×

Bayi Bisa Mengalami Alergi ASI, Benarkah?

Bagikan Artikel :

Bayi Bisa Mengalami Alergi ASI, Benarkah?

Mungkin bagi bunda bayi hanya bisa mengalami alergi dari makanan, susu, debu dan cuaca. Tapi ternyata tidak hanya itu lho Bund, bayi juga bisa mengalami alergi ASI. Lho kok bisa ya? Apakah ini hanya mitos atau fakta?

Ya alergi ASI ini bisa dialami bayi yang menyusu. Namun, penyebabnya bukan karena ASI, melainkan makanan yang dikonsumsi ibunya selama menyusui.

Pada tahun 1983, ilmuwan Swedia membuktikan bahwa bayi kolik tidak akan mengalami masalah apa pun saat konsumsi ASI ibu. Namun, mereka bisa alergi terhadap protein yang melewati usus, lalu ke aliran darah ibu dan masuk ke ASI.

Dalam waktu 30 menit setelah ibu makan, sejumlah kecil dari protein akan mengalir ke perut, lalu ke payudara. Protein itu dapat bertahan selama berjam-jam di sana.

Apa Saja Gejala Bayi Alergi ASI?

Alergi merupakan reaksi berlebihan dari sistem kekebalan tubuh karena mencoba melindungi diri dari protein asing. Pada bayi yang mengalami alergi karena ASI ibu, gejalanya adalah muntah, sakit perut, diare, batuk, mata berair, hingga bengkak di bibir atau lidah.

Makanan Apa Yang Bisa Membuat Si Kecil Alergi ASI?

Untuk mendiagnosis alergi ini, Bunda bisa melihatnya dari reaksi bayi usai disusui. Alergi makanan paling umum disebabkan dari konsumsi susu sapi, kedelai, telur kacang-kacangan, gandum, dan kerang. Bunda bisa makan makanan tersebut saat si Kecil berusia 6 bulan ke atas.

Saat si kecil terkena alergi karena ASI ibu, dokter umumnya akan menerapkan diet eliminasi. Artinya, Bunda tidak disarankan konsumsi makanan alergen selama waktu tertentu. Biasanya butuh 3 sampai 7 hari untuk melihat apakah gejalanya membaik.

Jadi, alergi ASI hanyalah mitos, Bunda. ASI secara alami tidak menyebabkan alergi, tapi berperan sebagai perlindungan atau kekebalan tubuh bayi.

Dilansir laman Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), ASI mengandung nutrisi esensial dan mampu mengatasi infeksi melalui komponen sel fagosit (pemusnah) dan imunoglobulin (antibodi). Komponen ASI juga mempunyai efek perlindungan.

Related Posts :

    ASI mengandung sel-sel yang penting dalam pemusnahan kuman dan merupakan perlindungan pertama pada saluran cerna bayi. Sama seperti sistem imun pada umumnya, ASI juga memiliki sistem pertahanan tidak spesifik dan spesifik.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 14, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    Sering merasa nyeri dan geli

  • Oleh : Dini sulistyorini
  • 5 tahun, 1 bulan yang lalu

    Pagi bu.
    Usia kandungan saya 17minggu. Saya sering merasakan nyeri kadang merasa geli dibagian bawah perut bawah, itu kenapa yah bu?
    Mohon penjelasannya.

    Tidak mau menyusu langsung dan cara mengatasinya

  • Oleh : Mega Naila
  • 1 tahun, 3 bulan yang lalu

    Haloo,, anak saya baru berumur 2 bulan 18 hari, perkiraan 2 minggu yg lalu asi saya sempet seret dan anak saya jadi rewel karna masih haus, jadi saya selingi dengan sufor. Dan kadang jua pas waktu nen asinya kadang keluar deres jadinya dia rewel. Dan karna 2 minggu itu sering minum pake dot pas dicoba disusui langsung dianya gk mau🥺 kira2 bagaimana caranya agar anakku mau lagi langsung menyusu tanpa harus pakai dot terima kasih

  • Oleh : Mega Naila
  • Benjolan belakang telinga

  • Oleh : Amirul Huda
  • 1 tahun, 5 bulan yang lalu

    Assalamu’alaikum dok saya mengalami benjolan di belakang telinga dok terkadang membesar terkadang mengecil dan saat posisi mengecil benjolan tersebut keras dok bagai mana cara mengatasinya dok ? Minta tolong responnya dok🙏

  • Oleh : Amirul Huda
  • Merencanakan program hamil dengan siklus menstruasi tidak teratur

  • Oleh : frenni franita
  • 6 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saya wanita berusia 25 tahun dan saya sudah menikah bulan Maret lalu. Kemudian 5 minggu kemudian saya hamil namun mengalami keguguran pada minggu ke 3 kehamilan saya. Saya sudah berkonsultasi dengan dokter, dan dokter menyarankan untuk menunda terlebih dahulu kehamilan selama 2 bulan. Setelah melawati masa precubation namun saya belum hamil juga. Yang menjadi masalahnya apakah siklus mentruasi saya yang tidak teratur saat ini berpengaruh? Karena setelah saya melakukan kuret pada awal Mei sampain saat ini saya belum mentruasi. Memang beberapa bulan terakhir pasca keguguran itu, saya jadi lebih aktif dan sibuk sekali. Apakah kesibukan saya mempengaruhi siklus haid saya, bu bidan? Kalau iya, adakah obat untuk melancarkan menstruasi saya?

    Kehamilan

  • Oleh : Hilman Suhilman
  • 6 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan , Pada saat hamil 24 minggu dokter baru memberirahukan ke saya bahwa janin yang dikandung mengalami gangguan perkembangan. setelah saya kontrol 2 minggu kemudian dan dilakukan USG, dokter menyatakan janin saya tidak bernafas lagi, dan sepertinya sudah tidak ada sekitar 1 minggu. Yang ingin saya tanyakan apa penyebab gangguan pertumbuhan pada janin dan apakah bisa diketahui dari awal kehamilan?

    Tanya Bidan