab bu, pertanyaan saya apakah itu normal bu?

  • Oleh : Putri anggreani
  • Onani

  • Oleh : Herry Firdaus
  • 2 tahun, 11 bulan yang lalu

    Sy sudah punya istri tapi masih suka onani itu knp ?

    Haid tidak lancar setelah melahirkan

  • Oleh : wastini
  • 4 tahun, 6 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya mau bertanya istri saya mengalami haid yang tidak lancar setelah melahirkan namun di awal nipas haid istri saya lancar-lancar saja. Dan setelah itu selama 3 bulan istri saya tidak haid juga mohon penjelasannya apakah ini normal?

    Ketinggalan memberikan imunisasi anak

  • Oleh : Aryanto Id
  • 5 tahun, 5 bulan yang lalu

    assalamu’alaikum
    bu bidan, saya ingin tanya dong kemaren anak saya berumur 4 bulan katanya harus diberikan vaksin DPT namun kemaren pas jadwal imunisasi lagi demam jadi saya telat memberikan vaksin nya. apakah itu tidak berbahaya ? apakah masih bisa diberikan imunisasi DPT tersebut ? terima kasih sebelumnya

  • Oleh : Aryanto Id
  • Berhubungan Seks

  • Oleh : Sherly davies
  • 3 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat Siang Dok, Saya mau bertanya, saat ini saya sedang menunda kehamilan. Saya sering kali melakukan hubungan intim bahkan hingga 3 sampai 4 kali seharinya. Namun karena saya menunda kehamilan, saya selalu mengeluarkan sperma di luar. Yang saya mau tanyakan apakah dengan kondisi dan kebiasaan ini saya bisa hamil? dan apa dampak bahaya dan manfaat melakukan hubungan intim yang sering ini?

    Tanya Bidan