×

Bayi Yang Jatuh Tidak Boleh Diurut

Bagikan Artikel :

Bayi Yang Jatuh Tidak Boleh Diurut

Bayi terjatuh dari tempat tidur jangan buru-buru cari tukang urut untuk di pijat ya bun. Bukan malah menghindari masalah tulang dan demam, justru akan beresiko kecacatan hingga kematian.

Related Posts :

    Memang hingga saat ini pun masih banyak orangtua yang mencari dukun/tukang pijat untuk memijat si buah hati saat jatuh. Padahal tenaga profesi pijat bayipun yang sudah mengikuti pendidikan dan pelatihan tidak wewenang untuk memijat bayi pasca terjatuh. Kenapa demikian? Yuk simak di bawah ini!

    Bayi Jatuh Tidak Boleh Diurut

    Penting ketika si kecil terjatuh, jangan sekali-kali langsung memijatnya khususnya di daerah bagian yang mengalami cedera. Biasanya jika tidak ada kontraindikasi, tunggu sampai 2 X 24 jam baru boleh dipijat. Hal ini berlaku juga pada orang dewasa. Pasalnya ketika jatuh dan cedera, terjadi proses perdarahan dan proses peradangan. Respon inflamasi (peradangan) mungkin saat itu belum terlihat dari luar (di kulit) karena terjadinya di dalam. Pada respons inflamasi terjadi reaksi panas tubuh setempat (kalor), kemerahan pada kulit dan ada rasa nyeri. Itulah mengapa ketika jatuh si kecil akan menangis. Selain itu, pada sendi tempat di mana terjadi cedera akan terjadi fungsiolesa – fungsi sendi tersebut tidak dapat digunakan dengan baik. Misalnya yang tadinya kakinya bisa menekuk, jadi tidak bisa menekuk lagi.

    Saat terjadi cedera jaringan lunak, tidak langsung terlihat kebiru-biruan di kulit, warna kebiruan terlihat setelah beberapa hari yang biasanyadisebut dengan darah mati. Jadi jika bayi terjatuh langsung dipijat, maka efeknya justru akan semakin bengkak.

    Jangan Di Pijat Saat

    1. Saat cedera terjadi (cedera akut), atau terdapat infeksi seperti bisul pada area tubuh yang akan dipijat.
    2. Anak-anak atau bayi yang mempunyai penyakit dengan kecenderungan terjadi perdarahan juga merupakan kontraindikasi pemijatan. Apalagi jika dipijat dengan cara yang kasar, mungkin akan terjadi perdarahan di jaringan lunaknya.
    3. Sedang demam
    4. Paska imunisasi
    5. Anak yang sedang mengonsumsi obat-obatan pengencer darah – penderita hemofilia.

    Boleh Dipijat Asalkan…

    Pijat pada bayi boleh dilakukan asal oleh tenaga profesi seperti bidan yang sudah melakukan pelatihan pijat bayi. Selain itu pijat pun boleh dilakukan pada bayi sehat, tidak sedang demam, tidak habis imunisasi (tunggu 3×24 jam) dan tidak habis terjatuh. Pijat baiknya dilakukan saat bayi happy, tidak mengantuk dan tidak dalam keadaan lapar.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 14, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Lendir saat berhubungan

  • Oleh : Majid Jid
  • 9 bulan, 3 minggu yang lalu

    Halo dok, mau bertanya. Lendir apakah yg dikeluarkan miss v saat berhubungan. Dengan ciri kental dan licin. Awalnya menganggap sperma yg sudah keluar. Tetapi rasanya sperma belum dikeluarkan. Dan masih awal berhubungan

  • Oleh : Majid Jid
  • Rasa tidak nyaman di area payudara

  • Oleh : Ana Sari
  • 1 tahun, 11 bulan yang lalu

    Assalamualaikum dok maaf mengganggu nama sya ana umur 20 th mau tnya dok kenapa ya akhir” ini payudara sya terasa tidak nyaman apalagi saat menggunakan bra dan pada saat sya tidur pada posisi miring itu rasa nya bagian payudara gk nyaman dan terasa sedikit panas di bagian dada dan payudara… 3 bulan nan yg lalu saya juga pernah merasakan gejala ini, tapi saat sya haid gk lama payudara sya baik seperti biasanya tapi kok itu berulang terus ya dok setelah/ sesudah haid tapi terkadang 2 bulan gk ngerasaain itu tapi nnti bakalan ada lagi rasa gk nyaman di payudara nya… Sya sudah pakai bra yg gk terlalu ketat ttp aja gk nyaman tapi pada saat sya gk pakai bra agak lebih baik tapi masih ada rasa panas di dada dan bawah payudara saar tidur.. Kira” apa penyebabnya ya dok mohon bantuan nya dok

    Ingin hamil anak ke 2 anak pertama sudah umur 6 thn

  • Oleh : Yoke Ceca
  • 3 bulan, 3 minggu yang lalu

    Bagaimana cara mengatasinya?

  • Oleh : Yoke Ceca
  • cara mengetahui lebih dini mengenai kehamilan anggur

  • Oleh : Ratu
  • 4 tahun, 11 bulan yang lalu

    Pagi Bu Bidan, sodara saya kemarin mengalami keguguran yang diakibatkan oleh kehamilan anggur atau kosong. Namun, hal itu sebelumnya tidak diketahui oleh keluarga kami dan sebelumnya juga kami menyangka sodara saya mengalami kehamilan normal.

    Nah, belajar dari pengalaman sodara saya, bagaimana cara mengetahui lebih dini mengenai hamil anggur itu? dan adakah gejala yang membedakannya?

    Pria

  • Oleh : Riski Nur
  • 1 tahun, 10 bulan yang lalu

    Bidan saya mau tanya penis saya kan bengkok apa ini normal dan pengaruhnya apa soalnya saya khawatir

    Tanya Bidan