×

Bayi Tidak Diperkenankan Diberi Buah Durian, Ini Penjelasannya!

Bagikan Artikel :

Bayi Tidak Diperkenankan Diberi Buah Durian, Ini Penjelasannya?

Buah-buahan yang biasa dijadikan MPASI adalah papaya, pisang, alpukat, naga dan manga. Buah-buahan tersebut lembut dan mudah sekali dimakan bayi. Lantas, bagaimana dengan durian? Durian juga termasuk buah yang lembut bukan? Bagi para bunda penggemar durian pasti punya pertanyaan kapan bayi boleh mengonsumsi buah yang memiliki aroma tajam itu.

Bayi Usia 1 Tahun Belum Diperkenankan Makan Buah Durian

Buah durian tidak cocok dan tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anak yang berusia di bawah 1 tahun. Alasan utamanya adalah karena durian memiliki kandungan gula yang tinggi yang tidak baik untuk Si Kecil. Selain itu durian adalah buah yang mengandung gas dan berserat sehingga tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh bayi di bawah 1 tahun. Kondisi organ pencernaan bayi belum siap untuk menerima makanan semacam itu. Sehingga berisiko menyebabkan kesulitan Buang Air Besar (konstipasi) pada bayi. Tekstur durian yang lengket juga meningkatkan risiko terjadinya sumbatan pada area tenggorokan. Hal ini menyebabkan kesulitan bernapas pada bayi.

Setelah lewat 1 tahun, Si Kecil boleh mulai dikenalkan dengan rasa durian. Durian juga punya kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Durian mengandung vitamin C, kalsium, zat besi, zinc, dan antioksidan lain yang baik untuk kesehatan Si Kecil. Namun, jumlahnya harus sangat dibatasi. Ingat, kandungan gula yang tinggi pada durian tidak baik untuk bayi. Selesai makan durian Lihat reaksi si Kecil apakah ada kembung atau tidak.

Jika ternyata tidak ada reaksi dari konsumsi durian itu, Bunda bisa menambahkan sedikit porsinya menjadi dua ujung jari. Setelah itu, bunda harus kembali melihat reaksi tubuh Si Kecil.

Related Posts :

    Namun pada umumnya anak baru akan mampu mengonsumsi makanan keluarga dengan baik pada usia 2-3 tahun. Oleh karena itu, sebaiknya tunggulah sampai anak berusia 2-3 tahun jika ingin mulai mengenalkan durian.

    Manfaat Buah Durian

    Semua buah-buahan memiliki kandungan vitamin yang baik untuk tubuh termasuk durian, meskipun tidak diperkenankan untuk bayi di bawah usia 1 tahun, tapi durian boleh diberkan di atas usia 1 tahun dengan porsi sedikit. Dan aman pada usia di atas 2 tahun. Apa saja kandugan pada buah durian ?

    Buah durian mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Tidak hanya itu, dalam 100 gram buah ini mengandung sekitar 27 gram karbohidrat, 4 gram serat, 1,5 gram protein, 5 gram lemak, vitamin A sebanyak 44 IU, vitamin C sekitar 20 mg, magnesium 30 mg, fosfor 39 mg, dan mineral lainnya.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : December 12, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kewanitaan

  • Oleh : Puspa Damayanti
  • 3 bulan, 1 minggu yang lalu

    Bu bidan, ini di dinding vagina saya di dekat kacangnya vagina itu kalau di buka lebar itu di situ ada lengket putih dan hitam, ukurannya kecil

  • Oleh : Puspa Damayanti
  • Nyeri dada Dan Tulang Belikat

  • Oleh : justinstoker2
  • 4 tahun, 8 bulan yang lalu

    Dok saat ini saya sedang hamil 10 minggu dan sering kali merasakan mual mual tanpa alasan. Mungkin ia pada awalnya mual ini terjadi hanya saat pagi hari saja, namun akhir akhir ini justru mual ini sering kali datang dan bahkan setiap kali sudah mengkonsumsi makanan pasti keluar lagi. Saya mau bertanya obat apa yang aman untuk mengatasi rasa mual ini ya dok?

    Keluar darah setelah berhubungan

  • Oleh : Nurnita
  • 1 bulan yang lalu

    Assalamualaikum, dok. Kenapa ya setelah saya berhubungan intim dan ini pertama kali saya berhubungan inti saat berhubungan inti saya keluar darah di area vagina saya, dan setelah berhubungan juga masih keluar dok sampai berharai hari masih keluar darah, dan saat saya basuh terasa peeih

  • Oleh : Nurnita
  • Pusar bayi yang bernanah

  • Oleh : audrycolunga4
  • 4 tahun, 11 bulan yang lalu

    Pagi bu bidan saya mau bertanya nih bayi saya baru 3 hari tali pusarnya udah putus namun hingga saat ini pusarnya bernanah sudah di periksa ke bidan namun bidan hanya membersihkannya dengan kain kasa yang di basahi alkohol. Dan saat ini pusar bayi saya masih bernanah dan berair. Apakah ini infeksi ya bu bidan dan bagaimana cara mengobatinya. Mohon jawabannya bu trims

    Tentang alat vagina

  • Oleh : Grace Dina
  • 10 bulan, 4 minggu yang lalu

    Bu, saya kan sudah lama tidak datang bulan, tiba2 vagina saya gatal sekali , keputihan, dan saya baru menyadari bahwa di lubang vagina saya ada benjolan .dan itu terasa perih..

  • Oleh : Grace Dina
  • Tanya Bidan