×

Begini Cara Mengatasi Bibir Kering Pada Bayi

Bagikan Artikel :

Begini Cara Mengatasi Bibir Kering Pada Bayi
Closeup shot of an adorable baby boy’s nose and mouth

Bibir yang kering memang akan membuat tidak nyaman. Nah ketidaknyamanan bibir kering ini tentu di alami juga pada bayi. Sehingga bayi yang bibirnya sedang kering akan rewel bahkan kesulitan untuk makan. Lalu apakah bahaya ? dan apa penyebabnya? Yuk simak di bawah ini!

Related Posts :

    Penyebab Bibir Kering Pada Bayi

    Bibir yang kering pada bayi disebabkan oleh kebiasaan bayi menjilati bibir, cuaca yang panas, dan penyakit Kawasaki. Bila bibir Si Kecil tampak kering, Bunda perlu hati-hati, karena ini bisa menjadi gejala dehidrasi. Jika bibir kering pada bayi lebih dari 3 hari disertai demam, kemerahan di sekitar bibir, dan bibir berdarah, Bunda perlu waspada dan segera menghubungi dokter atau bidan.

    Cara Mengatasi Bibir Kering Pada Bayi

    1. Rutin membersihkan bibir bayi
      Membersihkan bibir bayi secara rutin dapat mencegah dan mengatasi bibir kering pada bayi. Bunda bisa membersihkan bibir Si Kecil dengan cotton bud dan air bersih.
    2. Gunakan pelembap bibir atau petroleum jelly
      Pelembap bibir, seperti petroleum jelly, bermanfaat untuk membuat bibir bayi tetap lembap. Namun sebelum menggunakan pelembab atau petroleum jelly pada bibir Si Kecil, Bunda sebaiknya berkonsultasi ke dokter anak terlebih dahulu ya.
    3. Oleskan Air Susu Ibu (ASI)
      ASI tidak perlu diragukan lagi manfaatnya. Selain bermanfaat untuk mencegah bayi mengalami asma dan alergi, ASI juga bermanfaat untuk mengatasi bibir kering pada bayi lho, Bun. Caranya, cucilah tangan dahulu, lalu oleskan ASI dengan jari Bunda ke bibir Si Kecil.
    4. Biarkan sisa ASI di sekitar bibir
      Setelah Si Kecil menyusu, biasanya Bunda akan segera membersihkan sisa ASI yang masih tertinggal di sekitar bibirnya, kan? Ini tidak salah, tapi akan lebih baik jika Bunda tidak mengelap sisa ASI sampai benar-benar kering. Meninggalkan sedikit ASI pada bibir dapat mencegah bibir bayi kering dan melindunginya dari bakteri.
    5. Pakai air humidifier
      Bunda juga bisa menggunakan air humidifier, yaitu alat yang berfungsi untuk menjaga kelembapan udara. Cara ini dapat mencegah dan mengatasi bibir kering pada bayi.
    6. Oleskan minyak kelapa
      Bunda bisa mengoleskan minyak kelapa ke bibir Si Kecil secara rutin. Hal ini karena minyak kelapa mengandung asam laurat atau lauric acid yang sama seperti pada ASI. Kandungan lauric acid inilah yang bermanfaat untuk melembabkan bibir bayi.
    7. Lindungi bibir bayi
      Bunda juga bisa mencegah bibir kering pada bayi dengan menutup bibir bayi menggunakan kain lembut, saat beraktivitas di luar ruangan, terutama saat suhu udara sedang panas.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : April 23, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    Keputihan

  • Oleh : Bang roy Bang roy
  • 11 bulan yang lalu

    Keluar nya keputihan dari vagina apakah sering dialami oleh wanita

  • Oleh : Bang roy Bang roy
  • Obat pencahar untuk ibu hamil

  • Oleh : davegillison
  • 7 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saat ini saya sedang hamil 4 bulan dan mengalami BAB yang tidak lancar. Apakah aman jika saya mengkonsumsi obat pencahar dan apakah akan ada efeknya bagi janin? trims mohon jawabannya bu bidan

    Penyakit Radang Panggul Pada Remaja

  • Oleh : Khansa Adeline
  • 5 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya nih, apakah anak remaja yang sama sekali belum pernah melakukan hubungan seksual bisa terserang penyakit radang panggul? jika bisa, bagaimana solusi dan pencegahannya? Terimakasih bu bidan…

    Keram

  • Oleh : Riska safitri
  • 3 tahun, 6 bulan yang lalu

    Assalamualaikum.
    Dok mau nanya saya hamil tapi saya keluar darah dn ada plek ke coklatan apa itu gak apa² dok hamil nya baru masuk 1 blan tdak ada rsa sakit cman keram d bgin bwah perut

  • Oleh : Riska safitri
  • Perbedaan darah haid sama keguguran

  • Oleh : Altapi Altapi
  • 3 tahun, 7 bulan yang lalu

    Dok kenapa suka kram perut sma kram pinggang mual² pusing lelah ngantuk kenapa klo misalkan hamil kan dok saya kan sudah haid tapi darah nya ngegumpal seperti orang keguguran kenapa itu dok

  • Oleh : Altapi Altapi
  • Tanya Bidan